Ekspansi Pendengar, Alasan Tulus Rilis Lagu Pakai Bahasa Jepang

Risang Sudrajad  |  Jumat, 18 Maret 2016 21:22
Ekspansi Pendengar, Alasan Tulus Rilis Lagu Pakai Bahasa Jepang
Tulus © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Tulus memang jagonya bikin gebrakan baru buat musiknya. Baru-baru ini, penyanyi dengan nama lengkap Muhammad Tulus itu mengaransemen ulang lagu Sepatu ke dalam Bahasa Jepang dan mengubah judulnya menjadi Kutsu.

Ekspansi pendengar lah yang menjadi alasan di balik gebrakan baru dari Tulus ini. Lewat hits Kutsu pula, Tulus ingin memperkenalkan musik Indonesia ke hadapan muka dunia khususnya orang-orang Jepang.

"Ekspansi pendengar. Tujuannya adalah saya ingin orang-orang Jepang lebih mengetahui musik Indonesia," ujar Tulus saat ditemui di press conference konser Sound Of Love di Cafe Gardenia, Malang, Jum'at (18/3).

Tulus ingin memperkenalkan musik Indonesia di muka dunia lewat hits Kutsu © KapanLagi.com®/Natanael SepayaTulus ingin memperkenalkan musik Indonesia di muka dunia lewat hits Kutsu © KapanLagi.com®/Natanael Sepaya

Tak menutup kemungkinan bila bakalan ada lagu-lagu versi Jepang lain yang dirilis oleh Tulus. Penyanyi 28 tahun itu berharap cara ini bisa membuat karya-karyanya masuk dan diterima di pasar musik Jepang.

"Itu yang dilakukan untuk bisa masuk pasar sana. Setelah itu, nanti akan menyusul lagu-lagu lainnya. Mudah-mudahan Insya Allah kalau ada jalan saya kalau bisa itu ngerilis album. Dan itu tidak semua berbahasa Jepang, mungkin hanya dua yang berbahasa Jepang, sementara lagu lainnya dalam Bahasa Indonesia. Kita penginnya orang-orang tahu warna musik Indonesia," tambahnya.

Tulus juga sangat terbuka semisal nantinya ada gebrakan atau langkah baru untuk mempromosikan karyanya di negara lain. "Kenapa milih Jepang, karena yang ada jalannya yang ada sekarang baru itu. Kalau misalnya ada yang lain sangat terbuka," tutup Tulus.

Baca Juga Yang Ini!

Lagu Ini Bikin Tulus Nggak Sabar Tampil di Konser 'Sound Of Love'

'Sound Of Love', Kahitna - Tulus Siap Hadirkan Cinta di Malang

Tulus: Bagi Saya Musik Itu Seperti Berkomunikasi

Ini Rahasia Tulus Bisa Ciptakan Lagu Yang Buat Pendengar Baper

Kisah Tulus Menjelajah Dua Negara Untuk Sempurnakan 'Pamit'-nya