Fariz RM Terinspirasi Oleh Chrisye

Anton  |  Jumat, 31 Oktober 2008 18:42


  • Fariz RM Terinspirasi Oleh Chrisye
    Fariz RM
Kapanlagi.com - Penganugerahan penghargaan 'Rolling Stone The Immortals' merupakan apresiasi terhadap karya-karya para legenda musik tanah air. Apa yang telah mereka berikan turut menentukan arah perkembangan musik tanah air.

Salah satu musisi penerima penghargaan tersebut, Fariz RM, mengaku bahwa penghargaan itu bukan hanya menjadi sesuatu yang patut dibanggakan, melainkan juga motivasi untuk melahirkan karya-karya lainnya.

"Jadi ngerasa dituntut agar lebih banyak memberi sumbangsih di dunia musik," kata Fariz, saat ditemui di Kantor Majalah Rolling Stone di Jalan Ampera Raya No. 16, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Kamis (30/10) malam.

"Kalo inspirasi, saya sangat kagum dan sangat berterima kasih sama almarhum Chrisye. Trus Kang Harry Roesli, yang selalu memberi pandangan positif dalam bersikap selain bermusik," imbuhnya.

Bagi Fariz, istilah 'legenda' itu merupakan pengakuan atas karya-karya seseorang. Namun demikian, ia merasa bahwa dirinya masih belum pantas untuk menyandang 'gelar' sebagai seorang legenda.

"Buat saya, legenda itu adalah pengakuan atas sisi baik seorang musisi dan karya yang dihasilkan atau semacamnya. Tapi saya ngerasa saya belum legenda. Masih banyak yang di atas saya," ujarnya merendah.

Selain itu, Fariz mengeluhkan akan kurangnya even-even musik yang tak bersifat komersil, yang bisa membawa angin segar bagi perkembangan musik tanah air.

"Saya complain, sampai sekarang Indonesia belum punya ajang top ten, yang tidak bersifat komersil. Padahal kan saat ini banyak live show dan awards," pungkasnya. (kpl/ant/bun)

Lihat Arsip Musik

- - -