'Dedes, Who Are You?', Konser Unik Bangkitkan Musik Gamelan

Risang Sudrajad  |  Rabu, 18 Mei 2016 20:35
'Dedes, Who Are You?', Konser Unik Bangkitkan Musik Gamelan
Ilustrasi © commons.wikimedia.org
Kapanlagi.com - Musik, satu hal yang tak bisa dikotak-kotakkan dan juga selalu berkembang dari waktu ke waktu. wajar saja bila banyak genre maupun harmonisasi baru yang dibuat oleh para musisi siapapun itu.

Satu contoh nyatanya adalah DjombloEnsemble, kelompok gamelan dari Kota Malang. Kelompok ini mencoba untuk mengeksplorasi dan memainkan musik etnik khususnya gamelan sebagai jati diri mereka.

Menariknya, DjombloEnsemble tak menutup diri dengan warna musik lain yang saat ini sedang booming. Hal itu dibuktikan lewat sebuah konser musik gamelan yang akan mereka gelar dengan judul Dedes, Who Are You?.

Dedes, Who Are You?, bukti nyata bila musik gamelan tak boleh dilupakan © DjombloEnsembleDedes, Who Are You?, bukti nyata bila musik gamelan tak boleh dilupakan © DjombloEnsemble

Konser ini tak cuma menyuguhkan permainan gamelan dari para pemusiknya saja. Lebih dari itu, ada harmonisasi lain seperti saxophone, alto recorder, dan bunyi-bunyi yang berasal dari musik digital.

Konser Dedes, Who Are You? terinspirasi dari kisah tentang Ken Dedes, sang Nareswari. Digelar selama dua hari mulai tanggal 24 dan 25 Mei 2016 di Laboratorium Drama Universitas Negeri Malang, acara ini bakalan menjawab penantian para penikmat musik yang memang rindu dengan suguhan-suguhan berkualitas.

DjombloEnsemble percaya bila gamelan tak boleh dilupakan dan dimuseumkan begitu saja. Gamelan harus selalu dibunyikan dan dikembangkan oleh para pelakunya. Konser Dedes, Who Are You? inilah bukti nyatanya.

Simak Juga:

Ulang Tahun Bareng, The Groove & Maliq Gelar Konser Satu Panggung

Yay, Boyband Korea Seventeen Segera Gelar Fanmeeting di Jakarta!

Beri Kejutan, Afgan Bakal Nyanyikan Single Baru di Konsernya

Bakal Main di WTF 2016, The Temper Trap Penasaran Band Indonesia

Digelar 2 Hari, WTF 2016 Diisi Puluhan Band Lokal & Internasional