ICEBOX, Sarana Musisi Lintas Genre Berkolaborasi di Tengah Pandemi

Sabtu, 13 Februari 2021 19:03


ICEBOX

Kapanlagi.com - Situasi pandemi Covid-19 membawa dampak negatif bagi industri musik Tanah Air. Panggung musik pun menjadi terbatas. Berangkat dari kondisi tersebut, Iceperience.Id membuat gebrakan baru melalui proyek ICEBOX.

"ICEBOX dirancang untuk menjadi sebuah panggung yang baru dan berbeda bagi musisi untuk berkarya. Mulai dari produksi materi musik, kolaborasi musik lintas genre, live performance, membuat konten kreatif, hingga promosi bisa dilakukan dalam satu wadah bernama ICEBOX," kata perwakilan Iceperience.id, Sigit Diapsoputra.

1. Proyek Awal ICEBOX

Mengawali proyek perdananya, ICEBOX belum lama ini meluncurkan karya kolaboratif antara produser musik dan DJ multitalenta Alffy Rev dengan Manshur Praditya seorang musisi kontemporer yang menempatkan hasratnya terhadap instrumen tradisional angklung.

Perpaduan keduanya menghasilkan sebuah komposisi musik modern yang unik melalui hentakan beat khas electronic dance music (EDM) dari Alffy Rev dengan notasi-notasi angklung bernuansa etnik dari Manshur.

2. Beragam Kolaborasi

Selain Alffy Rev x Manshur, karya kolaboratif perdana ICEBOX juga menghadirkan kolaborasi antara Vicky Mono Burgerkill dengan DJ Sihk. Vicky dengan karakter metalcore-nya mengisi tarikan vokal dalam dentuman beat yang dihasilkan oleh DJ Sihk.

"ICEBOX membuktikan bahwa musik tidak bisa dipetakan menjadi sebuah genre. Musik itu seperti area yang sangat lapang dan semuanya bisa dipadukan seperti metalcore dan dubstep atau music electronik dan etnik dan ini bisa menjadi sesuatu yang baru," jelas Vicky.

3. Beri Wadah Bagi Semua Musisi

Sigit Diapsoputra kembali menjelaskan, ICEBOX tak hanya diperuntukan musisi kawakan, mereka yang baru meniti karier pun tidak menutup kemungkinan, asalkan konsep kreatif dan materi musik yang akan diproduksi,merupakan karya orisinal dan ada unsur musik elektroniknya.

Setelah itu, tim kurator ICEBOX yang terdiri atas para musisi berpengalaman akan mengkurasi setiap konsep yang diajukan serta menentukan proses dan skema produksinya. Setiap proses ini akan berujung pada promosi secara digital yang dilakukan Iceperience.Id.

"ICEBOX memiliki beberapa program yang bisa dimanfaatkan para musisi untuk mewujudkan konsep dan karya mereka. Hal ini meliputi music live performance, music podcast, dan music collaboration. Sesuai namanya, setiap konsep program tersebut dibuat untuk menghasilkan pengalaman yang berbeda-beda sesuai dengan konsep yang diusung tiap musisi," ucap Diop.

4. Lokasi ICEBOX

Untuk saat ini Studio ICEBOX berlokasi di Jalan Rangga Malela, Bandung. Setiap musisi di ICEBOX dapat memproduksi konsep musiknya di lokasi tersebut. Proses produksi di ICEBOX tetap dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran pemerintah.

Selalu #IngatPesanIbu ya KLovers, pakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun, jaga jarak dan hindari kerumunan orang. Stay safe!

Sudah Baca Yang Ini Belum?

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Akan Adakan Tiga Kali Resepsi dengan Konsep Berbeda - Disiarkan Live di TV!

Khawatir Bawa Virus Corona, Inul Daratista Pilih Tak Rayakan Imlek Tahun Ini Bareng Mertua

Roy Marten Positif Covid-19, Gempi Selipkan Pesan Manis Untuk Sang Kakek

'Love Story', Sebuah Awal dari Bangkitnya Bunga Citra Lestari

Tetap Bekerja di Tengah Prahara Rumah Tangganya Bersama Stefan William, Celine Evangelista: Enjoy Aja

(kpl/lou)