7 Soundtrack Untuk Mengenang Robin Williams

Jum'at, 15 Agustus 2014 12:01  | 

Robin Williams



Robin Williams 1951 - 2014

Kapanlagi.com - Kepergian komedian ini untuk selama-lamanya jelas sangat membuat dunia terpukul. Ini adalah kehilangan besar di mana kita semua merasa sangat dekat dengan film-film Robin Williams, yang sangat menghibur.

Bukan hanya keluarga dan para pecinta film, namun semua orang bakal merindukan sosok Robin. Bahkan, presiden Barack Obama pun perlu mengucapkan bela sungkawa bagi aktor dan stand up comedy artist ini.

Mengenang Robin Williams berarti mengenang karyanya secara utuh. Tak hanya mengenal film-filmnya, tetapi lagu-lagu yang didedikasikan untuk tiap perannya di sana. Yup, beberapa soundtrack di film Robin Williams bisa mengantar sosok multitalenta dan jenaka ini.

Berikut KapanLagi.com telah kumpulkan beberapa soundtrack dari film-film terbaik Robin Williams. Terkadang, saat mendengarkan lagu-lagu ini, perasaan tak percaya sekaligus merinding selalu mendekat. Bagaimana dengan kalian? (kpl/trn)

1. Friend Like Me - ALLADIN

Siapa yang bisa meragukan akting Robin Williams di film animasi Disney, Alladin. Berperan jadi jin konyol dan lucu, Robin bisa membuat para penonton tertawa.

Robin memang seorang seniman sejati. Pria lulusan sekolah seni bergengsi Julliard College dengan beasiswa penuh tersebut ternyata jago mengolah vocal. Buktinya, selain jadi pengisi suara, Robin pun bisa menyanyi sama baiknya.

Lagu Friend Like Me seperti sebuah ode untuk membuat Robin agar tetap hidup. Lagu ini sendiri sangat menggambarkan karakter Robin yang jenaka. You ain't never had a friend, never had a friend,
You ain't never had a friend like me.

2. Proud of Your Boy - ALLADIN

Proud of Your Boy bisa jadi tribut untuk mengantar kepergian Robin Williams. Generasi 80-an dan 90-an tentu sangat bangga bisa jadi saksi kejayaan Robin di Hollywood.

Bahkan, Amerika Serikat lewat Barrack Obama pun merasakan kehilangan sangat sangat mendalam. Robin dengan banyak peran lucu dan konyol di filmnya telah tersimpan di memori banyak orang.

Lagu ini sebenarnya merupakan demo untuk soundtrack film Disney, Alladin. Pada tahun 2004, saat Disney merilis ulang album Alladin, track tersebut masuk sebagai bonus yang dinyanyikan oleh Clay Aiken.

Proud of your boy
I'll make you proud of your boy
Believe me, bad as I've been, Ma
You're in for a pleasant surprise

3. Under Pressure - WORLD'S GREATEST DAD

Di film WORLD'S GREATEST DAD, Robin Williams berusaha jadi ayah yang sempurna untuk anaknya yang berperilaku menyimpang. Sampai akhirnya, anak itu tewas karena obsesinya melakukan kegiatan seksual berlebihan di kamar.

Robin jelas tak ingin semua orang tahu akan kenyataan tersebut. Sebagai seorang penulis dan guru sastra ia pun membuat seolah-olah hal tersebut adalah aksi bunuh diri. Lantaran surat bunuh diri yang dibuat Robin, anaknya pun jadi populer dan keren.

Namun, di balik kegembiraannya, ia merasa kosong, depresi dan penuh tekanan menutupi kenyataan sebenarnya. Mungkin hal itu pula yang dirasakan oleh Robin di kehidupan yang ia jalani. Ia memang mengalami depresi yang tak tertahankan.

Under Pressure merupakan hits milik Queen. Lagu tersebut jadi salah satu soundtrack di film WORLD'S GREATEST DAD. Simak di sini scene memorable Robin di film itu.

4. You've Been A Friend of Me - OLD DOGS

Dinyanyikan oleh Bryan Adams, You've Been A Friend of Me jadi soundtrack untuk film OLD DOGS. Film tersebut dibintangi oleh Robin Williams dan John Travolta.

Lagu ini jelas sangat mengena untuk Robin dan film-film drama komedi miliknya, di mana film-film tersebut terasa seperti teman kita semua. Ketika sosok yang juga merintis karir sebagai comic tersebut meninggal, rasanya kita seperti kehilangan kawan yang sangat berharga.

John Travolta yang jadi lawan main Robin di film OLD DOGS pun merasakan hal yang sama. Ia sangat terpukul dengan kepergian sosok yang dinilainya sangat hebat tersebut.

"Komitmen Robin sebagai seorang seniman berhasil mengangkat perasaaan bahagia yang tidak bisa diciptakan siapapun. Dia mencintai kita semua, dan kita juga demikian," ujarnya dikutip dari media Telegraph.

You've been a friend to me, a godsend to me
I ain't too proud to say
you've been a friend to me

5. The One - WHAT DREAMS MAY COME

Seperti apa rasanya kehilangan? Seperti apa pula kehidupan setelah mati itu? Pertanyaan itu seakan jadi tema utama film WHAT DREAMS MAY COME yang diperankan oleh Robin Williams dengan sangat apik.

Dalam film tersebut, Robin kehilangan anaknya yang mengalami kecelakaan. Tak berapa lama, ia pun ditakdirkan untuk meninggal dengan cara yang sama. Saat berada di akhirat di belajar banyak hal yang belum pernah dipelajarinya.

Tak sangka, istri Robin memutuskan bunuh diri setelah hidup kesepian di dunia. Di akhirat, Robin dan istrinya terpisahkan takdir. Robin masuk surga dan istrinya harus berada di neraka. Tak ingin hal tersebut terjadi, Robin rela pergi menyelamatkan istrinya ke neraka.

Lagu The One yang jadi soundtrack sangat pas. Apalagi vocal dari Elton John bisa menggambarkan sendunya rasa kehilangan dari seseorang.

And all I ever needed was the one
Like freedom fields where wild horses run
When stars collide like you and I
No shadows block the sun
You're all I've ever needed
Baby you're the one

6. Then You Look At Me - BICENTENNIAL MAN

Setelah sukses dengan MRS. DOUBTFIRE, Robin Williams kembali bekerja sama dengan sutradara Chris Columbus di film BICENTENNIAL MAN.

Robin menginspirasi semua orang tentang kekuatan mimpi dan tekad. Film ini bercerita tentang seorang robot yang ingin jadi manusia. Alhasil robot tersebut berjuang hidup dengan organ buatan dan membatasi hidupnya dengan usia.

Sayangnya, yang dilakukan Robin Williams di akhirnya hayatnya adalah sebuah ironi. Robin meninggal dunia karena bunuh diri dan melupakan pesannya agar memanfaatkan hidup sebaik-baiknya karena terjebak depresi dan alkohol.

Vocal Celine Dion yang mengalun lembut jadi semacam katarsis tragedi yang terjadi pada Robin Williams. Then You Look At Me sungguh laguyang luar biasa.

7. Don't Be Afraid You Already Dead - WORLD'S GREATEST DAD

WORLD'S GREATEST DAD, kembali jadi gambaran betapa depresinya Robin Williams. Lewat lagu Don't Be Afraid You Already Dead, kita bisa merasakan kesepian di antara senyum khas Robin, baik di depan kamera maupun realita.

Lagu Don't Be Afraid You Already Dead mengalun dalam scece WORLD'S GREATEST DAD, yang membuatnya jadi powerful. Lagu sendu, depresif namun indah ini seakan menampilkan sisi lain dari Robin Williams itu sendiri.

Akrom/Family menyanyikan lagu soundtrack ini dengan lirik hanya terdiri dari empat baris. Sederhana namun sangat menghantui.

Don't be afraid, it's only love
Love is simple
Don't be afraid, you're already dead
Love is simple

(kpl/trn)