6 'Senjata' Spesial Milik Dewa Gitar Dunia

Selasa, 08 Juli 2014 20:01  | 

Paul Gilbert



Joe Satriani Foto: Facebook.com/joesatriani


Kapanlagi.com - Seorang musisi sudah pasti selalu memegang alat musik yang sesuai dengan keahliannya. Gitaris jelas memilih gitar sebagai instrumennya. Banyak jenis alat musik petik ini yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Beberapa brand ternama memplot para gitaris kawakan dunia agar dapat melambungkan produk-produknya. Mereka memproduksi 'senjata' khusus untuk para dewa gitar ini. Senjata ini sering disebut sebagai guitar signature.

Untuk hal ini, orang telah mengenal Slash dari Guns and Roses yang memiliki guitar signature dari produsen gitar Gibson. Banyak musisi selain Slash yang memiliki instrumen serupa yang bersemat nama gitaris itu sendiri. Berikut rangkuman beberapa gitaris dunia yang memiliki guitar signature-nya sendiri. (kpl/abr)

1. Mark Tremonti

Pria bernama lengkap Mark Thomas Tremonti ini memiliki gitar spesial bertuliskan namanya, yakni PRS Mark Tremonti Signature. Kebanggaan itu didapatkannya setelah Paul Reed Smith mengajaknya bekerjasama pada tahun 1998

Gitaris Creed ini mendapatkan gear sesuai dengan standar yang ia inginkan. Seperti halnya guitar signature, instrumen tersebut didesain khusus untuk kebutuhan sang pemain. Six String Tremonti telah dirancang supaya menyatu dengan teknik andalan personel yang juga menggawangi Alter Bridge tersebut.

Signature miliknya ini juga disebut sebagai salah satu instrumen khusus yang terbaik di dunia. Tak hanya itu, performa terbaik dengan 'senjata' tersebut menjadikan dirinya sebagai salah satu shredder yang disegani.

2. Steve Vai

Karir bermusik Steve Vai selama bertahun-tahun membuat Ibanez membuatkannya guitar signature. Tak seperti gitar-gitar elektrik lain, terpasangnya tujuh senar di situ menjadi keunikan tersendiri. Vai mendesainnya sendiri dengan bekerja bersama pihak Ibanez.

Salah satu rancangan desainnya yang terkenal ia namai Ibanez Universe. Tentu saja tak lupa dengan bagian-bagian yang dipasang khusus demi kenyamanannya bermain. Tak hanya gitar elektrik, Vai juga memiliki signature yang berjenis akustik yang dinamai Euphoria.

Sepanjang kancahnya di dunia musik dari awal tahun 80-an hingga sekarang, sudah tak terhitung berapa jumlah signature yang dimilikinya. Tak hanya itu, salah seorang dari Guitar Gods ini juga memiliki beberapa jenis pedal efek yang tercantum namanya secara khusus.

 

3. James Hetfield

Bersama grupnya yang legendaris, Metallica, ia berperan tak hanya sebagai vokalis, namun juga gitaris. Tentu saja frontman Metallica ini memiliki equipment spesial miliknya.

James Hetfield dipilih oleh ESP Company, manufaktur gitar asal Jepang, untuk dibuatkan Signature Guitar (SG). Genre metal yang dibawakan Metallica tentu menuntut James Hetfield memainkan instrumen yang cocok dengan aliran tersebut. Dari sini, terciptalah signature terkenal miliknya, ESP LTD James Hetfield Snakebyte.

Tak cukup sampai di situ, Hetfield memiliki sejumlah ESP khusus untuk setiap konsernya. Namun ESP bukanlah satu-satunya brand yang ia miliki sebagai signature-nya. Gibson dan Jackson juga menjadi pilihan pria bersuara khas ini.

4. Eddie Van Halen

Walaupun pemain gitar dari Van Halen ini sudah cukup lama tak terlihat bermusik, bukan berarti pria ini tak memiliki SG sama sekali. Sebelum memiliki signature, Eddie Van Halen membuat sendiri desain gitarnya. Rancangannya tersebut akhirnya ditiru dan selanjutnya dibeli oleh salah satu produsen gitar, Charvel.

Ibanez akhirnya tertarik dengan Van Halen, dan gear khusus diciptakan untuknya. Ibanez Destroyer menjadi instrumen khas milik pria keturunan Indonesia ini selanjutnya. Musicman dan Wolfgang sempat Ia gunakan di sepanjang karirnya bersama Van Halen.

Dari sekian jumlah gitar yang pernah digunakan, ada satu signature paling terkenal yang pernah digunakannya, yakni Frankenstrat. Fender membuat signature ini dengan corak khas milik Eddie Van Halen. Saking populernya jenis ini, banyak pabrik yang membuat tiruannya baik resmi maupun tidak.

5. Joe Satriani

Sang Guitar Professor ini melejit karena salah satu lagunya, yaitu Always With Me, Always With You. Gaya petikan khas miliknya di lagu tersebut, membuat salah satu brand tertarik dengannya. Ibanez yang selama ini dipakainya memang produsen yang rajin membuatkannya signature.

Pria yang hobi memakai kacamata ini memang seakan tak bisa dipisahkan dengan Ibanez. Sejak awal Ia terkenal sampai sekarang, Satriani tetap setia memakai brand ini. Signature miliknya adalah Ibanez JS Series.

Guitar Virtuoso ini juga memiliki beberapa gitar favorit yang ia namai sendiri. Chrome Boy dan Pearly adalah dua dari koleksinya yang menjadi ciri khas seorang Joe Satriani.

6. Paul Gilbert

Paul Brandon Gilbert mempunyai gelar sebagai salah satu Guitar Shredder terbaik sepanjang masa. Gayanya dalam mengulik senar tentu mempunyai ciri tersendiri dibandingkan gitaris lainnya. Gilbert pun memutuskan untuk membuat instrumen yang cocok dengan permainannya.

Shredding style milik anggota dari Mr. Big ini membuat Ibanez merancang desain khusus untuknya. Paul Gilbert Model atau PGM menjadi model yang identik dengan pria yang pernah bersolo karir ini. Signature yang akhir-akhir ini sering dipakainya adalah PGM Fireman dan PGM Iceman.

Sejumlah guitar signature telah dimilikinya, dan yang paling terkenal adalah model PGM dengan lubang berbentuk huruf F. Model tersebut merupakan jenis yang banyak dicari oleh kolektor gitar di seluruh dunia.

(kpl/abr)