Benarkah Lagu-Lagu Ini 'Curhatan' Perjalanan Cinta Ariel NOAH?

Rabu, 16 September 2015 13:02  | 

Ariel NOAH



Ariel NOAH. © KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Oleh: Nadia Adibie

Nazril Irham. Nama ini telah sangat melekat dalam hati publik sejak kemunculannya pertama kali sebagai vokalis band Peterpan. Tak hanya dalam berkarya, pria yang dikenal luas sebagai Ariel NOAH ini banyak dipercaya oleh pengamat musik maupun entertainment memiliki aura bintang.

Aura itu pun kerap disebut-sebut sebagai penyebab mengapa Ariel menjalani hiruk-pikuk perjalanan cinta yang panjang. Selain paras dan sorot matanya, Ariel yang pengagum Kahlil Gibran ini juga punya kemampuan merangkai lirik di atas rata-rata.

Wanita dan pemikiran mendalamnya dalam meresapi hidup bisa jadi merupakan dua hal paling berpengaruh dalam perjalanan karir, --mungkin juga hidupnya. Keduanya merupakan unsur yang tak bisa dipisahkan karena saling mempengaruhi di perjalanan panjangnya sebagai seorang musisi. 

Secara tidak sadar, mungkin bagi kamu yang mengagumi sosok Ariel kerap merasakan bahwa makna dalam beberapa lirik lagu ciptaannya memang dipengaruhi oleh sederet wanita. Bukan sekedar rayuan gombal, lirik-lirik itu lebih banyak mengajak fans merenungi perjalanan cinta secara reflektif. Kadang kisah itu goyah, kadang berdiri tegak dan mungkin lebih sering kandasnya.

Hari ini, 16 September 2015, Ariel tengah berulang tahun ke 34 dan pantas mensyukuri hidupnya. Kesuksesan besarnya hari ini tentu merupakan buah dari manis dan asam perjalanan yang telah ditelan sendiri oleh sosok Ariel.

Berikut beberapa catatan perjalanan Ariel NOAH bersama sederet wanita dan pengaruh mereka (baik langsung maupun tidak) dalam sederet mahakaryanya. Selamat menikmati! (kpl/nad)

1. Yang Terdalam Untuk Mantan Pacar

Meski kini merupakan sosok bintang yang membius pesona kaum hawa, Ariel NOAH tetaplah anak muda biasa saat SMA. Beberapa kali dirinya menceritakan ada sebuah lagu yang sengaja diciptakan untuk seorang wanita pujaan hati di bangku sekolah dulu.

Ia pun mengaku sempat galau dan melampiaskan perasaannya dalam sebuah lagu berjudul 'Yang Terdalam'. Lagu ini memang sengaja diciptakan untuk mantan pacarnya. Tentu saat itu Ariel tak pernah menduga bahwa pengalaman buruk dengan 'cinta monyet' ini bisa membawanya pada titik tertinggi saat ini.

Terbukti, Yang Terdalam kini telah menjadi salah satu hits favorit dari Peterpan karena liriknya yang begitu menyayat hati. Ariel pun mengungkapkan kegundahannya karena masih berharap pada cinta yang telah meninggalkannya.

Kulepas semua yang kuinginkan
Tak akan kuulangi
Maafkan jika aku bermimpi
Dan bila kumenanti

Melepaskan rasa cinta memang tak semudah membalik telapak tangan. Namun tak hanya berhenti sampai di sini. Ariel ternyata harus mengalami perjalanan cinta yang lebih berliku lagi. Lanjut? :D

Video by: Listhya Kumala

2. 'Bintang' Yang Bersinar Terang

Semacam proses pendewasaan. Nama Peterpan semakin melambung dengan single Bintang di Surga. Dalam konser terakhirnya dengan nama Peterpan, Ariel menegaskan bahwa lagu ini memang membawanya bersama Uki, Reza, Andika dan Indra menjadi sangat dikenal publik.

Karena lagu ini pula, Ariel pun dikenal luas di dunia entertainment. Seolah doa indah yang dikabulkan, 'Bintang di Surga' pun membawa aroma kesuksesan super besar bagi Peterpan.

Terbukti. Peterpan terus memecahkan rekor penjualan album terbanyak, merajai beragam konser keliling kota hingga tayangan live di televisi. Namun siapa sangka, ketenaran ini harus mendapatkan banyak ujian hingga mereka kembali bersinar sebagai NOAH secara utuh.

Ariel sendiri mulai diterpa beragam pemberitaan tentang sederet wanita yang dekat dengannya. Mulai dari nama Luna Maya, Sarah Amalia hingga sebuah kasus yang harus membawanya mendekam di balik bui.

Video by: Musica Studio's

3. Biar Sally Mencariku...

Kabar pertama yang cukup menghebohkan adalah kemunculan Sarah Amalia. Tahun 2004, publik dibuat terkejut dengan berita bahwa dirinya tengah mengandung anak dari Ariel

Saat itu, seisi berita seputar entertainment selalu penuh dengan kabar terbaru terkait Ariel dan Sarah Amalia. Setelah badai tersebut datang bertubi-tubi, akhirnya Ariel pun menikahi Sarah pada Januari 2005.

Pernikahan ini sempat terlihat indah saat Ariel menemani Sarah ketika proses melahirkan putri pertama mereka, Allea. Namun 3 tahun kemudian, Ariel menggugat cerai Sarah dan memasrahkan hak asuh anak kepada mantan istrinya itu.

Setelah kasus ini, publik pun bertanya-tanya tentang sebuah single Ariel di album Hari Yang Cerah (2007). Lagu berjudul 'Sally Sendiri' dipercaya dan disebut-sebut sebagai "persembahan" Ariel pada Sarah. Bahkan ada juga yang asal menduga bahwa Sally merupakan singkatan dari nama Sarah Amalia.

Namun di luar kisah tersebut, lagu Sally Sendiri memang terdengar menyayat hati. Dengan alunan musik yang kental dengan nuansa British, lagu ini pun menambah daftar panjang lirik Ariel yang mendapat perhatian khusus dari publik.

Biar Sally mencariku
Biarkan dia terbang jauh

Video by: Musica Studio's

 

4. Tak Ada Yang Abadi

Jatuh dan bangun. Nama Peterpan yang begitu dikenal luas kemudian sempat tersandung karena kasus perceraian yang dialami oleh Ariel. Namun seolah tak mau berhenti bertahan, Ariel dkk lalu kembali meluncurkan album bertajuk SEBUAH NAMA SEBUAH CERITA pada tahun 2008.

Lagu Tak Ada Yang Abadi menjadi salah satu single terfavorit dan banyak diputar. Saat Ariel ditanya tentang lagu religi, ia pun mengungkapkan bahwa religiusitas ada dalam setiap proses berkarya. Termasuk lagu ini. 

Harus diakui bahwa lirik dari lagu ini sangat reflektif. Ariel seolah ingin mengungkapkan bahwa apapun yang kita miliki pada akhirnya akan hilang. Dengan munculnya lagu ini, Ariel pun kembali mendapat simpati. Hingga badai selanjutnya datang lagi; ia harus mendekam di balik bui.

Video by: Musica Studio's

5. Dara di Balik Penjara

Kisah dipenjaranya Ariel ini lagi-lagi membuat Peterpan menjadi headline di beragam pemberitaan infotainment. Pada Juni 2010, Ariel harus rela mendekam di balik bui karena kasus sebuah rekaman yang melibatkan Luna Maya dan Cut Tari.

Saat itu, hubungan cinta Luna Maya yang sempat terputus karena pernikahan Ariel dengan Sarah Amalia tengah terjalin indah. Selama proses dipenjaranya Ariel, Luna pun kerap tertangkap kamera menemani sang kekasih dengan setia.

Puisi Ariel NOAH dari balik penjara. © Istimewa

Lebih dramatis lagi, Ariel sendiri tak banyak bicara tentang kasus yang membuatnya dipenjara itu. Ia cenderung sedikit berkomentar dan justru membuat sebuah puisi untuk para fans yang kala itu merindukannya.

Selain itu, Ariel menulis lagu romantis berjudul Dara. Single ini dirilis dan disebarkan di radio-radio di segala penjuru Indonesia bulan Januari 2012 silam.

Melihat lirik yang berisi keyakinan untuk seorang kekasih dalam menghadapi masalah, fans pun lagi-lagi menduga lagu ini diciptakan untuk Luna Maya. Hingga kini, tak ada pernyataan jelas dari Ariel tentang hal tersebut.

Namun kalau kamu dengar, tentu lagu ini sangat menenangkan buat para pasangan yang tengah dirundung masalah. Siapa sangka, dukungan besar Luna untuk Ariel harus berujung pada kandasnya hubungan mereka.

Video by: Musica Studio's

6. Melejit Tinggi Setelah Jatuh

Hal yang banyak disayangkan oleh publik adalah kandasnya hubungan Ariel dan Luna Maya. Namun tentu saja itu urusan pribadi di mana tak ada siapapun yang bisa mengubahnya. Meski begitu, angin segar pun datang kembali kepada Ariel dkk.

Hadir dengan nama baru NOAH, Ariel pun seolah tak mau menyia-nyiakan kesempatan (lagi). Kerinduan fans kepada band ini ternyata sangat besar dan membuat single pertama pasca kebebasan Ariel, Separuh Aku, laku keras di pasaran.

Tahun 2012 pun menjadi momen titik balik yang sempurna. Tak ada wanita yang dikabarkan dekat dengan Ariel. Ia pun terlihat fokus membawa NOAH menjadi band papan atas yang sesungguhnya. Hal ini terbukti dengan konser 5 negara yang digelar untuk meluncurkan nama NOAH di hadapan dunia.

34 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk belajar dan membangun kesuksesan bagi seorang Ariel NOAH. Ia sendiri kini cenderung tertutup akan hubungan dengan wanita, meski kemesraannya dengan Sophia Mueller semakin terlihat jelas. Namun cerita sederhana ini menjadi bukti bahwa perjalanan naik dan turun memang sebuah keharusan untuk mencapai kedewasaan serta kesuksesan sejati.

Selamat ulang tahun untuk Ariel! Teruslah berkarya dan mewarnai dunia musik Indonesia...

Video by: Musica Studio's

(kpl/nad)