Afgan Kembali Telurkan Album Baru Berbahasa Inggris Bertajuk 'SONDER'

Diterbitkan:

Afgan Kembali Telurkan Album Baru Berbahasa Inggris Bertajuk 'SONDER'
Afgan ©KapanLagi.com/Irfan Kafril

Kapanlagi.com - Setelah SHALLOW WATER, Afgansyah Reza kembali merilis album terbaru berjudul SONDER. Dalam album ini, salah satu lagu yakni Escape, merupakan karya duet Afgan dengan rapper asal Korea Selatan, yaitu Jessi.

SONDER sendiri adalah karya Afgan yang paling personal dan arti judul tersebut adalah sebuah perasaan atau kesadaran akan semua orang yang kita temui dalam hidup. Untuk kata Sonder sendiri, rupanya ditemukan lewat Pinterest dan kata ini diakui sangat membekas di benak pelantun lagu Panah Asmara ini.

"Kata Sonder yang mana aku temukan melalui Pinterest, sangat bergema di benakku. Setiap orang punya perspektif serta cerita hidup masing-masing, mulai dari yang simpel hingga yang kompleks," ungkap Afgan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/7).

"Masing-masing dari mereka sedang mengalami sesuatu dalam hidup mereka, dan kita harus punya rasa kasih sayang terhadap orang lain. Itu yang membuatku memilih Sonder sebagai judul album," lanjutnya.

1. Kerja Bareng Produser di Inggris

Untuk album satu ini pula Afgan terbang ke Inggris dan bekerja sama dengan beberapa songwriter dan produser ternama di sana, salah satunya adalah Maestro, produser single What Now milik Rihanna. Bahkan ia sampai menetap selama dua minggu, dan lahirlah lima lagu untuk SONDER.

Mulai dari emotional ballad seperti Shallow Water, Lonely Night, hingga Escape. Hadir pula penyanyi wanita R&B berdarah Vietnam-Amerika, thủy, di lagu Criminal.

"Aku telah berjalan sejauh ini, banyak berkembang, dan mengalami banyak hal. Dulu, aku tidak punya hak untuk menentukan apa yang aku inginkan dari musikku. Aku dikendalikan oleh pasar dan ekspektasi orang-orang. Aku tidak percaya diri untuk speak up. Namun, seiring bergantinya tahun, aku menjadi semakin berani untuk mengeksplorasi musikku dan lebih terbuka terkait diriku agar orang-orang dapat mengenalku lebih dalam," ujarnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Ingin Berani Membuka Diri

Lewat album SONDER, Afgan semakin berani membuka diri, ia juga ingin mengubah citranya sebagai nation's darling demi mempererat hubungan dengan para penggemarnya.

"Aku tidak ingin masuk ke dalam sebuah boks dan tinggal di dalam sana selamanya hanya karena nyaman. Aku ingin berkembang dan itu adalah arah yang ingin aku tuju dalam karyaku. Aku ingin lebih jujur dalam bermusik dan SONDER mewakili perasaanku terkait itu. Menyeramkan memang, keluar dari zona nyaman dan bekerja di lingkungan baru, tapi aku menginginkannya," pungkasnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending