Andi Bayou Banyak Proyek untuk Teman

Moch. Indra Kurniawan  |  Kamis, 19 Mei 2005 08:15

Kapanlagi.com - Panggilan jiwanya sebagai musisi, pencipta lagu, penata musik dan produser mendorong Andi Bayou untuk menggarap proyek album kompilasi berjudul 'Persembahan Cinta'.

"Saya ini musisi, pencari bakat dan sudah cukup banyak menggarap musik dan lagu untuk penyanyi, baik pendatang baru maupun sudah ngetop," katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (17/5).

Berangkat dari profesinya itu, Andi mengakui di dalam dirinya tebersit pemikiran untuk membuat proyek sendiri dengan memberi kesempatan kepada teman-teman sesama artis ikut terlibat di dalamnya.

Album Persembahan Cinta dari musisi bernama lengkap Andi Haryo Setiawan itu menampilkan antara lain Lusi Rahmawati, mantan personil AB Three yang kini bersolo karir, band tetap program televisi Ceriwis, Simply Fresh, Anda Bunga, Ray, Ratya, penyanyi remaja Ketzia, Hanny Firman Ganie (putri Kapolda Metro Jaya) dan mantan vokalis kelompok Tofu, Uya Kuya.

Lagu-lagu yang diandalkannya mencetak hits adalah 'Harus Memilih', dibawakan oleh Ray dan Ratya, dan dua lagu yang dibawakan oleh Lusi Rahmawati, masing-masing berjudul Cinta Matiku dan Sekali Lagi.

Andi mengklaim bahwa proyek album kompilasinya ini sebagai sesuatu yang jarang dilakukan orang lain, dan menampilkan penyanyi-penyanyi yang punya talenta bagus namun kurang mendapat kesempatan.

"Proyek seperti ini boleh dibilang jarang sekali ada yang melakukan," katanya.

Album Persembahan Cinta pun merupakan "pilot project" label AB Records, yang didirikannya bersama dua rekan, Peter dan Karina.

Lahir di Yogyakarta pada 20 Agustus 1971, putra pasangan Bambang Irawan dan Pinandi Sri Pudyani itu mulai belajar musik pada Indra Lesmana Workshop tahun 1990-1991, empat tahun sebelum bandnya merilis album debut 'Bayou I.

Setelah merilis Bayou alam fantasi pada 2000, Andi pun memutuskan jalan sendiri dan banyak menggarap lagu maupun musik untuk sejumlah penyanyi dan band terkenal semacam Iwan Fals, Rio Febrian, Cokelat dan Sheila On 7.

Peraih S-2 Hukum dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta ini juga dikenal sebagai produser album Dream Band 2005 dan penata musik album AFI I, Menuju Puncak. (*/dar)

Lihat Arsip Musik

- - -