Deretan Lagu Bertema Kemerdekaan Indonesia, Cocok Banget Didengerin Saat HUT RI Ke-76

Senin, 16 Agustus 2021 16:07  | 

Iwan Fals



©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 tinggal menghitung waktu saja. Di hari yang sangat spesial bagi seluruh bangsa Indonesia ini, tak sedikit dari para penyanyi Tanah Air yang ingin memberikan sumbangsih mereka demi negeri, salah satunya dengan sebuah lagu. 

Meskipun hanya sebuah lagu, namun itu adalah bentuk nyata para musisi dalam memaknai nasionalisme dan kepedulian mereka terhadap Negeri Indonesia tercinta. Entah itu berupa kebanggaan, sarkas, atau pun sebuah kritik dan pesan sosial politik, itu semua mereka lakukan demi bangsa Indonesia yang lebih baik.

Meskipun dengan genre yang berbeda, dari mulai pop, rock, rap, bahkan sampai punk, para musisi pun mampu mengungkapkan rasa cintanya kepada Indonesia dengan cara dan ciri khas mereka sendiri-sendiri. 

Nah, mendekati HUT RI ke-76, berikut ini deretan lagu bertemakan kemerdekaan yang cocok banget saat didengarkan di tanggal 17 Agustus nanti.  

1. Gombloh - Kebyar Kebyar

Lagu Kebyar-Kebyar yang dinyanyikan oleh mendiang Gombloh ini menjadi salah satu lagu yang wajib sekali diputar ketika hari kemerdekaan. Bukan tanpa sebab, lagu ini menunjukkan betapa cintanya Gombloh kepada Tanah Air. 

Bahkan, ia dengan terang-terangan menyebutkan Indonesia di dalam liriknya, dan diucapkan di awal lagu. Begitu bangganya Gombloh dengan Indonesia, sampai ia pun menyebutkan merah putih Indonesia adalah darah dan tulangnya. 

"Indonesia, merah darahku, putih tulangku bersatu dalam semangatmu" simak lanjutannya di sini!

2. Iwan Fals - Bongkar

Legenda hidup, Iwan Fals bisa dibilang sebagai salah satu musisi yang sangat nasionalis. Bahkan, dari semua lagu-lagunya, Iwan selalu memasukkan unsur Indonesia. Dari sarkas, idealisme, kritik, kebanggaan Iwan kepada Indonesia, sampai kondisi negeri saat ini pun tak luput menjadi lagu ciptaannya. 

Nah, dari sekian banyak lagu yang ia ciptakan sebagai bentuk rasa cintanya kepada Indonesia, Bongkar lagu dari Album Swami I menjadi salah satu lagu yang cocok ketika didengarkan di hari Kemerdekaan RI. 

Bukan tanpa sebab, lagu Bongkar sangat mencerminkan kondisi yang terjadi di negara Indonesia saat ini.

Simak liriknya di sini!

3. Cokelat - Bendera

Berselang belasan tahun dari Gombloh dan Iwan Fals, Cokelat muncul dengan lagu berjudul Bendera yang mana lagu ini sangat cocok bagi generasi muda. Tak hanya itu, lagu ini bahkan seperti lagu wajib di setiap perjuangan anak-anak muda. 

Lagu-lagu Cokelat dengan genre rock-pop pun lebih bisa diterima oleh generasi muda saat itu bahkan sampai sekarang. Apalagi, dengan liriknya yang penuh makna, membuat lagu Bendera ini masih tetap menjadi pilihan untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.  

Simak potongan liriknya di bawah ini.

"Merah putih teruslah kau berkibar, di ujung tiang tertingi, di Indonesiaku ini" 

4. Pee Wee Gaskins - Dari Mata Sang Garuda

Tahun 2010 menjadi salah satu tahun yang cukup berkesan bagi warga Indonesia. Ya, saat itu, Timnas Indonesia berlaga di final piala AFF 2010 berhadapan dengan Malaysia. Meskipun harus mengakui keunggulan Malaysia, namun Indonesia pun tetap bangga dengan perjuangan para pemainnya. 

Di momen penuh haru ini, lagu Dari Mata Sang Garuda dari Pee Wee Gaskins menjadi salah satu wajib yang harus diputar di setiap pertandingan Indonesia. Lagu dengan lirik yang sangat nasionalis itu pun menjadi bentuk rasa cinta Pee Wee Gaskins kepada Indonesia.

Mereka juga berharap, lagu ini bisa membuat para generasi muda semakin cinta dan peduli dengan Indonesia.  

Buat yang lupa, cek lirik lengkapnya langsung di sini!

5. Efek Rumah Kaca - Menjadi Indonesia

Efek Rumah Kaca menjadi salah satu band indie yang cukup sering memasukkan pesan-pesan sosial dan politk di lagu cipataannya. Band yang digawangi oleh Cholil Mahmud, Adrian Yunan yang kini digantikan oleh Poppie Airil, dan Akbar Bagus ini bahkan merilis lagu Menjadi Indonesia sebagai bentuk kritik mereka terhadap kondisi Indonesia saat itu. 

Menjadi Indonesia adalah suara Efek Rumah Kaca tentang nilai-nilai kebangsaan yang seolah ingin menyuarakan keinginan setiap anak muda Indonesia mengenai masa depan negaranya. 

Simak cuplikan liriknya di bawah ini, dan versi lengkapnya di sini!

"Lekas bangun dari tidur berkepanjangan, Menyatakan mimpimu, Cuci muka biar terlihat segar, Merapikan wajahmu, masih ada cara menjadi besar, memudakan tuamu, menjelma dan menjadi Indonesia"

6. Saykoji - Merah Putih

Tak hanya di lagu pop dan rock, rasa nasionalisme ini juga bisa ditunjukkan lewat sebuah rap. Ya, Saykoji menunjukkan betapa pedulinya ia dengan Indonesia sampai merilis lagu yang berjudul Merah Putih.

Lagu yang diawali dengan pidato dari Bung Karno ini bertujuan untuk mengajak para generasi untuk lebih cinta dengan Tanah Air. Dan meskipun dinyanyikan dengan cepat, namun liriknya pun masih bisa terdengar kuat. 

"Merah putih berkibar begitu gagah, Cerminan akan bangsa yang perkasa, ku hormati dengan penuh rasa bangga, indonesiaku bersatu spanjang masa" simak versi lengkapnya di sini!

7. Netral - Garuda Di Dadaku

"Garuda di dadaku, Garuda kebanggaanku, ku yakin hari ini pasti menang"

Meskipun lagu ini merupakan sebuah soundtrack dari film, namun lagu garapan Netral berjudul Garuda Di Dadaku ini menjadi salah satu lagu yang bisa membuat hati siapa pun bergetar ketika didengarkan.

Garuda Di Dadaku seolah menjadi lagu pemersatu bangsa di tengah kondisi yang cukup sulit bagi Indonesia. Baik dari generasi muda maupun tua, ketika lagu ini diputar, tanpa sadar mereka pun akan bernyanyi bersama. 

Jadi, gak salah banget nih kalau lagu Garuda Di Dadaku dari Netral ini cocok banget didengarkan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Yuk, nyanyi bareng di sini!

8. Endank Soekamti - Rayuan Pulau Kelapa

Meskipun hanya remake, namun Endank Soekamti menjadikan lagu Rayuan Pulau Kelapa menjadi salah satu lagu hits saat itu. Lagu bertemakan Indonesia itu bahkan sampai saat ini sudah didengarkan oleh lebih dari 7 juta orang di youtube. 

Erick Soekamti cs pun sama tak banyak mengubah lirik dan esensi dari lagu ini. Ia hanya mengaransemen agar lagu Rayuan Pulau Kelapa lebih kekinian dan bisa didengarkan oleh para anak-anak muda. 

Buat yang penasaran liriknya seperti apa, langsung saja cek di sini!

9. SID - Kuat Kita Bersinar

Di tengah kontroversi yang menyeret namanya, Jerinx SID dan Superman Is Dead adalah salah satu band punk yang cukup concern dalam membahas isu sosial, politik, dan juga Indonesia. Salah satunya adalah lagu Kuat Kita Bersinar.

Di lagu ini, Jerinx dan kawan-kawan ingin mengungkapkan bahwa semua orang tidak ada yang sempurna dan berbeda-beda. Namun, jika kita bersatu meskipun dalam perbedaan, apapun bisa dilakukan. Jika ditelaah lagi, lagu ini memang sangat Bhineka Tunggal Ika yang merupakan ciri khas dari Indonesia.

Gak percaya? Coba cek langsung saja liriknya di sini!

(kpl/dwn)