GoGoJiLL, Band Cewek Yang Dipuji NOAH & Dianggap Kartini Modern

Kamis, 21 Mei 2015 16:50  | 

Gogojill



GoGoJiLL @foto: KapanLagi.com®/Adhib Mujaddid

Kapanlagi.com - Awalnya mereka hanya remaja-remaja biasa yang begitu mencintai musik, khususnya rock. Bimbi, We, Ayis dan Yun, keempatnya berasal dari Surabaya dan sempat memperkuat band yang berbeda sebelumnya akhirnya dipertemukan oleh waktu. Begitu bertemu, mereka langsung merasakan kecocokan dan sepakat untuk mengibarkan band bernama GoGoJiLL.

Seperti kebanyakan band asal daerah lainnya, tak mudah untuk menembus pintu masuk panggung musik nasional. Perjuangan mereka cukup panjang dan melelahkan. Beruntung mereka mampu menaklukkan rintangan, terutama saat menjadi jawara di kompetisi band yang digelar Guinness Amplify.

Banyak sisi menarik yang bisa dipelajari dari perjalanan awal mereka ini, termasuk pertemuan dengan Steve Lillywhite, produser handal internasional. Dalam wawancara santai di Kota Malang baru-baru ini, mereka menceritakan semuanya. Yap, spesial untuk kalian, pembaca KapanLagi.com®! (kpl/adb)

1. 10 November di Surabaya

Ceritain tentang awal terbentuknya GoGoJiLL
Kita terbentuk 2013, tepatnya pada 10 November, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Kebetulan kami juga berasal dari Kota Surabaya, dan Surabaya merupakan Kota Pahlawan.

Ketemuanya dulu bagaimana? Teman satu sekolah?
Ketemuannya memang temenan, temenan lama, lima tahun lebih, hampir enam tahun, berempat. Kita beda sekolah, rumah nggak deketan. Kita punya band masing-masing. Pada suatu ketika kita dikasih kesempatan jaming dan ternyata cocok karena kita sama-sama punya satu visi dan misi, ingin sukses berkarya di indonesia. Kebetulan kami juga suka musik rock.

GoGoJill sebenernya apa artinya?
GoGoJill merupakan filosofi kami berempat, yaitu empat orang cewek yang selalu semangat dalam menjalani kehidupan. Jill itu artinya anak perempuan, sedangkan GoGo itu sebagai penyemangat. Go Go, Jill!.

Terus kenapa kok penulisan GoGoJill harus menggunakan huruf besar dan kecil?
Biar unik aja, biar lebih teges juga penyebutannya. Go, G-nya gede. J-nya gede, LL-nya gede.

2. Single dan Whitney Houston

Seperti apa musik kalian?
Musik kami poprock dan lebih anak muda. Lebih modern dari segi sound, aransemen dan segala macem. Liriknya lebih anak muda, mewakili mereka semua.

Tentang single Percuma Mikirin Kamu?
Arti liriknya Percuma Mikirin Kamu itu luas. Anak muda pasti mengalami. Jangankan anak muda, semua orang pasti ngalamin lah. Bisa pacar, temen, pasti kita punya sosok yang nyebelin, ngeselin, nggak mikir perasaan orang lain, egois, segala macem. Di tengah-tengah, akhirnya bosen. Ngapain sih mempertahanin cinta yang ternyata nggak bisa mengerti aku. Bisa juga buat temen, nggak harus pacar. Tergantung kita mengekspresikannya gimana.

Itu yang ciptain siapa?
Kami berempat. Semua karya-karya GoGoJiLL ada karya kami berempat.

Influence kalian?
Kami punya sendiri-sendiri. Termasuk, british, jazz. Kalau band suka Muse, 30 Seconds to Mars. Juga penyanyi solo yang bisa menginspirasi, kayak Whitney Houston, karena Whitney ketika bernyanyi seperti berbicara pada audiens.

3. Tembus Label Besar

Lalu, bagaimana bisa ketemu dengan Musica?
Kita kenal dengan salah satu orang, namanya Mas Widi Asmoro. Beliau mengurusi kita kurang lebih tiga bulan lamanya. Beliau me-submit salah satu lagu indie kami dan di sebuah kompetisi. Akhirnya, nggak nyangka masuk tiga puluh besar dari hampir dua ratus band lebih. Terus beliau nyampaiin ke kita, 'Hai Girls, selamat ya.. Kalian masuk tiga puluh besar'.

Kita kaget, tapi dia bilang kita nggak boleh puas dulu, soalnya dari 30 ini kita bakal diadu lagi sampai diambil empat besar yang akan dikirim untuk sesi mentoring di Jakarta. Terus nggak nyangka juga, selang beberapa lama ternyata kita masuk empat besar.

Setelah itu kita berangkat ke Jakarta untuk melakukan sesi mentoring selama tujuh hari. Itu dimentori sama Steve Lillywhite. Yap, hadiahnya memang recording single dengan Musica, diproduser Steve Lillywhite. Selama sesi mentoring kita dinilai attitude, cara interaksi, sesi tanya jawab, diskusi, kekompakan, kekeluargaan, macem-macem. Kita akhirnya juga tampil live untuk dinilai, jurinya Bunda Acin (Musica), Steve Lillywhite dan satu orang dari Guinness. Bandnya keren-keren, kami mewakili dari Jawa Timur. Nggak nyangka ternyata kita juara satu.

Seberapa besar peran Musica pada perkembangan GoGoJiLL?
Besar banget. Dulu, ibarat kata kita jalan tak tahu arah, yang penting kami berkarya, berkarya, berkarya. Mau karya didengar atau tidak sama sekali didengar, intinya kami berkarya. Tapi sekarang, setelah masuk Musica, kami lebih terarah,  dari segi sound, kualitas musik. Musik yang baik adalah yang bisa dijual, dan itu seperti apa. Ibaratnya, Musica sudah mendewasakan dan menuntun jalan kami tempat yang sebenar-benarnya.

4. Didukung Penuh Steve Lillywhite

Sosok Steve Lillywhite buat kalian?
Kami sering ketemu, pada saat produksi. Single pertama dan kedua bikin kami sering ketemu. Orangnya humble, kreatif, seru, ramai, baik. Dia mengayomi, keliahatan banget pas kita record. Dia tidak mematahkan ide-ide kami, dia menampung, yang bagus dipakai, yang kurang bagus tidak dipakai dulu. Jadi kita juga merasa dihargai.

Dari yang kalian dengar, GoGoJiLL seperti apa menurut seorang Steve?
Menurut Steve, GoGoJill adalah keluarga, kompak. Secara musik, alhamdulillah fresh, anak muda banget, girl power. Ibarat kalau di Indonesia itu Kartini Modern.

Kok semua yang baik-baik? Kalau yang jelek apa kata Steve?
Kita berisik, nggak bisa diem, jahil, annoying.

5. Pujian Dari NOAH

Sering ketemu dengan band-band Musica lainnya?
Iya, sempet ketemu Nidji, NOAH, D Masiv, Geisha.

Komentar band-band Musica tentang musik kalian?
NOAH sudah dengerin. Kata mereka, 'Keren ya kalian. Sukses ya buat GoGoJiLL'. Kan di sana ada studio 1 dan studio 2, misal GoGoJiLL di studio 1, entah D Masiv, Nidji, NOAH, Geisha ada di studio 2. Jadi kita saling denger, mungkin dari situ mereka dengerin kami. Mereka bilang kami seru dan harus saling jaga internal supaya kita awet. Kalau karya kan kita bisa bikin kapanpun, kalau kekeluargaan kita nggak bisa bikin dalam waktu singkat.

6. Dari GoGoJiLL Untuk Kalian

Kalian punya saran buat teman-teman di daerah supaya bisa muncul di nasional?
Intinya, terus berkarya. Walau karya kalian tidak didengarkan orang, tapi tetaplah berkarya. Karena musisi tidak pernah berhenti untuk berkarya. Jalani semua yang kamu lakukan itu dengan kejujuran, karena yang berawal dari jujur itu bakal bisa sampai ke orang lain.

So, penasaran dengan karya mereka? Kamu bisa menikmatinya di sini. Dan yang paling penting, support terus musisi lokal kebanggaan kalian!


JANGAN LEWATKAN

(kpl/adb)