7 Lagu Religi Terfavorit Versi Pembaca KapanLagi.com

Sabtu, 12 Juli 2014 16:01  | 

Fatin Shidqia Lubis



Fatin, Pasha, Afgan ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Setiap bulan Ramadan datang, semua umat muslim di dunia menyambutnya dengan penuh suka cita. Ramadan memang jadi bulan yang paling ditunggu karena penuh berkah.

Nah, berkah pun sangat dirasakan oleh para penyanyi dan musisi. Soalnya mereka tetap bisa berkarya sambil beribadah. Caranya? Yup, membuat lagu religi Islami yang penuh pesan cinta dan kebaikan.

Kalian pun pasti mulai bertanya-tanya, kira-kira lagu religi apa yang sangat populer. Sampai, tiap Ramadan datang, lagu ini hampir bisa di dengarkan di mana-mana.

Penasaran kan? Lewat polling KapanLagi.com, inilah lagu-lagu religi terfavorit kalian. Yuk simak langsung di sini. (kpl/trn)

1. Hidupku Di Jalanmu (Repvblik)

Repvblik mencoba peruntungannya di luar jadi sebuah band pop. Ruri dkk pun merilis sebuah lagu rilis religi berjudul Hidupku Di Jalanmu. Tak disangka lagu ini langsung cepat populer di masyarakat.

Lagu yang cukup dikenal adalah Hidupku Di Jalanmu. Repvblik menyajikan lagu religi mereka secara ringan dan pop, nyaris sama seperti lagu mereka lainnya.

Menariknya, lagu Hidupku Di Jalanmu adalah lagu yang mengingatkan kita dengan kebesaran Allah SWT. Yup, hanyalah kepada Allah hidup kita bergantung. Tak heran, lagu ini pun jadi favorit sebagian orang.

2. Assalamualaikum (Opick)

Memulai karinya sebagai penyanyi pop solo, Aunur Rofiq Lil Firdaus atau Opick justru lebih mendapatkan berkah dan hidayah ketika jadi penyanyi religi.

Setelah sukses dengan single Tombo Ati, Opick secara konsisten menelurkan lagu-lagu Islami. Liriknya lagu selalu sederhana seperti penampilan Opick yang bersahaja.

Salah satu lagu yang paling populer diputar oleh stasiun televisi menjelang Idul Fitri adalah Assalamualikum. Lagu ini seperti hendak menyalami semua orang. Namun, di situlah kunci utama lagu ini. Sebab, di dalam Islam, memberikan salam adalah sunnah dan membalas salam adalah wajib hukumnya.

Tak hanya itu bersalam saja, Assalamualaikum juga dianggap sebagai dzikir. Pasalnya, orang yang mengucapkan salam berarti mengingat Allah SWT. Tak heran, mendengarkan lagu ini membuat hari-hari kita jadi lebih positif dan dekat dengan Allah.

 

assalamu 'alaikum ya akhi.. ya ukhti.. (4x)


salam-salam hai saudaraku
smoga Allah merahmatimu
salam-salam wahai semua
smoga hidup jadi bahagia

bila hati terasa sedih
bila jiwa terasa hampa
mungkin kita sudahlah lupa
berzikir tenangkan jiwa

assalamu 'alaikum ya akhi.. ya ukhti.. (2x)

bila langkah sempit dunia
rejeki dicari alangkah susah
mungkin kita sudahlah lupa
sedekah lapangkan harta

dalam hidup semua bekerja
kadang salah bahkan berdosa
jangan-janganlah putus asa
ampunan Allah selalu terbuka

assalamu 'alaikum ya akhi.. ya ukhti.. (4x)

dalam hidup tiada sempurna
kadang khilaf kadang terlupa
jangan-janganlah putus asa
ampunan Allah selalu terbuka

 

3. Rindu Muhammadku (Hadad Alwi feat Anti dan Vita)

Siapa yang tak kenal dengan Hadad Alwi? Penyanyi ini sudah sangat terkenal karena lagu-lagu religinya, bahkan sebelum lagu religi jadi populer di kalangan musisi Indonesia.

Hadad Alwi sudah merilis 20 album religi di sepanjang kiprahnya di musik Tanah Air. Salah satu lagu yang paling laris di sepanjang sejarah lagu religi adalah album Cinta Rasul yang dirilis pada tahun 1999. Pada saat itu, duetnya dengan Sulis berhasil menjadikan lagu Yaa Thoybah jadi hits.

Pada tahun 2010, Hadad Alwi merilis lagu ceria berjudul Rindu Muhammad. Ia sudah tak lagi berduet dengan Sulis, melainkan bersama penyanyi cilik Vita dan Anti serta rapper asal Bandung Ebith Beat A.

Dengan mood yang ceria, lagunya ini  mengajak kita untuk mencintai Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya dengan ucapan saja, tetapi perbuatan dengan mengikuti perintahnya lah bukti cinta kita kepada sang Rasul.


Kau yang mengaku cinta kepada nabimu
Kau yang mengaku merindukan nabimu
Jika kau benar-benar cinta dan rindu kepada Muhammad nabimu
Buktikan
Taati perintah-Nya, tinggalkan larangan-Nya
Teladani akhlaknya
Niscaya kelak kau akan berjumpa dengan Rasullallah
Niscaya kelak kau akan berkumpul dengan Rasullallah

 

4. Insha Allah (Maher Zain feat Fadly Padi)

Setiap manusia pasti pernah berbuat kesalahan dan terjebak masalah. Perasaan frustasi, tertekan sampai berpikir tak ada jalan lain di hidup ini, membuat hidup kita semakin tak berarti. Tak dipungkiri, semua orang pasti pernah mengalami hal semacam ini.

Nah, untungnya Maher Zain memiliki lagu yang sangat mencerahkan. Lewat Insha Allah, penyanyi asal Lebanon ini seakan ingin menguatkan orang-orang yang sedang tertimpa musibah dan masalah. Putus asa bukanlah pilihan, namun mendekatkan diri adalah hal utama yang perlu dilakukan. Soalnya, hanya Yang Maha Kuasa lah yang mampu menolong kita dari segala kesusahan.

Zain merilis single ini dalam versi Bahasa Indonesia. Ia menggandeng Fadly Padi sebagai teman duetnya. Selain itu, lagu Insha Allah sendiri sangat terinspirasi dari perjuangan rakyat Palestina yang terus ditimpa musibah.

ketika kau tak sanggup melangkah
hilang arah dalam kesendirian
tiada mentari bagai malam yang kelam
tiada tempat untuk berlabuh

bertahan terus berharap
Allah selalu di sisimu

Insya Allah, Insya Allah
Insya Allah ada jalan
Insya Allah, Insya Allah
Insya Allah ada jalan

every time you commit one more mistake
you feel you can't repent and that it's way too late
you're so confused wrong decisions you have made
haunt your mind and your heart is full of shame

but don't despair and never lose hope
'cause Allah is always by your side

5. Padamu Kubersujud (Afgan)

Lewat mini album BERSIHKAN DIRIMU, Afgan memulai debutnya menyanyikan lagu religi di bulan Ramadan. Album yang dirilis pada tahun 2009 itu disambut positif oleh masyarakat.

Dalam album tersebut Afgan menjadikan lagu Padamu Ku Bersujud sebagai single. Tak salah memang, lagu ciptaan Bebi Romeo ini memang sangat menyentuh dan damai didengarkan, baik saat Ramadan atau pun bukan.

Paduan vocal Afgan yang lembut dan lirik penuh ampunan kepada Yang Maha Kuasa adalah formula spesial lagu ini. Mendengar Afgan menyanyikan lagu religi, ibunda solis berkacamata itu pun sangat bahagia.

"Beliau suka lagu saya yang Padamu Ku Bersujud. Ini permintaan orangtua, dan momennya pas," lanjutnya.

Yuk liat lirik lagu Padamu Ku Bersujud di sini.

Kau tempatku meminta Kau beriku bahagia
Jadikan aku selamanya
Hamba-Mu yang slalu bertakwa

Ampuniku Ya Allah
Yang sering melupakan-Mu
Saat Kau limpahkan karunia-Mu
Dalam sunyi aku bersujud

6. Dengan Nafasmu (Ungu)

Sebagai band pop, Ungu bisa disebut salah satu band yang sukses membuat karya religi. Secara konsisten lagu-lagu mereka selalu ditunggu dan digemari oleh semua orang.

Salah satu yang paling banyak digemari adalah single hits Dengan Nafasmu. Lagu ini memiliki musik pop yang cathy ala Ungu. Satu hal yang membedakan adalah liriknya. Lirik lagu Ungu yang dirilis pada tahun 2008 ini memiliki pesan kuat untuk bertaubat.

Saat lagu intro musik mengalun, Ungu sudah memohon untuk satu kata yang mungkin belum sempat dipikirkan, yaitu kata taubat. "Izinkan ku ucap kata taubat/ Sebelum Kau memanggilku kembali pada-Mu/ Menutup waktuku."

Meski selalu sukses menjual album religi, namun Ungu menyangkal kalau mereka hanya mencari materi saja. Mereka mengaku terdorong untuk membuat album religi karena ingin memberikan dampak positif bagi semua orang.

"Kalau gue bilang album religi itu bikin dewasa suatu band ya. Satu ibadah lah buat kita. Kalau soal rezeki dari album religi itu misteri yang di Atas," kata Enda kepada KapanLagi.com.

Simak lagi yuk lirik penuh makna dari lagu Dengan Nafasmu ini.

Dan demi nafas yang telah kau hembuskan dalam kehidupanku
Ku berjanji, ku akan menjadi yang terbaik
Menjalankan segala perintah-Mu, menjauhi segala larangan-Mu
adalah sebaris do’a ku untuk-Mu

 

7. Kekasihmu (Fatin)

Hampir pasti, apapun yang dihasilkan oleh Fatin, selalu disukai oleh banyak orang. Tak salah memang, selain popularitas, penyanyi jebolan X Factor Indonesia ini memiliki kualitas di atas rata-rata.

Fatin merilis single religi yang langsung jadi hits. Single berjudul Kekasihmu ini berhasil membuai iman seseorang. Musiknya yang mengalun syahdu serta lirik yang berisi kepasrahan jiwa membuat lagu religi ini sangat digemari.

Bahkan, untuk mendengarkan lagu ini tak perlu menunggu bulan Ramadan tiba. Terlebih, saat kita terlupa telah berjalan jauh dari jalan kebenaran, lagu ini bisa mengingatkan kita kalau di atas masih ada Yang Maha Kuasa.

Simak liriknya yang sangat menyentuh ini.

Ya Allah...Kuiklaskan air mata

Basahi seluruh jiwa dan ragaku

Sempurnakan ku dalam ibadahku

Agarku selalu jadi kekasih-Mu ya Allah...

Baca juga yang hot ini!!

Kenali Musa, Bocah Lima Tahun Yang Hafal 29 Juz Al-Quran!

Megahnya Masjid Kubus Al-Irsyad Bandung, Mimbar Tanpa Dinding!

Rahasia Dewi Perssik, Dari Guru Ngaji Sampai Penuh Sensasi

Band Cadas Indonesia Ini Mengusung Islam Dalam Liriknya

(kpl/trn)