Diajak Ikut di Konser Gita Bahana Nusantara, Raisa & Isyana Sarasvati Merinding

Selasa, 11 Agustus 2020 22:03  | 

Raisa



Raisa & Isyana © KapanLagi.com


Kapanlagi.com - Penyanyi Raisa dan Isyana Sarasvati tak lama lagi akan tampil bersama Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) secara virtual. Dua penyanyi cantik itu akan menjadi bintang tamu dalam acara bertajuk Konser Virtual Gita Bahana Nusantara yang ditayangkan di Metro TV dan TVRI pada 17 Agustus mendatang.

Mendapat kesempatan berkolaborasi dengan para peserta GBN adalah pengalaman pertama bagi Raisa maupun Isyana. Excited dan tak sabar bisa tampil bersama, Raisa bahkan sempat kaget saat pertama kali mendapat tawaran itu.

1. Reaksi Raisa & Isyana

"Ini pengalaman pertama bagi saya, sehingga sangat berharga apalagi bisa gabung dengan peserta GBN yang suaranya cukup luar biasa sekali. Mereka semunya yang terbaik terpilih dari berbagai daerah," ungkap Raisa pada Senin (10/8) kemarin melalui webinar.

Sedangkan Isyana bahkan mengaku sempat merinding saat diajak berkolaborasi dengan GBN. "Aku merinding, meskipun hanya bertemu secara tatap muk dan tidak secara langsung. Tahu peserta GBN mempunyai talenta yang luar biasa. Saya justru berharap bisa tampil (langsung) bersama dengan mereka. Tapi kondisi bangsa tidak memungkinkan hanya bisa tampil secara virtual. Ya semoga saja tahun depan bisa tampil sepanggung," aku Isyana.

2. Gara-Gara Pandemi

Acara ini sendiri dibuat lantaran Orkestra dan Paduan Suara GBN tak dapat menghibur masyarakat Indonesia di HUT RI seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, publik masih bisa menyaksikan penampilan keren mereka di Metro TV pada 16-17 Agustus Pukul 20.30-21:00 WIB dan TVRI 17 Agustus Pukul 20.00-21.00 WIB.

Sesuai rutinitas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan melakukan pembinaan terhadap generasi muda jelang perayaan HUT RI. Salah satunya menjadi bagian dari acara ini.

"Sehubungan dengan situasi pandemi saat ini, Paduan Suara dan orkestra GBN yang sudah menjadi rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan tidak bisa tampil secara langsung di Istana, namun akan tampil secara virtual dengan dikemas bertajuk Konser GBN," jelas Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid.

3. Sebarkan Semangat Nasionalisme

Menurut Hilmar, kehadiran putra putri dari seluruh negeri dapat menjaga semangat patriotisme dan nasionalisme generasi muda, serta menularkannya pada publik. GBN dapat menjadi sarana untuk menyalurkan bakat dan potensi kreativitas generasi muda.

"Gita Bahana Nusantara yang merupakan gabungan vokalis dan Pemusik terbaik dari seluruh wilayah Indonesia dibentuk pada tahun 2003. Gagasan awal pembentukannya mengemuka dari Ibu Megawati Soekarno Putri yang menjabat sebagai Presiden RI pada saat itu. Beliau menginginkan dibentuknya paduan suara dan orkestra nasional yang melibatkan generasi muda berusia 16-23 Tahun di seluruh Indonesia dengan tetap menunjukkan kepribadian dan kebudayaan bangsa," pungkas Hilmar.

Sedangkan tujuan dari dibentuknya GBN sendiri untuk menguatkan jati diri dan karakter bangsa,menumbuhkan rasa kebangsaan, menghormati perbedaan, dan memupuk rasa kebersamaan di kalangan generasi muda, serta membentuk Paduan Suara dan Orkestra Nasional yang tangguh.

(kpl/mhr)