Idang Rasjidi: Musik Jazz Bukan Musik Mahal

Adi Abbas Nugroho  |  Senin, 29 Oktober 2012 20:11
Idang Rasjidi: Musik Jazz Bukan Musik Mahal
Idang Rasjidi @ Foto: Kapanlagi.com ®

Kapanlagi.com - Idang Rasjidi adalah seorang pianis jazz tanah air yang namanya sudah tidak asing lagi. Berkembangnya musik jazz dewasa ini tak lepas dari peran sertanya bersama musisi lainya dalam memajukan musik yang mulai populer sejak tahun 1920an ini.

Ditemui pada acara perayaan hari ulang tahun Rumah Sakit Dharmais, Jakarta Barat, Senin (29/10) Idang menyambut positif tentang beberapa konser dan festival musik jazz yang baru-baru ini sering diadakan di Jakarta. "Oh sangat bagus, berarti perjuangan kita selama bertahun-tahun untuk musik jazz membuahkan sebuah hasil yang akan membuat musisi seperti Jack Lesmana, Bubi Chen tersenyum," paparnya.

Selama 2012, sudah diselenggarakan 44 Jazz festival di Indonesia. Ke depannya nanti, acara serupa akan semakin bertambah. Lalu  mengenai banyaknya anggapan di tengah masyarakat tentang musik jazz adalah musik mahal sehingga sedikit sekali yang mengenal dan menyukai jenis musik ini, Idang membantah rumor tersebut.

"Musik jazz musik mahal? Itu memang sudah jadi pendapat yang tidak pernah berubah. Sebetulnya pertanyaan itu yang harus diubah. Itu saya kritik kepada temen-temen media. Kalian nanyanya gitu terus, jadinya sampai sekarang asumsinya seperti itu. Musik jazz itu untuk semua kalangan," jelasnya.

(kpl/amr/abs/rth)


Lihat Arsip Musik

- - -