6 Sosok Penting Dibalik Sukses 'Coke Bottle' Agnez Mo

Senin, 19 Mei 2014 16:01  | 

Agnes Monica



Agnez Mo/KapanLagi®

Kapanlagi.com - Agnes Monica memutuskan untuk go Internasional dengan merilis single debut, Coke Bottle. Ingin menciptakan sebuah ledakan di awal karirnya, Agnes tak mau main-main dalam pembuatan Coke Bottle.

Yap, beberapa nama musisi, produser, sutradara, hingga desainer beken di dunia ia rekrut untuk menciptakan warna-warna indah di lagu berdurasi tiga menitnya itu. Sejak dirilis pada September 2013 silam, Coke Bottle berhasil menjaring berbagai macam komentar dari masyarakat, baik tanah air maupun dunia.

Walau sempat dianggap kontroversial oleh beberapa pecinta musik di Indonesia, namun harus diakui jika di Amerika sendiri single ini bisa dibilang sukses. Bagaimana tidak? Dalam beberapa waktu setelah dirilis saja, Coke Bottle sudah jadi top request di radio-radio setempat Amerika dan masuk jajaran Hot Songs di iTunes. Klipnya sendiri sampai saat ini telah menginjak angka 4,5 juta view.

Lalu, siapa saja sih otak di balik booming-nya Coke Bottle ini? Ikuti terus artikel ini dan temukan jawabannya! (kpl/gtr)

1. Timbaland

Nama yang pertama adalah Timbaland, seorang rapper dan juga produser musik asal Amerika. Pria bertubuh gemuk ini harus diakui memegang peranan penting di balik maupun di depan layar Coke Bottle Agnez Mo. Kenapa?

Timbo (panggilan Timbaland) adalah sosok yang jadi produser musik dari single fenomenal ini. Ia yang bertanggung jawab atas aransemen musik keseluruhan track tersebut.

Bukan hanya itu, Timbo juga ikutan menyumbang suara rap ciamiknya di beberapa bagian lagu. Pada klipnya, ia juga tak mau ketinggalan untuk ikutan eksis di depan kamera lho!

Mungkin kalian belum tahu, tapi pria berusia 42 tahun ini sebelumnya sudah pernah jadi produser atau berkolaborasi dengan artis-artis papan atas macam Aaliyah, Jay Z, Nelly Furtado, dan masih banyak lainnya.


Video by: TimbalandVEVO

2. T.I.

Clifford Joseph Harris atau lebih dikenal dengan nama panggungnya, T.I. adalah sosok penting kedua dari Coke Bottle. Dia ini merupakan artis multi-talenta lho, mulai dari rapper, produser musik, penulis lagu, dan aktor.

Dengan sederet kemampuan seperti itu, T.I. juga berperan banyak pada Coke Bottle. Berbeda dengan Timbaland, pria berusia 33 tahun ini tidak memproduseri, melainkan turut menulis lagu dan liriknya.

Tak cuma itu, ia juga ikutan ngerap di tengah-tengah lagu dan klipnya. Tentu saja, andilnya harus diberi apresiasi karena berkat jasanya lagu ini bisa terangkat.

Buat kamu yang belum tahu, sejauh ini T.I. sudah merilis delapan album solo. Yang hebat lagi, tiga piala Grammy Awards kini terpampang di dalam rumahnya.


Video by: T.I.

3. Wizz Dumb

Wizz Dumb adalah salah satu mastermind utama single Coke Bottle. Dia merupakan produser utama dalam pengaturan komposisi instrumen lagu milik Agnez Mo itu, dibantu oleh Timbaland.

Namanya memang masih belum terlalu dikenal, tapi berkat bimbingan Timbo, dia mulai mendapat kepopuleran secara perlahan tapi pasti. Buktinya, ia sudah dipercaya untuk menggarap lagu-lagu dari Missy Elliot, Lil Wayne, Diddy, hingga Jamie Foxx.

Ia mengawali karir sebagai drummer gereja saat masih kecil. Setelahnya ia mulai bermain band dengan teman-temannya di jaman SMA, sebelum bertemu dengan Timbo dan 'berguru' padanya.

Yap, Timbo yang sempat dinobatkan sebagai salah satu produser musik terbaik di dunia beberapa waktu lalu, melihat bakat terpendam di dalam diri Wizz. Ia lalu mengajarinya banyak hal, supaya bakat yang dimiliki Wizz tidak sia-sia begitu saja. Hasilnya? Coke Bottle!


Video by: BlueNotesSeries

4. Collin Tilley

Nah kalau nama-nama sebelumnya berperan untuk komposisi lagu dari Coke Bottle, nama berikutnya bertanggung jawab penuh untuk klipnya. Nama pria satu ini adalah Collin Tilley, seorang sutradara muda yang penuh bakat.

Walaupun masih berusia 25 tahun, Collin sudah pernah dipercaya menggarap klip-klip musisi kelas A lho. Justin Timberlake, Justin Bieber, Enrique Inglesias, Nicki Minaj, dan Chris Brown adalah beberapa nama musisi yang pernah dibuat 'puas' oleh kejeniusannya dalam mengatur visual video klip.

Salah satu poin menjual dari Coke Bottle sendiri memang berpusat pada klip-nya yang jempolan. Dan tentu saja, apresiasi harus diberikan pada Collin.

Ia sudah beberapa kali dinobatkan sebagai 'Best Producer' pada ajang-ajang besar seperti MTV Video Music Awards. Nah, coba kalian lihat hasil polesannya pada klip di bawah deh, ciamik nggak?


Video by: Jason Derulo

5. Anne Avantie

Lagi, salah satu daya tarik dari klip Coke Bottle adalah kemunculan busana tradisional Indonesia, batik, yang dikenakan Agnes. Hal ini tentu jadi kebanggaan sendiri untuk warga Indonesia, karena penyanyi berusia 27 tahun ini tak lupa tempat asalnya walaupun tengah menapaki jalur Internasional.

Nah, seperti yang ditulis sebelumnya, karena tak mau main-main, Agnes sampai menghubungi seorang desainer batik kenamaan asal Indonesia, Anne Avantie. Ya, batik cantik yang dikenakan Agnes adalah hasil karya Anne ini.

Agnez Mo mengenakan batik hasil karya Anne Avantie/Youtube©

Buat kamu yang belum tahu, Anne adalah wanita berusia 49 tahun kelahiran Semarang. Ia merupakan desainer batik nomor satu di Indonesia. Namanya juga sudah melanglang buana ke berbagai macam negara di luar negeri.

Gimana kalian suka design batik Anne yang dikenakan Agnes pada klip Coke Bottle?

6. Dan Yang Paling Utama....

Sosok utama dan paling penting dari Coke Bottle tentu saja adalah Agnes sendiri. Ya, ia bukan cuma 'numpang' menyanyi untuk lagu buatan sosok-sosok jempolan sebelumnya lho.

Agnes turut berperan pada penulisan lagu maupun lirik Coke Bottle bersama T.I. dan beberapa nama lain seperti Brandon Deener, Jocelyn Donald, James "Jim Beanz" Washington, dan Rommel Cummings. Ia juga turut menyumbang ide untuk koreografi gerakan dance-nya.

Agnez Mo turut sumbang ide untuk koreografi 'Coke Bottle'/Youtube©

Selain fakta di atas, tentu saja ada suara dari Agnes yang merupakan faktor terpenting untuk jadi daya tarik utama single ini. Gadis kelahiran Jakarta ini berhasil membuat dunia cukup geger berkat lagu ini, dan itu sudah jadi bukti yang kuat akan kemampuannya yang jempolan.

Demi mendongkrak penjualan dan kepopuleran Coke Bottle Agnes tak bersantai diri. Ia sudah terhitung melakukan tur keliling Amerika untuk promosi di radio-radio setempat di tiap kota sejak sebulan lalu.

Setelah baca artikel ini kalian pasti 'haus' dengan klipnya kan? Tak usah khawatir, kita sudah siapkan klipnya di sini buat kamu!


Video by: AGNEZMOofficialVEVO

Kegiatan Agnes yang sangat padat jelas membutuhkan banyak energi. Nah, untuk masalah stamina, tampaknya tak seorang pun meragukannya. Gadis kelahiran Jakarta ini memang paling rajin menjaga tubuhnya.

(kpl/gtr)