Gara-Gara Komentar di Instagram, Naif Berkolaborasi dengan Tompi Garap Video Klip

Rabu, 29 Agustus 2018 18:22  | 

David Naif



Naif © Kapanlagi/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Grup band Naif kembali menelurkan sebuah karya sebagai senjata meramaikan industri musik Indonesia. Sebuah video klip dari lagu mereka yang berjudul Berubah dirilis oleh band yang digawangi David (vokal), Emil (bass), Jarwo (gitar), dan Pepeng (drum) tersebut.

Menariknya, video klip Berubah ini digarap oleh penyanyi, Tompi. Kolaborasi Naif dan Tompi dalam pembuatan video klip berubah punya cerita unik. Berawal dari sebuah komentar David di intagram milik Tompi, tercetuslah ide untuk berkolaborasi.

"Medsos nih jadi penyambung lidah. Jadi gw kan follow instagram Tompi, trus gw liat dia sering posting foto sama video-video gitu. Gw iseng komen 'bolehlah bikin video klip Naif'. Eh gayung bersambut, Tompi mau," ungkap David saat ditemui di Kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa (28/8).

(kpl/pur/frs)

1. Naif Cari Pemeran David Saat Muda

Mendapat sambutan positif dari Tompi, Naif akhirnya mencarikan lagu yang pas untuk digarap pelantun lagu Menghujam Jantungku tersebut."Trus gw liat yang cocok dengan karakter video yang pernah dibuat Tompi, gw kasih lagu, ini bikin video klip lagu Berubah deh. Akhirnya Tompinya mau," lanjut David.

Ide kreatif lain pun muncul setelah Naif dan Tompi sepakat untuk bekerja sama. Tompi memutuskan untuk mencari model video klip yang mirip dengan David saat muda. Ide muncul ketika David memosting foto mudanya di intagram miliknya. Lalu, Tompi melakukan semacam sayembara untuk mencari sosok yang mirip David muda melalui instagram.

"Gw posting foto dari wartawan Kompas yang masang foto gw jaman dulu. Gw posting. Lalu tompi kepikiran buat nyari orang yang mirip gw pas jaman muda. Dia posting di IG nyari orang yang mirip sama gw. Akhirnya ketemu sama orang yang mirip. Gw aja gak tau. Bini gw pas syuting ketawa. Dia kaya ngeliat gw jaman dulu," terang David.

2. Naif Tak Ingin Mengintimidasi Tompi

Dalam proses pembuatan video klip, Naif sama sekali tak mau melakukan intimidasi sedikitpun kepada Tompi sebagai sutradara. Naif ingin lagu Berubah bisa diintrepertasikan sesuai dengan kemauan sutradara.

"Gw lebih seneng sutradara mengexplore lagu itu, biarkan dia berintrepretasi sendiri. Jadi hasilnya ini ya memang sesuai dengan interpretasi dari Tompi tentang lagu Berubah," kata David.

Lagu Berubah merupakan ciptaan David sang vokalis. Terinspirasi dari kehidupannya di awal pernikahan, David mencurahkan pengalamannya dalam sebuah lirik yang sederhana namun memiliki arti yang dalam.

3. Single Kedua Dari Album Ketujuh

"Gw bikin lagu Berubah sekitar tahun 2003. Itu saat awal-awal pernikahan. Standarlah penyesuaian dalam rumah tangga. Gw sering dibilangin, kamu berubah dong. Gue bilang, gak usah dibilangin deh kapan berubah. Dari situ tercipta lagu ini. Lama ga dirilis, disimpan dalam semacam bank musik Naif," tutur David.

Lagu Berubah merupakan single kedua dari album ke-7 Naif berjudul 7 Bidadari. Sebelumnya, lagu dengan judul yang sama dengan album dirilis sebagai single pertama. Album 7 Bidadari sendiri dirilis pada 22 Oktober 2017 bertepatan dengan ulang tahun Naif yang ke-22.

(kpl/pur/frs)