Artis Dangdut Ramai-Ramai Tinggalkan KCI

Moch. Indra Kurniawan  |  Rabu, 06 Juni 2007 18:21

  • Artis Dangdut Ramai-Ramai Tinggalkan KCI
    Ilustrasi
Kapanlagi.com - Sejumlah artis dan pencipta lagu dangdut yang tergabung dalam PAMMI (Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia) menyatakan keluar dari keanggotaan Karya Cipta Indonesia (KCI).

Dimotori oleh Ketua Umum PAMMI, Rhoma Irama, para pencipta lagu dangdut di antaranya Meggy Z, A Rafiq, Mansyur S, Caca Andika, Fazal Dath, ramai-ramai mendatangi kantor Karya Cipta Indonesia (KCI) pada Rabu (6/6) siang, sekitar pukul 11.30 WIB.

"Kami para pencipta lagu dangdut kembali menegaskan bahwa kami menyatakan keluar dari KCI," ujar Rhoma Irama usai melakukan pertemuan dengan pengurus KCI.

Bersama Rhoma, juga hadir penyanyi dangdut yang memberikan dukungan seperti Cici Paramida, Iis Dahlia, Nini Carlina, dan Camelia Malik.

Pertemuan yang berlangsung tertutup selama 45 menit itu diikuti oleh Rhoma Irama, Camelia Malik, A Rafiq, dan dua pengacara mereka, sementara dari KCI hadir Ketua Umum KCI, Munif A Bahasuan, dan Ketua Dewan Pembina, Enteng Tanamal.

Rhoma mengungkapkan selama beberapa tahun terakhir ada perbedaan persepsi antara KCI dan para pencipta lagu terkait royalti lagu. Karena itu, lanjutnya, pada Desember 2005 para pencipta lagu dangdut mencabut kuasa KCI dalam memungut royalti 'hak mengumumkan' (performing right).

Pria yang dijuluki 'raja dangdut' itu mengungkapkan proses pencabutan kuasa telah dilakukan para pencipta lagu dengan menandatangani surat pernyataan penarikan kuasa hukum para pencipta lagu dangdut dan telah diserahkan langsung ke kantor KCI.

Merasa tidak puas terhadap tanggapan KCI saat itu, maka PAMMI mendatangi KCI untuk menyerahkan Surat Penegasan Penarikan Kuasa yang intinya menyatakan bahwa para pencipta lagu dangdut dalam PAMMI keluar dari KCI.

"Pada intinya kami kembali menyatakan bahwa para pencipta lagu tetap pada pendirian yakni mencabut kuasa yang diberikan pada KCI," ujar Sekjen PAMMI, A Rafiq.  (*/boo)

Lihat Arsip Musik

- - -