Panggung Konser Ed Sheeran di Jakarta Resmi Pindah Lokasi dari Stadion Utama GBK ke JIS

Penulis: Lily Ariani

Diterbitkan:

Panggung Konser Ed Sheeran di Jakarta Resmi Pindah Lokasi dari Stadion Utama GBK ke JIS
Ed Sheeran Mathematics Tour (credit: TPG Images & instagram.com/pkentertainment.id)

Kapanlagi.com - Ditulis oleh: Lily Ariani

Penyanyi ternama asal Inggris, Ed Sheeran akan menggelar konser di Jakarta pada 2 Maret 2024 mendatang. Sebelumnya, konser bertajuk + - = ÷ x (Mathematics) Tour ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Namun, tepat pada 16 Februari 2024, pihak promotor mengumumkan bahwa venue konser dipindahkan ke Jakarta International Stadium (JIS).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh AEG Presents Asia, PK Entertainment, dan Sound Rhythm setelah melalui diskusi dan pertimbangan matang dari semua pihak yang terlibat. Alasan utama mengapa lokasi konser berubah yakni pertandingan sepak bola antara Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam untuk kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026. Pertandingan tersebut akan digelar di stadion GBK dan berlangsung pada 21 Maret 2024.

“Kami menyadari pentingnya pertandingan sepak bola Timnas Indonesia, apalagi ketika Indonesia menjadi tuan rumah. Dukungan kami sejalan dengan tujuan pemerintah untuk memajukan olahraga nasional,” ujar Harry Sudarma selaku Co-Founder dan Chief Operating Officer of PK Entertainment.

1. Konfirmasi Pihak GBK dan JIS

Selaku Direktur Utama GBK, Rakhmadi A. Kusumo menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan komunikasi intensif dengan promotor konser terkait agenda kegiatan yang akan dilangsungkan di Stadion Utama GBK. Menyusul terpilihnya stadion tersebut sebagai tempat pertandingan Tim Nasional Indonesia melawan Tim Nasional Vietnam, Rakhmadi juga menjelaskan bahwa menjaga kondisi stadion menjadi prioritas utama.

Lebih lengkapnya, ia mengungkapkan, “Kami perlu melakukan persiapan khusus untuk menjaga kondisi venue agar tetap prima. Oleh karena itu, kami informasikan bahwa konser musik internasional "Ed Sheeran Tour 2024" oleh PK Entertainment di GBK tidak dapat dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan.”

Sebagai Badan Layanan Umum (BLU), Rakhmadi menegaskan komitmen pihaknya untuk mendukung prestasi olahraga nasional, utamanya sepak bola. Pihaknya juga berterima kasih atas pengertian dan dukungan dari PK Entertainment serta pihak lain yang terkait.

Sementara itu, pihak pengelola JIS menyambut baik perpindahan lokasi konser Ed Sheeran. Adi Adnyana selaku Direktur Bisnis & Ops Jakpro menyatakan bahwa berlangsungnya konser + - = ÷ x (Mathematics) Tour tidak akan mengganggu kegiatan peningkatan performa rumput stadion yang tengah berjalan. Ia juga senantiasa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait demi memberikan kontribusi yang positif bagi kelangsungan acara di JIS.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Pengalaman Konser Terbaik

Meski berpindah lokasi demi laga Timnas Indonesia versus Timnas Vietnam, PK Entertainment memastikan pihaknya akan tetap menyajikan pengalaman konser terbaik. Harry mengungkapkan, “Kami juga yakin JIS sebagai stadion sepak bola bertaraf internasional yang terbesar di Indonesia juga mampu memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para penggemar Ed Sheeran. Tim kami saat ini bekerja bersama dengan JIS secara intensif untuk memastikan pengalaman konser yang lancar dan menyenangkan bagi seluruh penggemar di Jakarta.”

Saat ini, pihak penyelenggara konser masih melangsungkan proses alokasi kursi. Proses ini dijadwalkan selesai selambat-lambatnya pada 25 Februari 2024. Pihak promotor juga memastikan tiket yang dibeli untuk konser di GBK masih tetap berlaku untuk konser di JIS. Nantinya, pemegang tiket akan dikirimi email yang memuat informasi mengenai cara akses e-tiket dengan nomor kursi yang sudah diperbarui.

Demi kelancaran konser dan kenyamanan penggemar, pihak promotor juga terus berkoordinasi dengan JIS dan mitra lain yang terlibat. Pihak penyelenggara konser akan menyediakan tempat parkir tambahan, shuttle bus di beberapa titik penjemputan dan pengantaran, serta layanan ojek/ride-hailing. Lebih lanjut, informasi selengkapnya mengenai tips and panduan akses menuju JIS akan diumumkan melalui email dan postingan media sosial promotor melalui akun @pkentertainment.id dan @soundrhythm.

3. Konsep Panggung 360 Derajat

Berkomitmen untuk menyajikan pengalaman konser terbaik bagi penggemar, pihak penyelenggara konser menyiapkan konsep panggung 360 derajat. Konsep panggung unik inilah yang membedakan konser Ed Sheeran tahun ini dengan konser tahun 2019 lalu.

Konsep panggung 360 derajat menempatkan panggung di tengah venue. Dengan begitu, para penggemar dari semua kategori kursi dapat menyaksikan dan menikmati konser dengan view terbaik.

Selain itu, giant LED akan melengkapi venue. Giant LED nantinya akan menampilkan visual Ed Sheeran dengan bentuk memutar. Tak sampai di situ, venue masih akan dilengkapi dengan enam panggung kecil serta layar berbentuk pick gitar. Kedua elemen tersebut akan menunjang visual yang lebih baik.

4. + - = ÷ x (Mathematics) Tour

Konser Ed Sheeran di Jakarta tahun ini menjadi bagian dari serangkaian tur Asia sekaligus konser keduanya di Indonesia sejak 2019. Selain itu, pertunjukannya di Eropa menjadi kelanjutan turnya di benua tersebut yang telah dimulai sejak tahun lalu.

+ - = ÷ x (Mathematics) Tour akan berlangsung selama kurang lebih 2 jam 15 menit. Setlist konser + - = ÷ x (Mathematics) Tour mencakup lagu-lagunya dalam album yang bersampul simbol matematika. Dilansir dari USA Today, beberapa di antaranya termasuk Perfect, Photograph, Thinking Out Loud, Shape of You, dan Galway Girl.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending