Gandeng Empat Produser, Kunto Aji Hadirkan MANTRA-MANTRA

Jum'at, 14 September 2018 17:22  | 

Kunto Aji



Kunto Aji © Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Penantian panjang penyanyi Kunto Aji untuk merilis album kedua akhirnya terkabul juga. Setelah melakukan persiapan selama kurang lebih dua tahun, album kedua Kunto Aji pun akhirnya dirilis dan diberi judul MANTRA-MANTRA.

Bukan tanpa alasan album kedua Kunto Aji diberi judul MANTRA-MANTRA. Ditemui di Kantor Juni Record, Kawasan Pela Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (13/9), Kunto Aji mengungkapkan bahwa barisan lagu di dalam album keduanya ini adalah sebuah perpektif Kunto Aji tentang sesuatu hal. Isu mental health pun menjadi benang merah dalam album ini. Itu menjadi satu alasan album ini diberi judul MANTRA-MANTRA.

"Isu yang saya angkat di album ini berkisah tentang mental health, tapi saya buat menjadi lebih spesifik ke salah satu poin dari mental health, yaitu tentang overthinker, alias terlalu banyak mikirin ini itu. Jadi ini mantra buat diri sendiri juga," ungkap pelantun lagu Terlalu Lama Sendiri ini.

(kpl/pur/frs)

1. Kerjasama Dengan 4 Produser Sekaligus

Berbeda dengan album pertamanya GENERATION Y yang dirilis di tahun 2015, dalam penggarapan album MANTRA-MANTRA, Kunto Aji bekerja sama dengan produser musik. Tidak hanya satu, Kunto Aji menggaet empat produser sekaligus. Mereka adalah Ankadiov Subran, Petra Sihombing, Anugrah Swastadi, dan Bam Mastro.

Hadirnya empat produser kenamaan menjadikan album MANTRA-MANTRA ini lebih bewarna di setiap lagu yang ada. Selain itu, lagu-lagu di dalam album ini bisa dikemas dengan apik dengan bantuan empat produser sehingga bisa diterima dengan baik oleh seluruh kalangan pecinta musik.

"Album ini pengin pakai produser karena lagu-lagu yang gue tulis, menyampaikan yang berat tapi berharap diterima di permukaan, makanya butuh bantuan produser bikin enak dan menerapkannya," jelasnya.

2. Pilih Topik Semalam Sebagai Lagu Pertama

Lagu berjudul Topik Semalam pun dipilih sebagai single pertama dalam album Mantra-Mantra. Menurut Kunto Aji, lagu Topik Semalam mampu mewakili benang merah album barunya dan mewakili perubahan musik yang dibawanya dalam album MANTRA-MANTRA.

"Topik Semalam bercerita tentang kondisi di mana seorang pria mendapati dirinya dalam kondisi overthinker karena didesak dan selalu ditanya oleh pasangannya, tentang akan dibawa ke mana hubungan mereka berdua. Topik ini menurut saya banyak dialami oleh orang-orang, dan entah disadari atau tidak, situasi ini membuat si pria itu terjebak dalam kondisi overthinker,” terang Kunto Aji.

3. Berisi 9 Lagu Kece

Di departemen visual, Kunto Aji mengajak seniman Naufal Abshar, seorang pelukis yang sudah malang melintang di dalam dan luar negeri. Desain cover album yang dibuat oleh Naufal pun berangkat dari obrolan antara Kunto Aji dan Naufal, yang berujung pada interpretasi Naufal terhadap tema mental health dan topik overthinkeryang diusung Kunto Aji di barisan lagunya.

MANTRA-MANTRA berisi sembilan lagu baru dari Kunto Aji. Mulai dari Sulung, Rancang Rencana, Pilu Membiru, Topik Semalam, Rehat, Jakarta Jakarta, Konon Katanya, Saudade, dan Bungsu.

Mulai tanggal 14 September 2018, album MANTRA-MANTRA dan single terbaru Topik Semalam dari Kunto Aji bisa bisa dinikmati di beragam platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, Deezer, Joox, iTunes, dan YouTube channel resminya di www.youtube.com/kuntoaji.

(kpl/pur/frs)