15 Tahun Berdiri, Apa Arti Endank Soekamti Bagi Personel?

Girindra Permana Cahya  |  Minggu, 20 Maret 2016 20:22
15 Tahun Berdiri, Apa Arti Endank Soekamti Bagi Personel?
Endank Soekamti © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Kapanlagi.com - 15 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk sebuah band eksis terus dalam berkarya. Dan itulah yang telah dilewati oleh Endank Soekamti.

Saat media visit ke kantor Redaksi KapanLagi.com® beberapa saat yang lalu, tim meminta trio ini untuk berimajinasi bagaimana jika Endank Soekamti tak eksis dan kira-kira apa ya yang akan mereka lakukan saat ini. Beginilah jawaban yang kompak yang diberikan oleh trio asal Yogyakarta ini.

"Kalau aku bekerja sebagai manajer Euforia yang kemudian aku membentuk band Endank Soekamti yang akan dinaungi oleh Euforia Record," ucap Erix.

"Kalau saya akan berdoa. Ya Tuhan masukan saya ke dalam Endank Soekamti," jawab Dory sembari tertawa keras.

"Kalau saya kuliah. Trus DO, lalu ngeband sama Endank Soekamti," kata  Arie tentang keinginannya jika tak ada Endank Soekamti.

Endank Soekamti telah lewati usia 15 tahun dalam berkarya © KapanLagi.com®Endank Soekamti telah lewati usia 15 tahun dalam berkarya © KapanLagi.com®

Selama 15 tahun berkarya, tahun 2007 adalah tahun terberat yang pernah dirasakan oleh Endank Soekamti. Saat itu adalah saat di mana musik Melayu berjaya dan menjadi trend di Indonesia.

"2007 itu titik terendah di mana Melayu menginvasi ranah tren musik Indonesia. Tapi itu proses yang harus dihargai. Kami harus bisa berdiri sendiri sampai saat ini," cerita Erix Soekamti.

Bagi mereka Endank Soekamti sudah seperti rumah, anugerah serta penyelamat hidup dari salah satu personelnya. "Ya anugerah. Karena aku tidak dikasih kepintaran dan pilihan banyak. Cuma bisa ini-ini aja," kata Erix. "Endank Soekamti tuh penyelamat saya. Karena saya pernah kehilangan arah dan akhirnya mereka berdua datang," pungkas Dory.

Jangan Lewatkan!!!

Banjir Ide Spontan Endank Soekamti di 'SOEKAMTI DAY'

'SOEKAMTI DAY', Album Endank Soekamti Yang Penuh Ide Segar

Persiapan Matang, Endank Soekamti Tak Gentar Garap Album Outdoor

Endank Soekamti Gelar Re-Run Launching Album 'SOEKAMTI DAY'

Rilis 'SOEKAMTI DAY', Endank Soekamti Bikin Klip Bahasa Isyarat

Dalam sesi rekaman, Endank Soekamti memilih album ini untuk direkam outdoor.
9 FOTO