Dari Reggae Hingga Parade Budaya, Begini Agenda Festival Crossborder Keerom 2019

Zaki Mursidan Baldan  |  Kamis, 02 Mei 2019 15:19
Dari Reggae Hingga Parade Budaya, Begini Agenda Festival Crossborder Keerom 2019
(c) shutterstock

Kapanlagi.com - Gegap gempita tak terlupakan siap dihadirkan dalam Festival Crossborder Keerom (FC-Keerom). Opening ceremony acara ini sendiri bakal mulai ditabuh pada hari Jumat, 3 Mei 2019. Selama tiga hari penuh, para pengunjung akan disajikan deretan konten terbaik yang dihadirkan secara masif, mulai dari reggae hingga parade budaya lokal yang memiliki eksotisme luar biasa.

Ingat, FC-Keerom akan digulirkan pada 3-5 Mei 2019. Venue-nya berada di Lapangan Swakarsa, Waris, Kabupaten Keerom, Papua. Konten utamanya menghadirkan Ras Muhammad, Gorby-The Comen Rasta, XD Band, dan Mixmate Band asal Papua New Guinea (PNG). Terbuka bagi umum, masyarakat PNG pun bisa mengakses festival ini melalui pintu Pos Lintas Batas (PLB) Waris, Keerom.

“Kemeriahan FC-Keerom segera dinikmati. Start-nya dimulai Jumat besok. Silahkan merapat ke Keerom. Kami juga mengundang secara terbuka kepada masyarakat PNG. Mari berbagai kegembiraan di Keerom. Tapi, bagi masyarakat PNG pastikan administrasinya sesuai regulasi Keimigrasian Indonesia,” ungkap Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani.

Memiliki beragam konten terbaik, pengunjung event harus datang Jumat (3/5) pukul 10.00 WIT. Sebab, FC-Keerom 2019 sudah menyajikan Bazaar. Ada beragam produk yang ditawarkan. Usai break siang, event dilanjutkan dengan Karnaval Gerakan Seni Masuk Sekolah. Ada juga sajian Tari Penyambutan dari Sanggar Sundi Yendi.

Kemeriahan semakin berlanjut dengan IPDN Marching Band. Ada juga Games & Quiz, seperti model Bus Malam, Tarik Sarung, Sentil Pinang, dan Tepung. Kemeriahan di hari pertama ditutup aksi Gorby-The Comen Rasta. Ricky menambahkan, FC-Keerom akan memberikan banyak kejutan selama 3 hari penyelenggaraan event.

Event yang disajikan sangat padat. Semuanya adalah yang terbaik. Untuk itu, semua harus datang on time. Setiap harinya event digelar sampai sore. Bagi wisatawan PNG, silahkan menginap di Keerom. Ada banyak hotel dan penginapan yang bisa digunakan untuk beristirahat. Sebab, event hari berikutnya juga tetap digelar menarik,” lanjut Ricky lagi.

Pada hari ke-2 event, Sabtu (4/5), FC-Keerom 2019 disajikan lebih berwarna. Dimulai pukul 11.00 WIT, festival akan menampilkan khas Tarian Keerom. Tari ini dibawakan oleh Sanggar Bukwia. Setelah dijeda Games & Quiz menarik, festival berlanjut dengan aksi XD Band. Kuat dengan warna reggae, XD Band siap melemparkan beragam hits.

Pesta reggae pun ditutup oleh penampilan Vanimo Native Band. Ricky mengatakan, Vanimo Native jadi magnet penarik kunjungan wisatawan asal PNG. “Kehadiran XD Band dan Vanimo Native membuat FC-Keerom 2019 semakin menarik. Kami optimistis pergerakan wisatawan asal PNG akan semakin optimal. Sebab, mereka memiliki basic fans yang kuat di perbatasan,” kata Ricky lagi.

Menjadi penutup rangkaian event, FC-Keerom 2019 menampilkan aksi Ras Muhammad pada Minggu (6/5). Ras Muhammad merupakan figur luar biasa. Sudah ada 6 album yang direleasenya. Declaration of Truths tahun 2005 jadi album pembuka. Selang 2 tahun berikutnya Reggae Ambassador yang dilempar. Ada juga Next Chapter (2009), Negeri Pelangi (2012), dan Berjaya (2013). Lalu, Salam jadi album ke-6.

Untuk Salam, album ini bahkan duduk di peringkat 1 reggae-vibes.com bulan September 2014. Reggae-vibes adalah website reggae terbesar di dunia dengan venue di Belanda. Pada tahun yang sama, album SALAM juga menjadi cover Riddim Magazine, yaitu majalah reggae terbesar di dunia. Ricky menjelaskan, Ras Muhammad akan menjadi gong penutup festival yang menarik.

“Ras Muhammad akan menjadi penampilan terbaik rangkaian penutup event. Publik bahkan dunia pun sangat familiar dengan figur dan karya-karyanya. Kami sangat yakin, kehadiran Ras muhammad akan mengoptimalkan arus kunjungan wisatawan ke FC-Keerom 2019,” jelas Ricky lagi.

Melengkapi kemeriahan pesta, FC-Keerom 2019 juga akan menetapkan pemenang Bazaar Competition pada Minggu (6/5). Ada beberapa kategori yang bisa dimenangkan oleh seluruh peserta Bazaar. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menerangkan, FC-Keerom 2019 destinasi ideal menikmati akhir pekan ini. Sebab, event menyajikan konten dengan beragam hadiah menarik.

“Pokoknya FC-Keerom 2019 jangan sampai terlewatkan. Semuanya harus bergabung dari hari pertama hingga penutupan. Ada banyak experience unik yang ditawarkan di sini. Games-nya juga memberikan hadiah menarik. FC-Keerom 2019 merupakan venue terbaik untuk liburan dan menikmati akhir pekan,” tutup Menpar.