Album Bintang Lima Dewa 19 Dinilai Menjadi Formasi Terbaik, Setuju?

Kamis, 16 Januari 2020 20:02  | 

Dewa 19



Dewa 19 ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Setelah ditinggal Ari Lasso, Dewa 19 langsung mendapat vokalis baru, yakni Once Mekel. Namun, kehadiran Once Mekel sempat diragukan penggemar Dewa 19, Baladewa. Pasalnya, suara Ari Lasso sudah melekat di hati Baladewa, dan otomatis, kehadiran Once Mekel sebagai vokalis Dewa 19 sangat diragukan.

Bahkan, pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani pun sempat meragukan kualitas vokal Once Mekel. Dhani takut album baru Dewa 19 selanjutnya tak diterima Baladewa. Dewa 19 merilis album perdana bersama vokalis baru berjudul Bintang Lima di tahun 2000.

1. Album Bintang Lima

Setelah dirilis, album Bintang Lima Dewa 19 meledak di pasaran. Album tersebut tembus jutaan kopi. Yang pasti, hasil penjualan tersebut membuat Ahmad Dhani merasa lega, akhirnya Once Mekel bisa diterima oleh masyarakat luas. 

Padahal, Ahmad Dhani sendiri mengaku sempat bermimpi kehadiran Once Mekel sebagai vokalis Dewa 19 tidak diterima masyarakat dan aksi panggungnya akan ditinggal penonton.

"Saya bener-bener mimpi. Abis Slank manggung, Dewa manggung, yang nyanyi Once. Orang pada pulang semua, itu mimpi beneran. Ternyata mimpinya 180 derajat berbeda," kata Ahmad Dhani di FX Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2020).

2. Once Les Vokal

Karena takut tak diterima masyarakat luas, para personel Dewa 19 meminta agar Once les vokal. Namun, permintaan para personel Dewa 19 lain itu langsung ditentang Once Mekel. Bahkan, Once sempat berantem dengan Ahmad Dhani.

"Oh Iya. Bahkan sampe berantem ya. Saya, Andra, sama Tyo memaksa once buat les vokal. Once marah," kata Dhani.

Once bukanlah penyanyi baru, jauh sebelumnya dia juga pernah menjadi vokalis grup Fargat 272, bersama Pay BIP, Ronald Dr. PM, dan Andy Liani di era 90-an. Namun, setelah projek tersebut Once vakum di dunia tarik suara. Dia lebih memilih bekerja kantoran.

3. Once Vakum dan Berlatih Kembali

Masuk tahun 2000, Once menjadi anggota Dewa 19. Karena jarak tahun 90-an ke tahun 2000 Once sudah tak rutin bernyanyi, otomatis dia harus berlatih lagi terutama masalah vokal.

"Saya ada 5 setengah tahun ngga nyanyi kan. Meski saya udah kenal banyak musisi sejak 1991, saya ada masa nggak nyanyi. Kebetulan ketemu dengan Dewa waktu itu bikin album Bintang Lima saya musti latihan lagi. Ya memang nggak gampang. Karena tadi kata Dhani ini penentuan juga. Saya aja mikir gini kok. Dulu saya punya angan-angan, album solo aja sendiri," kata Once.

4. Album Bintang Lima yang Terbaik

Selain itu, album Bintang Lima, saat itu Dewa 19 beranggotakan Ahmad Dhani, Once Mekel, Tyo Nugros, dan Andra. Yang menarik, formasi album Bintang Lima dinilai ini adalah formasi terbaik Dewa 19 sepanjang masa.

"Katanya begitu. Tapi nggak enak juga ngomong gitu, ada Ari Lasso," tutup Ahmad Dhani

(kpl/far/DIM)