6 Duet Beda Generasi Ini Paling Sensasional di Indonesia

Kamis, 21 Agustus 2014 09:01  | 

Agnes Monica



Syahrini-Anang, Agnes Monica-Ahmad Dhani ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Dalam musik, segala perbedaan bukan suatu halangan. Setiap perbedaan justru jadi harmoni yang menghiasi musik jadi lebih menarik lagi.

Termasuk perbedaan usia dan generasi. Banyak penyanyi memilih melakukan duet lintas generasi dengan berbagai alasan. Menggandeng penyanyi yang lebih berpengalaman dan senior bisa mendongkrak popularitas para penyanyi pendatang baru.

Di industri musik Indonesia sendiri, beberapa penyanyi berduet lintas generasi di awal karirnya. Tak hanya menuai prestasi dari segi penjualan album, duet itu juga selalu sensasional.

Nah, KapanLagi.com® berhasil mengumpulkan beberapa duet lintas generasi yang pernah menghebohkan jagat musik Indonesia, siapa mereka? Yuk simak di sini. (kpl/trn)

1. Gita Gutawa - Ada Band

Saat itu, usia Gita Gutawa masih menginjak 11 tahun. Namun bakat dan nama besar sang ayah membuat Ada Band tak berpikir dua kali untuk meminta Gita berduet.

Lagu Yang Terbaik Bagimu pun berhasil dibawakan oleh Ada Band dan Gita Gutawa. Lewat album duet SURGA CINTA pula, nama Gita mulai dikenal masyarakat. Sementara Ada Band semakin melambungkan namanya sebagai band pop papan atas. Single ini berhasil mencetak platinum dengan terjual lebih dari 800 ribu keping.

Ada Band ©KapanLagi.com

Sayangnya, duet ini tidak berlanjut di lagu Gita ataupun album Ada Band lainnya. Padahal, lagu mereka begitu inspiratif dan digemari banyak orang. Gita sendiri konsisten merilis album solo setelahnya.

2. Sherina - Westlife

Dikenal sebagai bintang cilik, Sherina Munaf punya segudang prestasi. Ia adalah penyanyi yang tidak hanya berbakat tetapi juga cerdas dan aktif. Tak ayal, namanya sering didengungkan di dunia internasional.

Yang mengejutkan, Sherina berhasil membuat Westlife kepincut dan penasaran menjajal vokalnya. Bukan main-main, Westlife pun bersedia berduet dengan penyanyi yang usianya pada saat itu baru 14 tahun. Mengesankannya lagi, ketika itu Westlife tengah di atas angin.

Westlife ©KapanLagi.com

Lagu I Have A Dream berhasil dinyanyikan oleh Westlife dan Sherina secara apik pada tahun 2001. Walaupun banyak perbedaan di antara mereka, seperti bahasa, budaya, dan usia, namun itulah kekuatan duet ini.

Selain dengan Westlife, Sherina juga sempat berduet dengan musisi berbeda generasi lainnya. Yakni, saat merilis single Sendiri, ia berduet dengan pentolan Slank, Abdee Negara.

3. Raffi Ahmad - Yuni Shara

Raffi Ahmad dan Yuni Shara adalah pasangan kekasih yang begitu sensasional beberapa waktu lalu, sebelum akhirnya mereka berpisah. Usia Raffi dan Yuni memang terpaut 15 tahun, namun itulah keistimewaan pasangan ini.

Selain berpacaran, mereka juga sempat berduet untuk lagu 50 Tahun Lagi. Lagu itu seperti soundtrack dari hubungan cinta Raffi dan Yuni. Seolah-olah, cinta mereka bakal langgeng walaupun berbeda usia.

Raffi dan Yuni, pasangan paling sensasional ©KapanLagi.com

Tak hanya lagu tersebut, mereka pun lanjut menyanyikan Johan (Jodoh di Tangan Tuhan) yang sebenarnya lagu duet antara Raffi dan Claudya Chyntiya Bella. Baru setelah merilis 50 Tahun Lagi, mereka pun kembali mengeluarkan single Cinta Ini.

Mungkin karena sepasang kekasih yang sedang mencinta, duet mereka pada saat itu tak hanya serasi tetapi juga penuh kemesraan. Sayangnya, duet itu seperti juga hubungan cinta mereka, akhirnya kandas pula.

4. Peterpan - Chrisye

Dalam album SENYAWA yang dirilis pada tahun 2004, Chrisye mengajak beberapa musisi untuk berkolaborasi. Mulai dari Ahmad Dhani, Project Pop, Tohpati hingga Peterpan. Duet bareng Peterpan lebih menyita perhatian publik. Karena kharisma Chrisye yang bersanding dengan pesona Ariel adalah sesuatu yang sangat istimewa.

Lagu Menunggumu pun sukses menghipnotis para pecinta musik Indonesia. Dua karakter vocal yang berbeda dan lintas generasi semakin membuat semua orang jatuh cinta. Inilah warisan terakhir Chrisye untuk musik Indonesia.

Chrisye ©KapanLagi.com®

Di sisi lain, Peterpan pada saat itu sedang berada di puncak kesuksesan. Setelah sebelumnya jadi sorotan dengan album BINTANG DI SURGA. Album tersebut terjual 2 juta kopi. Lagu Ada Apa Denganmu, Mungkin Nanti, Kukatakan Dengan Indah dan Bintang Di Surga menjadi pendobrak industri musik Indonesia yang tengah lesu pada waktu itu.

 

5. Agnes Monica - Ahmad Dhani

Agnes Monica mengaku sudah mengenal Ahmad Dhani sejak usia 9 tahun. Mereka sudah berada di studio untuk bekerjasama dan berkarya bersama.

Baru, pada saat Agnes menginjak usia 17, ia kembali mengajak Ahmad Dhani untuk proyek album AND THE STORY GOES. Agnes dan pentolan Dewa 19 ini berkolaborasi dalam single berjudul Cinta Mati. Ini adalah pembuktian Agnes kepada publik, kalau dirinya bukan penyanyi cilik lagi.

Ahmad Dhani - Agnes Monica ©KapanLagi.com®

"Untuk album baruku ini, aku memang ingin segala sesuatunya dipersiapkan dengan matang. Dari pemilihan lagu, musikus, sampai konsep video klip, aku ingin yang benar-benar oke," kata Agnes pada saat itu.

Lewat single Cinta Mati, Agnes merasakan sukses besar sebagai penyanyi. Duet apik mereka diganjar satu penghargaan di AMI 2004. Sementara albumnya sendiri meraih double platinum.

6. Anang - Syahrini

Duet ini paling sensasional di mata publik. Selepas bercerai dengan Krisdayanti, Anang lalu menggaet penyanyi pendatang baru, Syahrini. Tentu saja, kedekatan mereka pun jadi konsumsi media dan secara langsung melambungkan nama Syahrini.

Lagu duet Jangan Memilih Aku mencetak sukses besar. Dirilis pada tahun 2010, Anang dan Syahrini berhasil menyita perhatian. Pasalnya, ini adalah album duet kedua Anang setelah sebelumnya secara sukses berduet dengan mantan istrinya pada era 90-an, Krisdayanti.

Syahrini dan Anang ©KapanLagi.com

Namun, entah apa yang terjadi. Duet mereka pun usai begitu saja. Anang dan Syahrini tiba-tiba 'putus'. Hubungan profesional dan personal mereka mulai merenggang. Kabarnya, ini semua karena Syahrini yang menginginkan bersolo karir.

Syahrini secara kontroversial merilis lagu Kau Yang Memilih Aku, yang secara tidak langsung menyalahkan Anang karena telah mendepaknya. Sampai saat ini, masih belum jelas kenapa duet mesra beda generasi ini bisa kandas.

(kpl/trn)