6 Video Klip Termahal Era 80-an Hingga Millenium

Minggu, 26 Januari 2014 10:01  | 

Michael Jackson



Ilustrasi

Kapanlagi.com - Siapa bilang hanya film produk visual yang berbiaya mahal? Sebuah video klip musik ternyata bisa saja mengalahkan biaya produksi film.

Klip dengan biaya produksi mahal tidak selalu yang dirilis baru-baru ini. Beberapa di antaranya justru sudah rilis belasan tahun lalu. Dalam ulasan ini, kami sengaja memilih klip yang dirilis pada tahun 80 dan 90an. Seperti apa? Simak ulasannya berikut ini. (kpl/adb)

1. Victory

Victory adalah lagu hasil kolaborasi antara Puff Daddy, Notorious B.I.G. dan Busta Rhymes yang dirilis pada tahun 1998 silam. Meski sudah cukup lama, klip ini ternyata menghabiskan biaya besar untuk produksi.

Dilansir dari Situs Musicbump, klip berdurasi hampir enam menit ini telah menghabiskan dana 2,7 juta dollar Amerika atau sekitar 32,7 miliar rupiah.

Salah satu pos biaya terbesar adalah kontra dua bintang klip ini, yakni Dennis Hopper dan Danny DeVito. Di luar itu, klip ini memang menyajikan banyak ledakan layaknya film action.

Sayangnya, meski tergolong berbiaya sangat besar untuk eranya, klip dan lagu ini bisa dibilang tidak sesukses yang diharapkan.

2. Estranged

Bagi beberapa penggemar Guns N Roses, bisa jadi Estranged adalah video klip terbaik yang mereka lihat. Klip berdurasi hampir 10 menit ini memang dikemas layaknya sebuah film. Saking panjangnya durasi, klip ini sering dipotong saat ditayangkan di televisi.

Dirilis pada Desember 1993, klip Estranged kabarnya menghabiskan biaya yang sangat besar, 48,5 miliar rupiah. Angka yang sangat fantastis dan pantas untuk menghasilkan klip sekelas ini.

3. Black Or White

Sangat pantas bila klip Black Or White masuk dalam jajaran ini. Klip single milik Michael Jakcson memang sangat padat, kreatif dan berkualitas.

Klip ini rilis pada tahun 1991 dan dibintangi aktor cilik yang sangat populer saat itu, Macaulay Culkin. Menghabiskan hampir 50 miliar, klip ini bisa jadi adalah klip terbaik yang pernah dirilis Michael.

4. Express Yourself

Madonna punya banyak cara untuk membuat namanya terus berkibar dan dikenang. Selain kerap merilis single besar, ia juga jago mengemas konsep video klip.

Salah satu klip Madonna terbaik serta termahal adalah Express Yourself yang ia luncurkan pada 1989. Tak tanggung-tanggung, Madonna menghabiskan 60 miliar rupiah untuk klip berdurasi lima menit ini.

5. Die Another Day

Die Another Day adalah single Madonna yang juga merupakan soundtrack film James Bond berjudul sama. Bak filmnya, klip ini juga menggunakan setting yang sama, termasuk dengan beberapa efek lain.

Single ini dirilis Madonna para Oktober 2002 silam. Total biaya produksi dikabarkan mencapai 6 juta dollar atau sekitar 73 miliar rupiah.

6. Scream

Jika Michael Jackson saja mampu merilis klip dengan biaya besar, lalu apa jadinya bila ia berkolaborasi dengan saudarinya, Janet Jackson? Jawabannya, luar biasa!

Rilis tahun 1995, klip ini memilih konsep futurisitik. Banyak efek visual yang biasa terlihat di film dimunculkan di klip ini.

Dengan durasi hampir lima menit, klip ini menghabiskan biaya hingga 7 juta dolar atau kurang lebih 84 miliar rupiah. Sangat besar untuk klip yang diluncurkan di era 90-an.

(kpl/adb)