7 Konser Paling Memorable di MEIS, Kini Tinggal Kenangan

Jum'at, 18 Juli 2014 08:01  | 

Taylor Swift



Taylor Swift ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Mata Elang International Stadium adalah tempat yang bersejarah. Pasalnya, concert hall yang terletak di ujung utara Jakarta, tepatnya di kawasan Ancol, tersebut sudah jadi tempat berlangsungnya banyak konser berkualitas.

Kisruh soal perizinan dan saling 'serang' antar pemilik modal berbuntut penutupan MEIS. Padahal, MEIS adalah salah satu fasilitas publik yang sangat penting. Terutama di Indonesia, gedung konser yang memenuhi standar internasional masih bisa dihitung dengan jari.

Banyak yang sedih melihat penutupan MEIS. Pernah membayangkan bagaimana jadinya gedung konser yang megah terbengkalai? Pasalnya, kontrak PT MEIS yang selama ini menyewakan gedung itu berdurasi 25 tahun.

Namun, semoga memori kalian tidak ikut terbengkalai tentang konser-konser yang pernah digelar di MEIS. Berikut KapanLagi.com merangkum tujuh konser paling memorable yang pernah menggetarkan MEIS. (kpl/trn)

1. Dream Theater

Penantian panjang para penggila musik metal akhirnya terlampiaskan pada 21 April 2012. Pasalnya, setelah 25 tahun Dream Theater merilis album pertama mereka, akhirnya James LaBrie cs memanaskan kuping fans fanatiknya.

Dream Theater menyanyikan lagu andalan mereka saat singgah di Indonesia, seperti Bridges in The Sky dan 6.00. John Peter Petrucci, sang gitaris, membakar massa penggemar metal dengan aksi bergitarnya.

Band Metal hentak MEIS ©KapanLagi.com

Para punggawa Dream Theater pun merasa puas dengan antusias para penggemarnya di Indonesia. Kabarnya, konser di Indonesia masuk dalam DVD DT World Tour.

Setelah bergonta-ganti personel beberapa kali, Dream Theater akhirnya mantap dengan formasi terakhir James LaBrie (vokal), John Petrucci (gitar), Jordan Rudess (keyboard), John Myung (bass), dan Mike Mangini (drum) – band yang aktif sejak 1985 ini akan terus memanjakan telingamu dengan karya mereka.

2. Jennifer Lopez

Pada tahun 2012, penyanyi keturunan Puerto Rico, Jennifer Lopez menggoyang Mata Elang International Stadium. Penyanyi Jenny From The Block itu menghadiahi para fans lewat konser bertajuk Dance Again World Tour.

Antusias fans dirasakan cukup tinggi dengan kedatangan J-Lo. Alhasil, penyanyi seksi itu tak menyiakan kesempatan tersebut. J-Lo  menunjukkan penampilan terbaiknya di Jakarta.

Hebohnya J-Lo ©KapanLagi.com

Never Gonna Wake Up, Old Hollywood Glamour, Get Right dan Love Don't Cost a Thing merupakan lagu-lagu pembuka konser yang paling dinanti ini. Baru kemudian J-Lo menyapa penggemarnya, "I can't touch you but I see you! I see you!" serunya

Konser ditutup dengan encore dari Dance Again. Nyaris, MEIS dibuat roboh oleh J-Lo karena semua orang bergoyang, melompat dan bernyanyi sekencang mungkin mengikuti irama. Ini adalah satu konser yang fenomenal.

3. NOAH

Boleh dibilang, ini merupakan konser tunggal dari band Indonesia terbaik. Bertajuk The Greatest Session of The History, Ariel cs menandai lahirnya band besar bernama NOAH.

Konser ini berlangsung pada tahun 2012, tepatnya tanggal 2 November silam. Digelar di Mata Elang International Stadium, tiket konser NOAH dibandrol sampai harga 1 juta.

NOAH bikin sejarah ©KapanLagi.com

Meski harganya terbilang mahal untuk sebuah konser Indonesia, namun buktinya fans NOAH tetap loyal. Tiket konser pun ludes beberapa hari sebelum konser dihelat. Hal itu sekaligus mematahkan spekulasi kalau konser NOAH bakal sepi.

Di atas panggung, NOAH tampil maksimal dikomandoi oleh Ariel. Lagu-lagu lawas dari Peterpan dan musik ala NOAH disajikan secara spektakuler serta menghibur kepada fans. Tak salah, konser NOAH ini terhitung memorable bagi pecinta musik Indonesia.

4. Sting

Usia Sting saat konser di Indonesia pada tahun 2012 lalu adalah 61 tahun. Warna rambut mantan personel The Police itu sudah memudar. Tapi jangan pernah meragukan musikalitas Sting saat menguasai Mata Elang International Stadium, percayalah.

Sting Live in Jakarta ©KapanLagi.com

Sting menyanyikan lagu If I Ever Lose My Faith In You. Lantas saja, lagu pembuka tersebut membuat banyak fans terharu. Bukan karena lagunya yang puitis tetapi karena rasa syukur masih bisa menonton musisi terbaik di dunia.

Barisan lagu Sting dikumandangkan dengan sangat elegan lewat musik New Age percampuran reggae, klasik, dan jazz. Fans langsung bersorak ketika Sting menyanyikan Englishman in New York dan Message in The Bottle. Total ada 20 lagu yang dibawakan Sting di konsernya pada malam itu.

5. Girls Generation

Tahun 2013, Girls Generation sukses menggelar konser pertama mereka di Indonesia. Bintang K-pop ini tampil luar biasa di depan para SONE (fans Girls Generation) di Mata Elang International Stadium dalam konser mereka Girls & Peace.

MEIS diperkirakan tanpa celah kosong. Pasalnya, konser Girls Generation saat itu dipadati oleh 12 ribu penonton. Yoona Girls Generation dkk tampil menggoda lewat kostum pink yang mereka pamerkan di atas panggung.

Girls Generation di Jakarta ©KapanLagi.com

Sembilan bidadari SM ini menyanyikan sekitar 25 lagu. Di antaranya mungkin sudah tidak asing lagi di kuping kita, seperti Gee, Genie, Hoot, Oh!, The Boys, Run Devil Run dan I Got a Boy. Tidak ketinggalan, mereka juga menyanyikan lagu Jepang seperti Flower Power dan Papparazi.

Menariknya, saat sebelum Girls Generation tampil, para fans diajak untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tanpa aba-aba lebih lanjut, para fans langsung berdiri dan menyanyikan lagu nasional Indonesia tersebut.

6. Bruno Mars

"Welcome To The Moonshine," ujar Bruno Mars di balik panggung diiringi intro. Lagu ini adalah pembuka meriahnya konser Bruno Mars di Mata Elang International Stadium pada bulan Maret lalu.

MEIS mendadak jadi lautan manusia pada saat itu. Ribuan orang penuh semangat menyaksikan penampilan pria asal Hawai tersebut. Diperkirakan, penonton konser saat itu lebih dari 10 ribu orang.

Bruno Mars live in Jakarta ©KapanLagi.com

Ini adalah konser kedua dari penyanyi yang terkenal lewat hits Just The Way You Are tersebut. Lewat musikalitas dan showmanship yang tak perlu diragukan lagi, Bruno memesona semua penonton yang hadir.

Lagu demi lagu dinyanyikan oleh Bruno dan bandnya yang atraktif, lagu Grenade, Lazy Song, Talking To The Moon, Marrie You sampai Count On Me sukses dibawakan oleh pria bernama lengkap Peter Gene Hernandez tersebut. Pantas, konser Bruno satu ini benar-benar klimaks.

7. Taylor Swift

Tanggal 4 Juni 2014, Taylor Swift untuk pertama kalinya mengunjungi Indonesia. Lewat RED tour live in Jakarta, Taylor sukses membuat Jakarta bergemuruh selama dua jam penuh.

Tay tidak menyangka kalau Swifties Indonesia itu sangat banyak. Alhasil, saat mereka meneriakkan nama Taylor Swift berulang-ulang sampai memekakkan gendang telinga, penyanyi I Knew You're Trouble itu pun kaget.

Taylor Swift di Jakarta ©KapanLagi.com

Taylor menyebut konser di Indonesia adalah yang paling heboh. "Aku bisa mendengar serunya crowd dari dressing room," ujar mantan kekasih Harry Styles itu di Twitter.

Penampilan Taylor Swift membuat puas para penggemarnya yang datang dari berbagai kota di Indonesia. Saat tampil di Indonesia, Taylor mengenakan legging hitam untuk menghormati etika kesopanan di sini. Hal itu menunjukkan kalau Taylor memang seorang sweetheart, bukan popstar yang terus mencari sensasi lewat kostum seksi dan porno.

Kalau menurut kamu, mana nih konser di MEIS yang paling memorable?

(kpl/trn)