Gitar Akustik Legendaris Milik John Lennon Terjual Rp 32 Miliar

Girindra Permana Cahya  |  Senin, 09 November 2015 18:22
Gitar Akustik Legendaris Milik John Lennon Terjual Rp 32 Miliar
Gibson J-160e ©91x.com

Kapanlagi.com - Siapa tak kenal dengan John Lennon? Musisi yang namanya terangkat bersama dengan The Beatles ini karya-karyanya tak pernah pudar ditelan zaman. Malah, mungkin kalian adalah salah satu penggemarnya.

Satu buah peninggalan bersejarah dari frontman band asal Liverpool ini baru saja dilelang. Sebuah gitar akustik yang digunakannya dalam rekaman dan penulisan lagu Love Me Do dan I Want to Hold Your Hand.

Gitar bolong ini berjenis, Gibson J-160E. Terjual pada hari Sabtu (7/11). Seorang pria yang tak mau namanya diketahui publik ini harus merogoh kocek sebesar US$ 2,4 juta atau setara dengan Rp. 32 miliar.

Rumah lelang yang menjual gitar legendaris John Lennon membagikan sebuah informasi bahwa barang langka tersebut berhasil terjual © Twitter.com/JuliensAuctionsRumah lelang yang menjual gitar legendaris John Lennon membagikan sebuah informasi bahwa barang langka tersebut berhasil terjual © Twitter.com/JuliensAuctions

Rumah lelang yang melakukan transaksi atas barang legendaris ini mengatakan bahwa gitar tersebut adalah salah satu dari gitar akustik yang diterbangkan dari Amerika ke Inggris pada tahun 1962. Satu persatu gitar tersebut diberikan kepada Lennon juga George Harrison. Lennon menggunakan gitar tersebut hanya setahun saja kemudian menukarkannya dengan milik Harrison, namun saat satu konser di hari Natal tahun 1963 gitar ini hilang.

Setelah sekitar 50 tahun hilangnya gitar ini ke antah berantah, seorang pria asal California menemukannya pada tahun lalu. Ia mengatakan bahwa mungkin gitar ini memiliki satu nilai sejarah.

John McCaw dari San Diego yang membeli gitar ini pada akhir 1960 dengan harga US$ 275 (jika dikurskan sekarang Rp.3.7 juta) tersandung sebuah masalah karena berita kehilangan Harrison atas gitarnya yang termuat pada salah satu majalah lawas. Apalagi gitar yang dimilikinya memiliki kesamaan ciri-ciri dengan milik personel Beatles tersebut. Seorang ahli dapat mencocokan gitar tersebut melalui nomor seri, jenis kayu dan sebuah tanda yang ditinggalkan Lennon.

Sudah Tahu Yang Ini?

Nicholas Hoult Bakal Berperan Jadi Manajer The Beatles Yang Gay?

Yoko Ono Ungkap John Lennon Ingin Tidur Dengan Seorang Pria

'Bercanda' Tentang Disabilitas, Humor John Lennon Keterlaluan

Hilang Misterius, Gitar 'Love Me Do' John Lennon Ditemukan Lagi

Tepat Hari Ini, The Beatles Rekam Singel Perdananya

(bbc/otx)

"Lagu yang kau buat seperti rekaman mentah di telingaku. Seharusnya kau belajar dari pengalaman bertahun-tahun ini," ungkap John Lennon untuk McCartney.
8 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -