Fatin Sambut Ramadan 2019 dengan 'Bersyukurlah'

Kamis, 16 Mei 2019 13:40  | 

Fatin Shidqia Lubis



Fatin © Sony Music Indonesia




Kapanlagi.com - Fatin Shidqia Lubis kembali menyemarakkan suasana Ramadan dengan single Religi. Setelah sebelumnya merilis Oh Tuhan dan Proud of You Moslem di 2014 serta menyanyikan kembali lagu almarhum Chrisye, Ketika Tangan dan Kaki Berkata tahun 2017, penyanyi jebolan The X-Factor Indonesia ini kembali lagi.

Lagu terbaru Fatin ini berjudul yang diciptakan oleh Aldi Nada Permana, composer dan music arranger yang sebelumnya bekerjasama dengan Fatin di single Jingga. Dalam proses penciptaan lagu, Fatin menitipkan pesan kepada Aldi untuk dibuatkan lagu minimalis yang dapat terkoneksi dengan banyak orang.

"Sesuatu yang sederhana, karena seringnya kita berfokus kepada hal yang besar sehingga lupa dengan hal–hal kecil yang di sekitar kita," cerita Fatin tentang awal mula pembuatan lagu ini.

 

 

1. Lirik Berdasar Ayat Quran

Keinginan Fatin akhirnya berhasil diterjemahkan Aldi melalui Bersyukurlah.
Kombinasi irama ceria, sentuhan arabic music serta lirik sederhana sebagai pengingat atas segala nikmat agar dapat bersyukur, termasuk rezeki, usia, talenta, bahkan hingga kedamaian hati. Lirik ini pun sejalan dengan QS. Ibrahim Ayat 7 yang berbunyi: 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Aku akan menambah (nikmat) kepadamu'.

Proses rekaman lagu Bersyukurlah berhasil dilakukan Fatin tanpa menemukan banyak kendala. Aldi memproduseri lagu ini secara penuh dan dia juga berpendapat bahwa Fatin memiliki suara yang sangat khas di musik Indonesia. Berkat musikalitas yang tinggi, dia sangat mudah menyerap dan mendalami lagu apapun yang akan dia nyanyikan.

2. Kampanye di medsos

Pesan yang terkandung dalam lagu Bersyukurlah dilanjutkan di sosial media
melalui tagar #AkuBersyukur. Fatin mengajak pengikutnya, Fatinistic, serta pengguna sosial media secara umum untuk berbagi tentang hal-hal yang
patut mereka syukuri.

"Setiap orang mungkin akan bersyukur akan hal yang berbeda, tergantung kondisi masing-masing. Namun dengan mengetahui hal–hal yang orang lain
syukuri bisa memberikan refleksi kepada diri kita sendiri," jelas Fatin tentang tujuan dari kampanye ini.

3. Lagu Bersyukurlah

Pesan kampanye dari para netizen akan dibacakan Fatin melalui video YouTube danakan dibagikan lagi ke sosial media. Beberapa kegiatan selama bulan Ramadan tahun ini pun akan terdokumentasi dalam format video.

Buat yang belum dengar inilah lagu Bersyukurlah dari Fatin!

(kpl/pit)