Empat Rapper AS Berkasus di Pengadilan

Moch. Indra Kurniawan  |  Kamis, 08 November 2007 09:43


  • Empat Rapper AS Berkasus di Pengadilan
    Ilustrasi
Kapanlagi.com - Pada daftar acara di Pengadilan Negara Bagian New York, Rabu, tertulis seperti who`s who dunia hiburan, saat empat artis "rap" kondang menghadapi tuntutan terpisah, sehingga menyoroti garis batas antara citra dengan kenyataan dalam musik "rap" AS.

Penyanyi peraih Grammy Busta Rhymes menghadapi dakwaan penyerangan. "Rapper" perempuan kenamaan Remy Ma dituduh menembak dan membuat seorang perempuan Bronx menderita luka kritis. Lil Wayne dan Ja Rule secara terpisah tampil untuk menghadapi dakwaan kepemilikan senjata api.

Semua kasus tersebut tak saling berhubungan, tapi waktunya berarti lorong kumal dan buram ruang pengadilan Manhattan disinari oleh penggemar yang mengeluarkan telepon berkamera untuk mengambil gambar bintang pujaan mereka.

"Itu kebetulan," kata Remy Ma (26), yang nama aslinya adalah Remy Smith, setelah mengetahui bahwa proses pengadilannya dalam kasus penembakan di satu klub malam Manhattan tampaknya akan dimulai dalam beberapa bulan mendatang.

Dengan memakai rok mini berwarna abu-abu, artis yang pernah dicalonkan untuk menerima Grammy itu menandatangani foto dirinya dan menjawab pertanyaan wartawan. "Saya mengenal mereka semua. Mereka semua teman saya," kata Remy Ma mengenai tiga terdakwa lain.

Kyra Gaunt, profesor musik dan antropologi di Baruch College, mengatakan artis "rap" yang muncul dari lingkungan yang keras seperti Remy Ma seringkali memiliki masalah untuk mengubah keinginan guna menjauhkan diri dari masalah.

"Karena aliran bermain dengan kenyataan, banyak orang kehilangan kendali. Lalu tiba-tiba, garis antara perwakilan kenyataan dan kenyataan tak lagi terpisah," kata Gaunt.

Dakwaan Serangan, Kepemilikan Senjata

Remy Ma, warga asli Bronx, meraih hadiah penghargaan Black Entertainment Television untuk kategori artis "hip-hop" wanita terbaik pada 2005. Jika terbukti bersalah, ia menghadapi ancaman hukuman maksimum 25 tahun penjara untuk penembakan 14 Juli terhadap Makeda Barnes-Joseph.

Busta Rhymes, yang nama aslinya adalah Trevor Smith dan yang hitnya meliputi Dangerous dan Put Your Hands Where My Eyes Could See, menghadapi empat proses pengadilan berturut-turut karena melakukan dua serangan dan dua pelanggaran mengemudi.

Ia telah dua kali menolak untuk mengajukan pembelaan dalam proses pengadilan yang dapat menjebloskan dia ke dalam penjara selama satu tahun sebagai imbalan bagi pengakuan bersalah untuk empat dakwaan kecil lain.

Artis New Orleans, Lil Wayne, yang dinyatakan sebagai rapper of the year oleh majalah The New Yorker pada Agustus, dan Ja Rule - yang telah menjual lebih dari 20 juta album di seluruh dunia - ditangkap secara terpisah pada Juli, setelah meninggalkan konser Lil Wayne di Manhattan.

Polisi menyatakan Lil Wayne, yang nama aslinya Dwayne Carter, kedapatan sedang menghisap marijuana dan membawa senjata. Ja Rule, yang nama aslinya adalah Jeff Atkins, dihentikan satu jam sebelumnya oleh polisi yang mengatakan ia memiliki senjata genggam kaliber-40.

Kedua artis tersebut menghadapi dakwaan kepemilikan senjata api secara tidak sah. Tanggal pengadilan mereka belum ditetapkan.  (*/erl)

Lihat Arsip Musik

- - -