Efek Rumah Kaca Berikan Klarifikasi Terkait Bekraf

Ferry Sanjaya  |  Minggu, 11 Maret 2018 12:20
Efek Rumah Kaca Berikan Klarifikasi Terkait Bekraf
Efek Rumah Kaca © Kapanlagi/Fikri Alfi Rosyadi

Kapanlagi.com - Band Efek Rumah Kaca memberikan klarifikasi terkait penampilannya dalam South by South West (SXSW) 2018 di Austin, Texas, Amerika Serikat. Seperti diketahui, ERK tetap tampil dalam gelaran tersebut, namun berangkat dengan biaya sendiri, tanpa bantuan dari Bekraf.

Mereka mengundurkan diri saat melihat adanya kejanggalan harga tket pesawat pulang-pergi Jakarta-Austin yang sangat besar dibandingkan dengan tiket yang beredar di pasaran. Para personel ERK mengatakan jika hal tersebut bertentangan dengan hati nurani dan nilai-nilai yang selama ini disuarakan melalui lagu-lagu mereka.

"Dan tentu saja praktik seperti ini jauh dari pemenuhan salah satu prinsip tata laksana pemerintahan yang baik, yakni efektif dan efisien," ujar mereka seperti yang ditulis dalam klarifikasi di akun Instagram @sebelahmata_erk.

Bagian I: _ Hari Senin 12 Maret 2018, kami akan berangkat ke Amerika Serikat untuk mengikuti festival SXSW. Terima kasih banyak atas dukungan dan doa teman-teman semua selama sebulan terakhir. _ Awalnya, keberangkatan kami ke SXSW ini sebagian turut didukung oleh BEKRAF. Namun seminggu sebelum keberangkatan, kami memutuskan untuk menarik diri sepenuhnya dari dukungan finansial BEKRAF karena persoalan janggalnya harga tiket. Beberapa media sudah mengangkat persoalan ini dalam beberapa hari terakhir. Namun banyak pemberitaan yang sepertinya kurang tertuju pada persoalan yang sebenarnya menjadi alasan utama kami untuk menarik diri dari dukungan finansial BEKRAF. _ Hari Jumat tanggal 9 Maret 2018, BEKRAF juga sudah merilis klarifikasi terkait masalah ini. Silakan membacanya pada akun @bekraf.go.id. Merespon klarifikasi BEKRAF tersebut, berikut ini pernyataan kami yang terdiri dari dua bagian.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Efek Rumah Kaca (@sebelahmata_erk) pada 10 Mar 2018 jam 8:03 PST

Bagian II: _ Hari Senin 12 Maret 2018, kami akan berangkat ke Amerika Serikat untuk mengikuti festival SXSW. Terima kasih banyak atas dukungan dan doa teman-teman semua selama sebulan terakhir. _ Awalnya, keberangkatan kami ke SXSW ini sebagian turut didukung oleh BEKRAF. Namun seminggu sebelum keberangkatan, kami memutuskan untuk menarik diri sepenuhnya dari dukungan finansial BEKRAF karena persoalan janggalnya harga tiket. Beberapa media sudah mengangkat persoalan ini dalam beberapa hari terakhir. Namun banyak pemberitaan yang sepertinya kurang tertuju pada persoalan yang sebenarnya menjadi alasan utama kami untuk menarik diri dari dukungan finansial BEKRAF. _ Hari Jumat tanggal 9 Maret 2018, BEKRAF juga sudah merilis klarifikasi terkait masalah ini. Silakan membacanya pada akun @bekraf.go.id. Merespon klarifikasi BEKRAF tersebut, berikut ini pernyataan kami yang terdiri dari dua bagian.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Efek Rumah Kaca (@sebelahmata_erk) pada 10 Mar 2018 jam 8:09 PST

"Selain itu, setelah membaca klarifikasi yang dibuat oleh pihak Bekraf, kami merasa justru poin alasan utama pengunduran diri kami yaitu pemilihan tiket dengan harga yang tidak wajar tidak dielaborasi lebih lanjut, namun malah banyak memuat informasi lain yang tidak berhubungan dengan persoalan tiket yang kurang sesuai dengan fakta yang sebenarnya," tambahnya.

Selain itu, ERK juga mengatakan bahwa Bekraf menolak memberikan akses halaman masuk ke laman khusus para artis yang tampil dalam SXSW. Alasan penolakan tersebut berkaitan dengan alasan banyak data yang dirahasiakan. Setelah didesak, barulah Bekraf memberikan akses tersebut.

"Setelah mendapatkan akses ke Artist Page SXSW kami mengetahui betapa krusialnya peran halaman tersebut sebagai medium berkomunikasi langsung dengan pihak SXSW baik untuk berkoordinasi tentang kesiapan produksi panggung maupun persiapan band secara umum. Melalui Artist Page ini juga kami bisa mengakses nama-nama kontak mereka yang terkait dengan kegiatan SXSW," papar mereka.

Simak Berita Lainnya:

Cholil ERK Bawakan OST MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

Efek Rumah Kaca Ungkap Alasan Tampil Bersama Orkestra di 'Soundrenaline 2017'

Tampil di Soundrenaline 2017, Efek Rumah Kaca Kolaborasi Dengan Orkestra

VIDEO: 'Desember' Efek Rumah Kaca Dalam Versi Christabel Annora

#NggakTakut, Para Selebritis Ini Lakukan Perlawanan & Aksi Sosial

(kpl/frs)

Sekitar 9 lagu menjadi setlist ERK untuk publik Malang, Kamis malam (18/2). Mereka menggabungkan lagu baru dan lagu lama.
10 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -