Dianggap Cemen, Ahmad Dhani Akui Lagu 'Separuh Nafas' Dikerjakan Tidak Serius dan Liriknya Tak Filosofis

Jum'at, 01 Juli 2022 10:15  | 

Ahmad Dhani



Ahmad Dhani ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Separuh Nafas menjadi salah satu lagu Dewa 19 paling populer di album BINTANG LIMA yang dirilis pada tahun 2000 silam. Ternyata, di balik kepopulerannya itu, Separuh Nafas juga menjadi satu-satunya lagu yang dianggap cemen oleh para personel Dewa 19 yang saat itu beranggotakan Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, Once Mekel, dan Tyo Nugros itu.

"Justru lagu yang paling cemen pun malah jadi paling terkenal, Separuh Nafas. Iya, lagu itu lagu paling tidak kita pikirin, ini Once sama Tyo masih jadi saksi. Bahkan Separuh Nafas nggak ada drumnya Tyo, saking kita nggak pikirin beneran," kata Ahmad Dhani di FX Jakarta Selatan, Kamis (30/6).

1. Gara-Gara Drum Loop

Bukan cuma dianggap cemen, lagu Separuh Nafas juga dikerjakan tidak serius. Di balik semua ketidakseriusan itu, Ahmad Dhani justru heran mengapa lagu tersebut bisa meledak di pasaran dan masih populer sampai saat ini.

"Terus aransemen juga saya mikirnya juga setengah-setengah gitu, nggak serius. Tapi kan jadi lagu itu. Aneh kan. Itu ada faktor fengsui juga, karena sebelum lagu Separuh Nafas, drumnya loop-nya itu kan banyak mirip lagu terkenal lainnya," kata Ahmad Dhani.

"Makanya kita nggak kasih drum beneran karena drum loop itu sebelumnya ngetop dari lagunya Duran Duran, Come Undone. Jadi orang secara tidak sadar menyukai lagu itu gara gara drum loop-nya itu," kata Dhani.

2. Dianggap Tak Filosofis

Selain itu, Ahmad Dhani juga menganggap Separuh Nafas milik Dewa 19 merupakan lagu di album BINTANG LIMA yang liriknya tak filosofis.

"Meskipun liriknya, saya juga nggak terlalu bangga banget bikin lirik lagu Separuh Nafas itu. Tidak filosofis," pungkas Ahmad Dhani.

Seputar Ahmad Dhani:

Dewa 19 Tetap Bertahan Selama 30 Tahun, Ahmad Dhani: Kita Bener-Bener Memahami Cara Kerja Queen

Ahmad Dhani Lakukan Terobosan Baru, Kenalkan Aplikasi Dewa 19 Karaoke untuk Para Baladewa

Genap 6 Tahun, Ini Potret Perayaan Ultah Muhammad Ali Anak Ahmad Dhani dan Mulan Jameela - Parasnya Makin Ganteng

Sederet Potret Mulan Jameela Hadiri Rapat DPR yang Cantiknya Bikin Salfok, Tampil All Out Abis

Lebaran Al, El, Dul Bareng Mulan Jameela - Maia Estianty

(kpl/far/sry)