Alami Stroke, Rinto Harahap Dicopot dari Jabatan Ketua KCI

Moch. Indra Kurniawan  |  Senin, 09 April 2007 22:44


  • Alami Stroke, Rinto Harahap Dicopot dari Jabatan Ketua KCI
    Ilustrasi
Kapanlagi.com - Musisi gaek, Munif Bahasuan, (71) resmi menjadi Ketua Umum Yayasan Karya Cipta Indonesia menggantikan musisi Rinto Harahap yang menderita sakit stroke. Ketua Dewan Pembina KCI, Hein Enteng Tanamal, di Jakarta, Senin (9/4), mengumumkan bahwa Munif yang sebelumnya Pejabat Sementara Ketua Umum KCI, kini resmi menjadi Ketua Umum KCI.

"Kita sudah punya ketua yang baru, Pak Munif Bahasuan, menggantikan Rinto Harahap yang sakit panjang," kata Enteng.

Enteng mengatakan bahwa musisi Rinto Harahap kini sedang menderita sakit stroke.

Munif Bahasuan dikenal sebagai penyanyi gambus dan Melayu pada era 1950-an, pendiri Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI), pencipta lagu legendaris berjudul RATAPAN ANAK TIRI, dan penerima Anugerah Dangdut TPI 2002 atas lagu ciptaannya berjudul REKAYASA CINTA yang dipopulerkan Camelia Malik.

Munif menyatakan bahwa KCI merupakan yayasan dan organisasi nirlaba yang beranggotakan para pencipta lagu, bertugas untuk mengumpulkan hak royalti milik pencipta lagu atas pemakaian atau penayangan lagu-lagu ciptaannya di berbagai media dan tempat-tempat hiburan.

"Uang yang terkumpulkan, sepenuhnya diberikan kepada pencipta lagu, setelah dipotong biaya operasional KCI," katanya.

Ia mengatakan bahwa kCI bernaung di bawah organisasi internasional CISAC (The Confederation of International Societies for Authors and Composers) yang berpusat di Perancis dan beranggotakan 114 negara.

KCI memiliki anggota sebanyak sekitar 2.450 pencipta lagu dan melindungi sekitar 85 ribu lagu ciptaan musisi Indonesia, selain itu melindungi sekitar 2 juta pencipta lagu mancanegara dan sekitar 10 juta lagu asing. (*/boo)

Lihat Arsip Musik

- - -