Dari Zayn Hingga Raisa, 8 Lagu R&B ini Bakal Cocok Jadi Backsound Kerja Kamu

Selasa, 02 Maret 2021 08:15


(c) Shutterstock


Kapanlagi.com - Rutinitas harian yang dilakukan baik kerjaan kantor ataupun tugas kuliah sering banget bikin otak jadi ngebul. Banyaknya hal yang harus dikerjain, deadline mepet, dan kreativitas yang buntu bikin pikiran serasa burnout.

Dengan semua hal yang dilakukan di rumah aja semenjak pandemi juga bikin inspirasi makin terbatasi. Suasana yang bosan di kamar bisa memperburuk keadaan dan berpotensi menurunkan produktivitas.

Trik jitu yang bisa dilakukan agar kreativitas meningkat adalah dengan bekerja sembari memutar musik. Nggak harus nyanyi, adanya musik yang jadi backsound bakal bikin kerja menjadi relax dan bisa sambil humming tipis-tipis.

Genre musik yang cocok banget dijadikan backsound saat bekerja adalah R&B. Dengan alunan musik bertempo sedang, ketukan drum yang playful akan berpadu dengan instrumen lainnya dan bikin kepala bakal ngangguk-ngangguk sendiri saat kerja. Biar kerjaan kamu makin chill, berikut lagu yang bisa kamu masukkan ke playlist kamu!

1. ZAYN – Vibez

Vibez adalah single yang terdapat dalam album terbaru ZAYN yang berjudul NOBODY IS LISTENING. Walaupun judul albumnya menyampaikan kalau nggak ada orang yang dengerin, justru semua lagu dalam album ini enak banget buat didengerin, apalagi sambil kerja.

MV dari lagu ini dirilis satu minggu sebelum albumnya resmi diedarkan. Nggak perlu bisa hafal liriknya kok, karena instrumen dari lagu ini saja udah cukup buat bikin kamu relax saat melakukan rutinitas harian.

2. Jeff Bernat - This Time

Jeff Bernat adalah musisi Amerika yang terlahir di Filipina. Namanya mulai diperhitungkan dalam dunia musik internasional ketika karya musik miliknya masuk jadi OST K-Drama You Are My Destiny yang rilis pada tahun 2014.

Single baru yang dirilis oleh Jeff Bernat ini cocok banget buat masuk playlist kerja kamu. Dengan tempo middle low, musik ini akan terasa homey dan cocok dengan aktivitas work from home maupun school from home.

3. Rahmania Astrini - Shush

Indonesia nggak pernah kehabisan talenta berbakat. Solois cantik Rahmania Astrini adalah salah satunya. Cewek cantik kelahiran tahun 2001 tahun ini punya beberapa diskografi yang bakal cocok buat nemenin aktivitas harian kamu.

Salah satunya adalah single Shush. Lagu ini diciptakan oleh produser kondang bernama Toby Gad yang telah turut terlibat dalam nama besar seperti Beyonce, Alicia Keys, John Legend, dan masih banyak lagi. Coba dengerin lagu ini sambil merem deh, secara nggak sadar tubuh kamu bakal ikut bergerak sesuai dengan irama musiknya.

4. Raisa & Dipha Barus - My Kind of Crazy

Di tahun 2018 lalu Raisa menghadirkan sebuah musik yang enak banget buat dijadikan teman beraktivitas. Bersama produser Dipha Barus, mereka merilis single berjudul My Kind of Crazy.

Musik lo fi yang dihadirkan dalam lagu ini berasa sopan pas masuk ke telinga. Makin maksimal jika kamu mendengarkan lagu ini dengan menggunakan earphones.

5. Khalid – Better

Selain Young, Dumb, & Broke, Khalid punya beberapa nomor andalan yang bisa bikin kamu chillin seharian. Salah satunya adalah single berjudul Better ini yang telah dirilis pada tahun 2018.

Better yang dirilis beberapa saat sebelum album FREE SPIRIT menyajikan beberapa mood booster untuk rutinitas harian kamu. Mulai dari instrumen elektronik yang cocok didengarkan di segala waktu, hingga lirik yang bermakna positif.

6. Pink Sweat$ - At My worst

Lagu yang satu ini tentunya sudah sangat familiar di telinga para pecinta musik. Berkat sosial media TikTok, Instagram, dan Twitter, At My Worst mencapai tingkatan popularitas dan sangat jamak ditemukan dalam playlist di layanan streaming musik digital.

Namun jangan salah. Dengan popularitas dari lagu ini yang sedang tinggi-tingginya, lagu ini bakal tetap enak didengarkan sambil bekerja walaupun sudah overplayed. Chord-nya yang mudah dimainkan dan liriknya yang relevan sama perasaan juga bikin At My Worst cocok buat di-cover.

7. AGNEZ MO feat. Chris Brown - Overdose

Lagu kolaborasi dari solois kebanggan Indonesia Agnez Mo bersama Chris Brown ini juga sayang banget buat dilewatkan. Chemistry yang terbentuk saat membawakan lagu Overdose ini bikin nyaman ketika suara mereka masuk ke kuping.

Dirilis tahun 2018, Overdose bakal meramaikan playlist kamu yang sudah banyak diisi oleh track R&B yang bernuansa chill.

8. Vidi Aldiano & PJ Morton - I Can't Wait x Tak Bisa Bersama

Butuh asupan lagu yang kalem dan bertempo lambat? Kolaborasi solois Indonesia dan musisi internasional ini adalah yang kamu butuhkan. PJ Morton adalah singer, songwriter, producer yang telah memenangkan Grammy Awards. Dia juga pernah menjadi keyboardist untuk Maroon 5.

Berkolaborasi dengan Vidi Aldiano, mereka berdua sukses bikin lagu ballad yang nggak cuma soulful, tapi juga impactful buat melepas rasa penat saat beraktivitas. Part paling epik sih ketika PJ Morton menyanyikan lirik berbahasa Indonesia.

Berubahnya pola pekerjaan di masa pandemi tentunya menuntut produktifitas ekstra. Dengan beban yang semakin berat, mencari mood booster dan sarana relaksasi dari musik adalah hal yang bisa meningkatkan fokus. Boleh work hard, tapi jangan lupa play hard ya!

(kpl/jef)