8 Lagu Yang Populer Setelah Dibawakan di Ajang Adu Bakat

Selasa, 06 Mei 2014 12:01  | 

Fatin Shidqia Lubis



Fatin, Novita, Virzha dan Nowela @foto: KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Salah satu yang paling ditunggu dalam acara pencarian bakat tiap pekan adalah lagu apa yang bakal dibawakan oleh jagoan masing-masing. Biasanya, lagu yang dibawakan bakal memiliki pengaruh besar pada langkah kontestan selanjutnya.

Indonesia merupakan salah satu negara yang menggemari acara sejenis Indonesian Idol atau X Factor. Jadi tak heran bila lagu yang dibawakan para kontestan bakal booming setelahnya. Lagu apa saja yang dimaksud? Yuk simak halaman berikut. Jangan lupa bubuhkan komentar bila kamu setuju dengan artikel ini :) (kpl/adb)

1. Granade

Bruno Mars dengan Granade-nya memang sudah populer sejak lama di Tanah Air. Namun lagu ini kembali booming dengan nuansa yang beda begitu Fatin Shidqia membawakannya dalam audisi X Factor Indonesia.

Fatin mampu menampilkannya dengan sangat baik, dengan karakter suaranya yang khas. Itu pula yang menjadi dasar kekuatan Fatin untuk merebut tahta juara X Factor kala itu. Bahkan, beberapa fans berat Fatin mengklaim Granade versi idolanya lebih bagus ketimbang Bruno Mars. Sedikit berlebihan memang, namun setidaknya itu menunjukkan seberapa hebat karakter suara Fatin.

2. Royals

Sebelumnya Royals milik Lorde memang sudah sangat populer di mancanegara dan para fans berat musik di Indonesia. Namun nuansa lagu yang cenderung kelap dan beat yang kurang umum untuk ukuran Indonesia membuat lagu ini tak terlalu booming. Bahkan juri Indonesian Idol, Anang Hermansyah mengaku belum pernah mendengar nama Lorde, apalagi Royals.

Nowela, salah satu penghuni jajaran tiga besar Indonesian Idol 2014 membuktikan kehebatannya. Ia mampu membuat lagu ini dua kali lebih booming dibanding sebelumnya. Apakah kamu salah satu yang baru tahu Royals setelah dinyanyikan Nowela?

3. When I See You Smile

Masih ingat bagaimana Yoda sukses menggebrak panggung Indonesian Idol 2012 lewat lagu milik Bad English, When I See You Smile? Penyanyi berambut keriting itu benar-benar sukses membawakannya. Bila sebelumnya lagu ini hanya populer di telinga penggemar musik yang besar di era 90-an, Yoda bisa mengubahnya!

When I see Your Smile merupakan single yang dirilis pada tahun 1989 dan menjadi lagu wajib bagi remaja di era tersebut. Berkat Yoda, penggemar musik di Indonesia seolah digiring naik mesin waktu ke masa tersebut.

4. Pumped Up Kicks

Mirip dengan Royals, Pumped Up Kicks sebenarnya sudah populer untuk kalangan tertentu di Indonesia, terlebih Foster The People juga pernah menggelar konser di Tanah Air. Namun lagi-lagi Fatin mengubahnya, lagu ini seolah jadi sangat mainstream begitu dibawakan Fatin.

Entah seberapa besar pengaruh Fatin, yang jelas banyak fans yang ikut nimbrung berkomentar pada video klip Pumped Up Kick Foster The People di Youtube. Beberapa di antarnya mengakui baru mendengarkan pertama kali lagu ini saat dibawakan Fatin.



5. Somebody To Love

Semua pasti sepakat, tak mudah membawakan lagu Queen dengan baik. Namun Alex Rudiart, peserta X Factor Indonesia salah satu penyanyi yang sukses membuktikan dirinya mampu. Membawakan lagu Sombody To Love, Alex membuat juri terkesima.

Seperti yang sering diungkapkan Ahmad Dhani, Indonesia butuh banyak asupan lagu berkualitas untuk dikonsumsi. Rasanya Somebody To Love dari Queen yang dibawakan kembali oleh Alex mampu mewakili keinginan Dhani. Setuju?

6. Mercy

Sedikit mengejutkan ketika Fatin Shidqia memilih membawakan Mercy dari Duffy Gala X Factor Indonesia bulan Maret tahun lalu. Lagu ini tidak terlalu populer di Indonesia, lagu pula ada bagian lagu yang mengharuskan Fatin nge-rap di sini. Hebatnya, Fatin ternyata bisa melewati itu semua.

Fatin tampil centil dan imut dalam membawakan lirik demi lirik lagu ini. Gadis berjilbab ini memang selalu mampu menyanyikan lagu orang lain dengan karakternya sendiri. Alhasil, lagu rilisan tahun 2008 ini pun mendadak menjadi lagu yang kembali populer di Indonesia.

7. Hey Soul Sister

Pasti banyak yang setuju bahwa lagu Soul Sister sudah populer sejak beberapa tahun lalu. Tapi siapa sangka ternyata Ahmad Dhani baru tahu lagu ini begitu Virzha membawakannya di Indonesian Idol.

"Aku nggak tahu lagu ini. Mangkannya aku berusaha menikmati itu susah," ujar Ahmad Dhani mengomentari penampilan Virzha.

Sejak dibawakan Virzha, lagu ini seolah kembali booming. Bahkan saat itu Virzha sukses menjadi trending topic Twitter lewat lagu tersebut.

8. Try

Cukup ironis, beberapa remaja tanggung di Indonesia sempat mengira lagu Try adalah milik Novita Dewi. Tentu saja Pink bakal cemberut bila mengetahui hal itu. Tapi setidaknya ajang adu bakat seperti X Factor mampu membuat wawasan musik di Indonesia makin luas.

Novita memang tergolong sukses membawakan lagu ini. Pujian pun mengalir deras pada runner up X Factor Indonesia edisi pertama ini.

(kpl/adb)