Flashback Yuk, Theme Song 'WIRO SABLENG' Jaman Dulu 90s Banget

Senin, 20 Agustus 2018 16:25  | 

Vino G Bastian



Vino G Bastian © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Generasi 90an mana suaranya? Pasti banyak yang angkat tangan kan? Menyenangkan sekali ya menjadi generasi 90an. Pasalnya banyak hal yang bisa dikulik dari masa-masa ini, salah satunya yang paling authentic adalah musik.

Musik pada jaman ini sungguh orisinil dan berkarakter. Didengarkan secara sepintas saja kita sudah bisa menebak kalau musik itu datang dari tahun 90an. Sebut saja musik dari film legendaris yang satu ini!

(kpl/ren)

1. Film WIRO SABLENG

Siapa sih generasi 90an yang nggak tahu film laga ini? Film yang diangkat dari buku karya Bastian Tito ini sungguh terkenal. Saking terkenalnya sampai diangkat menjadi sinetron hingga sekian seri.

Dan tahun 2018, cerita tentang tangguhnya pahlawan bernama Wiro Sableng ini diangkat ke layar lebar. Coba tebak siapa yang jadi pemeran utamanya? Vino G Bastian, anak dari sang penulis sendiri. Ah jadi penasaran kan bagaimana jadinya!

2. Theme song

Bicara soal film ini, nggak afdol rasanya kalau nggak flash back ke masa lalu, tepatnya ke versi sinetronnya yang jadi tontonan segala usia di tahun 90an.  Pada masa itu para penonton setianya pasti langsung berlari menuju ke depan TV saat theme song sinetron ini mulai terdengar. Masih ada yang ingat theme songnya nggak nih?

Dari pada penasaran, ini dia theme song WIRO SABLENG jaman lawas. Selamat mendengarkan, KLovers!

3. "Sinto, Sinto gendeng!"

"Sinto, Sinto gendeng!" Hayo, siapa yang sing along? What a good-good reminiscing song kan?

Lagu ini sendiri memiliki judul yang sama dengan judul sinetronnya, Wiro Sableng. Lagu ini diciptakan oleh Agus H.J dan J.J Jonathan. Sedangkan yang menyanyikan adalah Harry O.G dan Erik McWax.

4. Jagonya Wiro Sableng

Seperti yang bisa kalian tebak, lagu ini bercerita tentang sosok pahlawan bernama Wiro Sableng. Menurut liriknya, Wiro adalah sosok yang sakti. Dengan kesaktiannya, ia pun membasmi kejahatan dan membela kebenaran.

Ditambah lagi ia memiliki sebuah senjata pamungkas. Bermata dua, berhulu satu, berkepala naga. Senjata ini disebut Kapak Geni 212. 

5. Makna 212

Lanjut, angka 212 ini juga unik. Bukan hanya masuk sebagai nama senjata yang ia gunakan untuk membasmi kejahatan. Angka 212 ini juga tertulis di bagian tubuh Wiro Sableng.

Jika kalian masih ingat, angka ini terlihat seperti tato. Letaknya tepat di dada Wiro Sableng. Warnanya hitam, sama seperti tato pada umumnya.

Tapi jangan salah, angka ini punya makna tersendiri. Lirik lagu ini tertulis kalau makna yang terkandung di dalamnya adalah makna kehidupan. Di dalam hidup manusia ada 2 unsur pengingat, yaitu manusia itu sendiri dan Tuhan.

Bukan hanya itu, segala yang ada di dunia ini terdiri atas 2 bagian. "Yang berlainan namun merupakan pasangan, semuanya tak dapat terpisahkan," tulis Agus H.J dan J.J Jonathan.

6. Sifat unik Wiro Sableng

Dalam lagu ini juga diceritakan bagaimana sih sifat sang pendekar Wiro Sableng. Tak melulu gagah dan sakti, ternyata Wiro juga sosok yang kocak. Kadang lucu, kadang juga aneh.

Ia juga slengekan. Terkesan seperti orang yang kurang ingatan dan tidak sadar. Tapi dibalik semua itu ia disukai oleh banyak orang. 

7. Jati diri sang pendekar

Eits, masih ada lagi. Jati diri Wiro juga diungkap di sini. Siapakah ia yang sesungguhnya?

Nama aslinya adalah Wiro Sasono. Ia adalah anak dari pasangan suami-istri, Suci dan Raden Ranawolang. Dari kecil Wiro dibesarkan oleh seorang guru silat. Namanya adalah Sinto Weni, tapi lebih dikenal dengan sebutan Sinto Gendeng aka Sinto Gila. Sudah terjawab kan darimana Wiro mendapatkan sifat 'gila'nya? 

8. Musik 90s

Sedikit mengutip lirik lagu ini, dunia ini terdiri dari 2 bagian yang berpasangan dan tak terpisahkan. Sama seperti lirik dan lagu yang juga berpasangan dan tak terpisahkan. Nggak kalah unik dari liriknya, musik lagu ini juga asyik sekali untuk didengarkan.

Lagu ini dimulai dengan tawa ala pahlawan yang muncul untuk menghajar penjahat. Kemudian disusul dengan musik ala elektone dengan ritme yang cepat, dengan sedikit sentuhan musik ala Pulau Bali dan gamelannya.

Tak lama sebuah vokal rapp terdengar melantunkan lirik lagu dengan apik. Rapp ini disusul dengan vokal solo yang tak kalah epik. Kental dengan musik ala roker tahun 90an, lagu ini dikemas dengan beat slow dan sedikit erangan. Vokal ini semakin komplit dengan irama petikan gitar elektrik yang menggelegar. Coba deh dengarkan lagi ost WIRO SABLENG ini, seru banget!

Jangan Lewatkan!

Maknai Hari Kemerdekaan, Vino G Bastian: Jangan Mengharapkan Enak-Enaknya Aja

Apa Makna 212? Simak Fakta-Fakta Unik di Balik Film 'WIRO SABLENG'

Seru! Pemain 'WIRO SABLENG' Lomba Makan Kerupuk Bersama Warga

Bersama Wiro Sableng Golongan Putih Ini Ikut Membasmi Kejahatan, Siapa Saja Mereka?

Kerja Bareng Kakak Ipar, Vino G Bastian Tetap Profesional

(kpl/ren)