Bangkitkan Kejayaan Emo Era 2000-an, Band-Band Ini Wajib Masuk Radarmu!

Wuri Anggarini  |  Selasa, 31 Oktober 2017 00:01
Bangkitkan Kejayaan Emo Era 2000-an, Band-Band Ini Wajib Masuk Radarmu!
© Instagram/beeswaxtheband

Kapanlagi.com - Melewati masa remaja di era 2000-an bisa dibilang cukup menyenangkan, terlebih bagi kamu yang amat menggemari dunia musik. Pada tahun-tahun tersebut, karya yang dilahirkan oleh para musisi amat beragam dan sanggup menjadi hiburan berkualitas bagi para pecinta musik di seluruh dunia. Salah satu genre yang cukup naik daun saat itu adalah emo dengan ciri khas distorsi sendu dan lirik menyayat.

Yang menarik, belakangan tren musik emo naik daun lagi. Ditandai dengan munculnya beberapa band emo keren dari seluruh Indonesia yang musikalitasnya patut mendapat apresiasi. Biar nggak ketinggalan, berikut band-band emo lokal yang patut masuk radarmu!

Vague

Band ini berasal dari Jakarta dan digawangi oleh Yudhis Tira (Vokal/gitar), Jan (drum), dan Gary Hostage (bass/backing vocal). Di ranah post-hardcore dan emo, kehadiran Vague benar-benar mencuri perhatian. Usai merilis debut album bertajuk FOOTSTEPS di tahun 2014, perlahan kehadiran mereka mulai mencuri perhatian. Dilihat dari segi musik, Vague memang mengedepankan noise. Namun, hal tersebut merupakan keunikan dari grup musik yang baru saja melepas lagu terbaru berjudul Sajak Pucat Pasi.

Beeswax

Malang memang nggak pernah kehabisan talenta musik berbakat, nggak terkecuali di ranah emotive music. Yang patut disimak adalah kehadiran sebuah band bernama Beeswax. Digawangi oleh Bagas Yudhiswa (vokal/gitar), Raveizal Ario Sayoga (vokal/gitar), Putra Vibrananda (bass) dan Yanuar Ade (drum), Beeswax adalah penggerak skena emotive di kota tersebut. Sampai saat ini, mereka telah melahirkan sebuah EP FIRST STEP dan album bertajuk GROWING UP LATE.

Eleventwelfth

Nama mereka mulai mencuri perhatian ketika sukses menggaet vokalis Barasuara sekaligus solois cantik, Asteriska, dalam single Your Head as My Favorite Bookstore. Berdiri pada 2014, Eleventwelfth dimotori oleh Rona, Almas Makitsuna, Yogawerda Kessawa, dan additional bass Tirta Petir Saputra. Coba simak salah satu nomor emotive berjudul Later On dan bersiap tergila-gila akan permainan musik Eleventwelfth!

Dandy Gilang

(c) Instagram/dandygilang(c) Instagram/dandygilang

Selanjutnya, ada musisi bernama Dandy Gilang yang berasal dari Malang. Cowok bertubuh tegap ini bisa disebut jenius dalam meramu musik. Alih-alih distorsi menderu, telinga kamu bakal dimanjakan oleh petikan gitar akustik yang sendu dengan lirik penuh makna. Vokalis band Write The Future itu memang cerdas dalam mengombinasikan instrumen akustik dengan suasana emotive.

Rekah

Band kelima yang nggak boleh luput dari radarmu adalah Rekah. Grup musik yang berasal dari Jakarta ini digawangi oleh Faiz (vokal), Johan (drum), Marvin (gitar), Tomo (gitar&vokal), dan Yohan Christian (bass) dan telah terbentuk sejak 2014. EP pertama mereka bertajuk BERBAGI KAMAR dan bercerita tentang pengalaman salah satu personel, Tomo, ketika diharuskan untuk bergelut dengan gangguan jiwa. Menarik untuk disimak, bukan?

Itu tadi beberapa band emo yang patut mendapat perhatianmu. Nikmati musiknya dan petik inspirasi dari karya-karya yang berhasil mereka ciptakan. Jangan ketinggalan juga buat menunjukkan eksplorasi musik versi kamu sendiri dan submit karya kamu di GoAheadPeople.id. Taklukkan tantangannya dan raih kesempatan agar karya kamu bisa lebih dikenal oleh millennial lainnya.

Yuk, segera kunjungi GoAheadPeople.id sekarang juga!  

(kpl/wri)


Lihat Arsip Musik

- - -