10 Lagu Indonesia Tahun 2000-an yang Intronya Bikin Flashback ke Era MTV

Senin, 26 Juli 2021 17:05  | 

Dewa 19



(c) Shutterstock

Kapanlagi.com - Jauh sebelum era platform streaming seperti Spotify hingga YouTube, televisi adalah barometer musik di Tanah Air. Udah banyak deretan channel TV yang ditunggu para penikmat musik, salah satunya adalah MTV.

Banyak musisi dan lagu yang telah ikonik berkat seringnya masuk daftar putar di bermacam-macam program MTV medio tahun 2000-an. Bahkan, dari intronya saja sudah bisa bikin triggered dan nostalgia di era itu loh. Nggak percaya?

1. Dewa 19 - Separuh Nafas

Deretan intro dari lagu ikonik dibuka oleh Dewa 19. Band yang dipimpin Ahmad Dhani ini melepas album penuh bertajuk BINTANG LIMA pada tahun 2000.

Salah satu trek di dalam album ini, yaitu Separuh Nafas sukses menjadi trek romansa yang relevan dengan kehidupan anak muda di masa itu. Cukup dengan 5 detik awal bagian intro yang diisi oleh gitar Andra Ramadhan, pasti sudah banyak yang bisa menebak lagu yang satu ini.

2. Sheila On 7 - Pemuja Rahasia

Pemuja Rahasia menjadi salah satu lagu terfavorit Sheila Gank, di mana saat itu trek ini merajai chart di radio hingga tangga lagu MTV. Sisi memorable lagu ini terletak pada MV-nya yang dibintangi oleh komedian Adul dan Jessica Mila.

Kalau kamu ngefans berat atau bahkan memiliki kisah percintaan yang relevan dengan lagu ini, pasti bakal merinding saat mendengar intronya. Barisan line vocal dari Duta dan gebukan drum membuat penikmat musik flashback ke romansa remaja mereka.

3. Padi - Mahadewi

Pada tahun 2000-an, grup band asal Surabaya Padi terkenal akan lagu bermakna dalam namun memiliki chord yang nggak terlalu sulit buat dimainkan. Mahadewi yang dirilis pada 1999 adalah salah satu contohnya.

Lagu ini terdengar sangat megah cuma dari intronya saja. Kombinasi suara vokal wanita yang disusul oleh distorsi gitar dari Piyu serta gebukan drum Yoyo membuat lagu ini bisa langsung dicintai. Nggak heran generasi MTV pasti langsung berasa nostalgia saat intro Mahadewi berputar.

4. Cokelat - Karma

Gabungan dari musik rock serta lirik yang menyayat hati ampuh dalam memainkan emosi para penikmat musik. Perasaan inilah yang ditampilkan Cokelat dalam single Karma.

Lagu yang terdapat dalam album RASA BARU ini bercerita tentang seseorang yang tersakiti setelah ditinggal pasangannya. Selain vokal dari Kikan, distorsi gitar di lagu ini terdengar sangat ikonik dan memperkuat emosi di dalamnya.

5. Ten2Five - I Will Fly

Bicara tentang musik edgy, lagu ini tentunya masuk hitungan. Alunan gitar akustik sukses membungkus manis barisan lirik berbahasa inggris yang bikin eargasm.

Lagu yang relate dengan pasangan LDR ini menjadi langganan MTV dan juga radio Tanah Air. Meski telah dirilis tahun 2004, lagu ini tentunya masih relevan didengarkan sekarang.

6. J-Rocks feat Prisa - Kau Curi Lagi

Band rock bernuansa Jepang yaitu J-Rocks berhasil menyita perhatian penikmat musik ketika memberikan warna yang variatif lewat lagu-lagunya. Salah satunya adalah Kau Curi Lagi yang berkolaborasi dengan solois sekaligus gitaris cantik yaitu Prisa.

Cuma dengan 5 detik intronya, semua generasi 90an yang mendengarkan bakal auto triggered. Setelah masing-masing dari J-Rocks dan Prisa yang jarang bermunculan di media, lagu kolaborasi mereka pun jadi sebuah surprising track ketika diputar di era sekarang.

7. Ada Band feat Gita Gutawa - Yang Terbaik Bagimu

Apa yang ada di benak KLovers saat membayangkan sosok ayah saat masih kecil? Lagu yang satu ini sangat mewakili perasaan terhadap sosok ayah yang penyayang dan berwibawa.

Selain intronya yang mengingatkan sosok ayah, vokal dari Gita Gutawa cilik pun juga memorable dalam lagu yang dirilis pada tahun 2004 ini. Bahkan setelah belasan tahun, lagu ini masih menjadi salah satu musik latar andalan ketika merayakan Hari Ayah.

8. Letto - Ruang Rindu

Untuk lagu yang satu ini, tanpa perlu intro pun sudah bisa membuat pendengar musik jadi ikut bernyanyi. Langsung dibuka oleh vokal Noe di detik pertama, Ruang Rindu menjadi salah satu lagu yang dalam beberapa tahun ke depan membuat fans merindukan band asal Jogjakarta ini.

Sangat populer di MTV, lagu ini seolah hadir satu paket dengan MV-nya yang memorable. Duet Dinda Kanyadewi dan Mike Lucock yang beradegan di area padang ilalang membuat nuansa romantis di lagu ini makin terasa.

9. Tangga - Kesempatan Kedua

Siapa sih yang nggak merinding ketika intro lagu Kesempatan Kedua diputar? Bisa dibilang, masterpiece dari grup musik Tangga ini adalah anthem wajib buat para sad boy dan sad girl kala itu.

Alih-alih move on, lagu ini justru menghasilkan penyesalan yang membuat hati makin teriris. Nggak heran lagu ini begitu mendominasi setelah perilisannya pada tahun 2008.

10. Peterpan - Semua Tentang Kita

Salah satu skill yang wajib yang dimiliki gitaris di tahun 2000-an: nyetel notasi gitar pakai intro lagu Semua Tentang Kita. Bukan tanpa alasan, Semua Tentang Kita adalah salah satu nomor legendaris dari Peterpan.

Lagu yang diambil dari album TAMAN LANGIT ini merajai semua platform mulai dari MTV, chart radio, hingga panggung pensi sekolah. Jadi, apakah kamu salah satu gitaris yang terampil dalam mengatur notasi gitar pakai intro lagu ini?

Banyak banget pilihan musik yang bisa didengarkan di tahun 2021 ini lewat beragam layanan digital streaming. Namun, deretan lagu nostalgia ini bakal membawa kamu berwisata bersama masa lalu yang memorable.

(kpl/jef)