3G Turut Berdakwah Lewat Lagu

Darmadi Sasongko  |  Kamis, 28 Agustus 2008 22:11

Kapanlagi.com - Bersyiar memang bukan hanya bisa dilakukan melalui ceramah agama tetapi juga lewat karya musik dan lagu. Setelah Rhoma Irama dan Soneta Grup di ranah musik dangdut dan Bimbo di pop, band dan artis yang lebih yunior seperti Gigi, Ungu, Hedi Yunus, Krisdayanti dan Afgan juga melakukan siar lewat nada. Kini kelompok pendatang baru yang menamakan diri 3G, juga turut berdakwah lewat karya lagu dan musik.

"Kami membentuk kelompok 3G bukan sekadar untuk memanfaatkan momentum menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Kami sudah sepakat untuk bersyiar lewat musik dan lagu Islami," kata Kiki (vokal, gitar), dalam acara peluncuran album debut 3G di Pisa Cafe & Resto Mahakam, Jakarta Selatan, Rabu (27/8).

Selain Kiki, kelompok ini beranggotakan Imam (gitar, vokal) dan Ma'im (vokal, akordion). Dengan hanya menggunakan tiga jenis instrumen musik, mereka mengaku lebih mudah melaksanakan ibadah.

"Kami sengaja hanya menggunakan alat sederhana agar mudah berpergian," kata Imam.

Mengusung jenis musik pop-akustik religi, personil 3G sejatinya bukan sepenuhnya seorang pemusik. Kiki (Muhammad Rizkillah) adalah guru ngaji, Imam (Imamudin) seorang pedagang, sementara Ma'im yang selama ini suka 'ngeband' pun juga seorang pedagang.

Punya talenta sama, bermusik dan menciptakan lagu, ketiga anak muda tersebut akhirnya sepakat membentuk kelompok untuk bersyiar. Dalam album perdana, ketiganya memasukkan 10 lagu, tiga di antaranya murni berlirik ciptaan sendiri, yakni Lafadz, Cynthia dan Lagu Untukmu.

"Tujuh lagu lainnya memang ciptaan kami, tetapi ada cuplikan lirik dai kalimat-kalimat yang sudah umum seperti Takbir dan Sahur," kata Kiki.

Untuk promosi album 3G, yang dijadwalkan beredar mulai 1 September 2008, pihak AMI Records selaku perusahaan rekaman dan label sudah menyiapkan materi video klip dan jadwal tampil di panti asuhan-panti asuhan.