Anggun C Sasmi, Artis Internasional Terbaik AMI AWARD 2006

Moch. Indra Kurniawan  |  Kamis, 21 Desember 2006 06:33


  • Anggun C Sasmi, Artis Internasional Terbaik AMI AWARD 2006
    Ilustrasi
Kapanlagi.com - Anggun Cipta Sasmi dinobatkan sebagai Artis Internasional Terbaik pada Anugerah Musik Indonesia (AMI) Award 2006 di Jakarta, Rabu malam. Sejak Anggun melangkahkan kaki ke dunia internasional pada 1997, ia mampu memancangkan karirnya hingga saat ini. Namanya tidak hanya berkibar di dunia internasional tetapi juga di dalam negeri.

Pelantun tembang Tua-Tua Keladi ini mendapatkan anugerah atas dedikasinya dalam mengangkat nama musisi Indonesia di kancah internasional.

"Anugerah itu diberikan atas dedikasinya yang pantang menyerah di dunia musik dan eksplorasi estetiknya serta terus mencari celah dalam bermusik," kata Koordinator Tim Katerogisasi dalam AMI Award 2006, Akmal Nasery Basral yang juga seorang pengamat musik ini, di Jakarta, Rabu.

Sejak pindah ke luar negeri, Anggun telah merilis beberapa album di Perancis yaitu Au Nom De La Lune (Atas Nama Bulan), dengan single Neige Au Sahara (Snow in Sahara). Album tersebut mampu menarik pendengar musik di Parancis dan Eropa, termasuk penyanyi internasional Sarah McLahan yang mengundang Anggun untuk tampil dalam Festival Musik di Oregon, Amerika.

Setelah merilis album Chrysalis ia kembali meluncurkan album Luminescence dengan single-nya Etre Une Feme yang dinobatkan sebagai lagu terpopuler Perancis.

Anggun yang lahir di Jakarta 29 April 1975, memulai karir menyanyinya sejak kanak-kanak. Ayahnya Darto Singo, seorang seniman terkenal Indonesia dan ibunya Dian Herdina telah mendukung karir anaknya dalam dunia tarik suara.

Di usianya yang baru 9 tahun, Anggun mulai menciptakan lagu dengan iringan piano. Saat usianya menginjak 12 tahun, ia telah masuk dapur rekaman dengan mengusung tema rock. Album pertamanya bertajuk Dunia Aku Yang Punya diproduseri oleh Ian Antono.

Album pertamanya ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat dan Anggun kembali menggebrak dengan album-album berikutnya. (*/dar)

Lihat Arsip Musik

- - -