Brazil Batalkan Konser "Live Earth" di Rio de Janeiro

Erlin  |  Kamis, 05 Juli 2007 10:17

Kapanlagi.com - Pihak berwenang Brazil membatalkan konser raksasa di Rio de Janeiro, bagian dari rangkaian kepedulian lingkungan "Live Earth", dengan alasan kepolisian setempat tak dapat menjamin keselamatan pengunjung, seorang pejabat menyatakan Rabu.

Polisi militer yang bertanggung jawab dalam keselamatan umum di Rio, mengemukakan pihaknya "tak memiliki sumberdaya yang memadai untuk menjamin keamanan pada show, karena mereka semua bertugas untuk kejuaraan atletik Pan American Games, kata penuntut umum Denise Tarin.

Seyogyanya Rio akan menjadi salah satu dari delapan kota yang menjadi tuan rumah konser akbar untuk menyambut "Live Earth", gerakan global yang bertujuan memobilisasi kekuatan untuk memerangi perubahan iklim yang membahayakan akibat polusi,

Konser itu sedianya akan berlangsung di pantai Copacabana, dengan menampilkan para musisi AS, seperti Lenny Kravits dan Macy Gray, serta bintang Brazil, Marcelo D2.

Petugas keamanan yang dikerahkan untuk mengamankan pesta olahraga itu berjumlah sekitar 18.000 orang, termasuk 6.000 polisi militer, kata Tarin.

Pasukan keamanan lainnya juga dikerahkan untuk operasi besar memberantas para pialang obat bius di kawasan kumuh Rio De Janeiro utara.

Pergelaran musik itu juga direncanakan akan digelar di New York, Tokyo, Sydney, London, Shanghai, Johannesburg dan Hamburg. (kpl/erl)

Lihat Arsip Musik

- - -