18 Tahun Perjalanan Karir GIGI, Makin Matang!

Adhib Mujaddid  |  Jumat, 13 April 2012 13:37
18 Tahun Perjalanan Karir GIGI, Makin Matang!
GIGI @foto: Ruswanto/KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Tak terasa telah genap 18 tahun GIGI turut mewarnai langit musik Indonesia. Berawal dari album ANGAN yang mereka rilis pada 1994 silam, GIGI benar-benar menjelma menjadi salah satu band terbesar di tanah air saat ini.

Sempat beberapa kali berganti personel, GIGI tetap eksis dengan belasan album yang telah mereka rilis. Di usianya yang makin matang ini, KapanLagi.com® mempersembahkan 10 funfact GIGI.

1. Nama 'GIGI' sendiri muncul setelah para personelnya tertawa lebar mengomentari nama 'Orang Utan' yang nyaris dijadikan nama band ini.

2. Ketika masih berumur 2 tahun atau tepatnya pada tahun 1995, melalui albumnya DUNIA, GIGI sukses meraih penghargaan sebagai Kelompok Musik Terbaik versi acara Indonesia Musik Emas.

3. Tahun 1996 prestasi GIGI makin gemilang dengan menyandang predikat Kelompok Musik Paling Bersinar dan Grup Band Terlaris. Pada tahun itu pula GIGI melakukan 59 show dalam kurun waktu setahun, salah satu konser mereka diselenggarakan di Amerika Serikat.

4. Album 2 X 2 yang dirilis pada tahun 1997 terasa lebih spesial setelah proses rekamannya dilakukan di Indonesia dan Amerika. Hebatnya, di album tersebut GIGI dibantu oleh musisi top dunia, yakni Billy Sheehan (Mr BIG), Harry Kim dan Arturo Velasco (Phil Collins Brass Sections) dan Eric Marienthal (Saxophone Solo).

5. Di salah satu tur GIGI di sebuah kota, Armand sempat mendapati seorang pria berkumis dan berbulu di ranjang tempat ia menginap tepat saat ia bangun tidur.

6. Lagu Kembalilah Kasih yang pernah dibawakan Anggun C Sasmi sebelum go internasional merupakan ciptaan Thomas. Tembang itu kemudian mereka daur ulang dengan bantuan Indra Lesmana di piano.

7. Armand Maulana pernah mengungkapkan bahwa sebenarnya GIGI sudah ada sejak tahun 1989. Namun GIGI sepakat memilih 1994 sebagai tahun kelahiran mereka berdasar dari penjualan kaset pertama mereka.

8. Dewa Budjana dan Armand Maulana pernah digosipkan keluar dari GIGI, namun justru Opet, Baron dan Ronald lah yang ternyata sempat hengkang dari GIGI.

9. Krisis moneter yang pernah melanda negeri di akhir 90-an silam pernah dijadikan GIGI sebagai inspirasi untuk menulis lagu. Tembang tersebut berjudul 1999 Menangis.

10. Gusti Hendy, yang merupakan personel terbaru GIGI pernah mengungkapkan kebanggaannya bergabung bersama Armand Maulana dan kawan-kawan setelah beberapa tahun sebelumnya merupakan fans yang hanya bisa menonton aksi GIGI di televisi.

18 tahun merupakan waktu yang sangat panjang bagi sebuah band. Namun GIGI mampu melaluinya dengan sangat baik. Selamat Ulang Tahun GIGI. Semoga terus berkibar dan berprestasi. (kpl/adb)


Lihat Arsip Musik

- - -