Dari Bait Puisi Bersejarah, Oneng Ciptakan Lagu Untuk Bung Karno

Girindra Permana Cahya  |  Kamis, 25 Juni 2015 09:35
Dari Bait Puisi Bersejarah, Oneng Ciptakan Lagu Untuk Bung Karno
Rieke Dyah Pitaloka ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Bulan Juni memang salah satu bulan sangat bersejarah bagi presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Sebab di bulan Juni, sang proklamator itu dilahirkan oleh orangtuanya. Untuk mengenang jasa-jasanya, bulan Juni pun dinobatkan sebagai Bulan Bung Karno.

Bahkan, sebuah grup musik bernama Rodinda, mempersembahkan lagu untuk sang proklamator berjudul Bung Karno Bapak Bangsa. Lagu yang diciptakan oleh Rieke Diah Pitaloka diambil dari bait-bait puisi dibuat oleh Soekarno.

"Kebetulan saya dipercaya buat bikin lirik, Soekarno sudah mengalir di darah saya, pembuatan nya bulan Juni ini, beberapa mengambil dari puisi Bung Karno," kata Rieke, saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Panitia Bulan Bung Karno, Abidin Fikri, mengatakan bahwa karya musik adalah persembahan yang sifatnya universal. Melalui musik, diharapkan sosok Bung Karno dapat dibangkitkan kembali.

Rieke Dyah Pitaloka buat sebuah untuk sang proklamator KapanLagi.com©Rieke Dyah Pitaloka buat sebuah untuk sang proklamator KapanLagi.com©

"Diharapkan dapat membangkitkan memori kolektif masyarakat untuk menghormati jasa Bung Karno. Sehingga bisa mewujudkan cita-cita Bung Karno menata Indonesia," kata Fikri.

Selain itu, Pengarah Panitia Bulan Bung Karno, sekaligus penggagas musik untuk Bung Karno, M. Prananda Prabowo menjelaskan, lagu Bung Karno Bapak Bangsa diciptakan agar bisa mengingatkan kembali perjuangan dari Bung Karno sebagai pahlawan bangsa.

"Semangat, ide, gagasan, dan cita-cita perjuangan Bung Karno untuk Indonesia, harus tetap hidup sebagai kemerdekaan Indonesia yang sejati," katanya.

Sementara itu, ada beberapa musisi ternama juga ikut tampil membawakan lagu-lagu yang digubah dari tulisan-tulisan Bung Karno. Antara lain solois Rayen Pono, mantan personil duo Pasto yang kini mengisi posisi vokalis Rodinda Band, ada pula penyanyi pop senior, Edo Kondologit.

Sudah tahu ini?

Kilat, Sidang Cerai Rieke Dyah Pitaloka Lolos Dari Sorot Media

Tidak Bisa Damai, Rieke Dyah Pitaloka - Donny Gahral Cerai

Dua Kali Sidang, Perceraian Rieke Diah Pitaloka Diputus Verstek

(kpl/far/otx)

Hadir di Malam Budaya 'Pekan Kebangkitan Perempuan', Rieke membacakan sebuah puisi karya Wiji Thukul.
10 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -