5 Fakta Menarik Seputar SBY dan Musik, Kamu Sudah Tahu?

Rabu, 09 September 2015 06:31  | 

Susilo Bambang Yudhoyono



Susilo Bambang Yudhoyono © KapanLagi.com®/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Selain piawai dalam mengatur negara, SBY juga merupakan sosok yang memiliki jiwa seni tinggi. Hal tersebut dibuktikan dari beberapa karya yang pernah dibuatnya.

Beberapa album dan banyak lagu sukses membuat SBY dianugerahi penghargaan dari MURI. Hal tersebut pastilah menjadi sebuah prestasi yang membanggakan bagi perjalanan SBY di luar dunia politik.

Well, inilah lima fakta menarik tentang SBY dan musik yang pastinya belum kamu tahu. Ada apa saja sih? Langsung aja intip di sini yuk KLovers.

Sudah Baca Yang Ini?

Kunjungi Amerika, SBY Sempatkan Selfie di Jembatan San Fransisco

Tak Datang ke Pernikahan Gibran-Selvi, SBY Ternyata di Amerika

Tak Hadiri Akad, SBY Ucapkan Selamat ke Gibran-Selvi

Difitnah Sudirman Said Soal Petral, SBY Curhat di Twitter

Inilah Balasan Dari Insan Musik Untuk SBY, Seperti Apa?

(kpl/abl)

1. Mahir Buat Lagu

Selain dikenal dengan kepiawaiannya dalam mengatur negara, SBY ternyata juga adalah sosok yang memiliki jiwa seni tinggi. Hal tersebut dibuktikan melalui banyak lagu yang pernah ia buat.

Lagu-lagu itu bahkan dinyanyikan oleh para penyanyi kondang Indonesia. Sebut saja lagu Hening yang dinyanyikan Widi Mulia dan Mengarungi Keberkahan Tuhan yang dinyanyikan oleh Ebiet G.Ade.

Lagu-lagu buatan mantan Presiden Indonesia ini umumnya bertemakan perdamaian dan kasih sayang. Sudah pernah mendengarkan lagu milik Pak SBY belum?

2. Sudah Rilis Banyak Album

Sudah bukan hal baru lagi bila SBY merilis sebuah album musik baru. Selama menjabat dua periode, pria kelahiran Pacitan ini sudah merilis lima album istimewa.

Album pertamanya bertajuk RINDUKU PADAMU yang dirilis tahun 2007 silam. Menyusul EVOLUSI yang diluncurkan pada tahun 2009 silam.

Belum cukup sampai di situ, album KU YAKIN SAMPAI DI SANA juga dirilisnya tahun 2010 lalu. Karya terakhir yang dirilisnya adalah album HARMONI ALAM CINTA DAN KEDAMAIAN di tahun 2011 dan album KUMPULAN LAGU-LAGU TERBAIK KARYA SBY.

3. Raih Rekor Muri

Jangan salah, kemampuan SBY dalam dunia musik tak cuma mengandalkan nama besar saja. Hal itu bisa dibuktikan dari rekor MURI yang pernah didapatkannya beberapa waktu yang lalu.

Suami ibu Ani Yudhoyono ini pantas menerima penghargaan MURI karena keterlibatan SBY sebagai pencipta lagu terbanyak di Indonesia. Ada sekitar 40 lagu dan 5 album yang telah ia buat sendiri hingga saat ini.

Hal itu pastinya cukup membuktikan bila SBY adalah sosok yang produktif dalam menghasilkan karya-karya baru. Wah, makin keren aja nih mantan pemimpin negara kita.

4. Dinyanyikan Musisi Beken

Banyak musisi keren yang pernah ikut ambil bagian dengan menyanyikan lagu milik SBY. Sebut saja dua nama yaitu Ebiet G.Ade dan Widi Mulia yang terpilih untuk menyanyikan lagu berjudul Hening dan Mengarungi Keberkahan Tuhan.

Bukan hanya mereka saja yang pernah menyanyikan lagu milik presiden keenam Indonesia tersebut. Afgan, Sandhy Sondoro, Agnez Mo hingga Lala Karmela juga pernah tampil dengan hits milik SBY lho KLovers.

Afgan bahkan juga merilis lagu berjudul Kembali buatan SBY ke dalam versi video musiknya. Seperti apa sih jadinya? Intip di sini yuk.

5. Daftarkan Lagu ke Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

SBY dengan tegas mengatakan bila karya setiap anak bangsa harus dilindungi oleh pemerintah. Salah satunya adalah dengan memerhatikan upaya perlindungan hak cipta.

Untuk bisa mendaftarkan karyanya, SBY harus membayar Rp200 ribu per lagu dan berhak mendapatkan sertifikat HKI. Hampir sama seperti sektor industri, penciptaan lagu juga bisa disebut sebagai salah satu bentuk industri kreatif masa kini yang mulai berkembang.

(kpl/abl)