Diperkirakan Batal Digelar, Clear JJF 2014 Malah Sukses

Guntur Merdekawan  |  Senin, 03 Maret 2014 15:35
Diperkirakan Batal Digelar, Clear JJF 2014 Malah Sukses
Peter F. Gontha/KapanLagi®
Kapanlagi.com - Tak bisa dipungkiri memang, dalam sebuah pagelaran besar tentu dibutuhkan sponsor yang sangat besar juga. Begitu pun dengan perhelatan tahunan pesta musik jazz di tanah air, Java Jazz Festival. Dari tahun ke tahun, nama-nama perusahaan besar pun silih berganti menjadi sponsor.

Dan di even yang genap satu dekade ini, perhelatan yang dibesut oleh Peter F Gontha mengambil tajuk Clear Jakarta International Java Jazz Festival 2014.

Diakui oleh Peter, awalnya even besar ini dimungkinkan gagal karena tak ada perusahaan besar yang berani menjadi sponsor utama. Hingga ketika satu bulan sebelum gelaran, Clear pun masuk.

"Di tahun ini kami cukup menghadapi kendala. Salah satunya adalah masalah sponsor. Acara iniawalnya bisa dimungkinkan gagal digelar," kata Peter pada press conference Clear Java Jazz Festival 2014, beberapa waktu lalu.

"Sponsor-sponsor besar sebelumnya (rokok), sudah tidak boleh lagi di tahun ini. Tapi di detik terakhir, sebulan sebelum acara, Unilever dengan Clear sebagai produknya mengajukan diri. Kami sambut," lanjutnya.

Akhirnya, dengan penuh percaya diri Peter bersama Java Festival Production sebagai penyelenggara pun percaya diri kembali untuk membawa nama-nama besar artis manca negara seperti Natalie Cole, India Arie, Jammie Culum, Incognito, Earth Wind and Fire, Sadao Watanabe, dan lainnya.

Ratusan line up musisi luar maupun dalam negeri tampil, menyedot antusiasme publik dengan suguhan-suguhan menawan. Konsep-konsep baru pun ditampilkan di even ini, seperti kolaborasi antara artis-artis Indonesia dengan musisi kawakan jazz dunia.

Selama 3 hari penyelenggaraan, yaitu 28 Februari, 1 dan 2 Maret, even ini berhasil menyedot ribuan penonton, baik lokal maupun internasional. Ya, Java Jazz Festival memang telah menjadi barometer festival musik dunia, khususnya genre jazz.

Baca Juga:

Tanggapan Agnes Monica Tentang Clear Java Jazz 2014

Banyak Penonton Keluar, Agnes Monica Menyayangkan

Jazz Ngedance Ala Agnez Mo Pada CLEAR JJF 2014

Incognito: Ada Faktor Keberuntungan Dalam Kesuksesan Kami

Chrisye Pun Masih Dirindukan di CLEAR Java Jazz Festival 2014

(kpl/ato/gtr)


Lihat Arsip Musik

- - -