10 Lagu Berbahasa Daerah yang Viral, Yuk Dengarkan Satu-Satu

Editor Kapanlagi.com  |  Minggu, 27 Januari 2019 16:39
10 Lagu Berbahasa Daerah yang Viral, Yuk Dengarkan Satu-Satu
kapanlagi.com

Kapanlagi.com - Apa yang kamu lakukan di saat nggak ada kerjaan? Mainan handphone, buka media sosial, atau mendengarkan musik? Pastinya mendengarkan musik bukan? Yap, kegiatan untuk mengisi waktu luang membuat yang kerap jadi pilihan adalah mendengarkan musik. Selain untuk me-refresh otak, mendengarkan musik bisa jadi sarana hiburan menyenangkan loh.

Untuk penggemar musik sendiri, pasti nggak asing dengan lagu asal Indonesia Timur yang sekarang ini lagi viral? Yap, 'Karna Su Sayang' atau 'Karena Sudah Sayang'. Selain itu, ada lagi lagu yang viral pada tahun 2018, yakni lagu dengan judul 'Makan Daging Anjing dennen Sayur Kol' dennen menggunakan bahasa daerah asal Batak.

Nah semakin penasaran kan dengan lagu apa saja yang menggunakan bahasa daerah yang viral pada tahun 2018 ini? Berikut 10 Lagu Berbahasa Daerah yang Viral pada tahun 2018 yang bisa kamu dengarkan.

1. Tak Tun Tuang

Tak hanya dari tanah Jawa dan Indonesia bagian timur, tanah Sumatera pun juga memiliki lagu yang sempat viral di jajaran musik hits Indonesia. Apalagi kalau bukan lagu Tak Tun Tuang yang dinyanyikan oleh Upiak Isil. Lagu dengan bahasa Minang ini bahkan sempat membuat heboh warga negara Thailand dan Malaysia.

2. Gemu Famire

Selain lagu berbahasa Jawa, lagu dari Indonesia bagian timur ini juga sempat menyita perhatian publik. Sebut saja lagu Gemu Fa Mi Re ciptaan Nyong Fanco. Tak hanya terkenal dengan nadanya yang ceria, lagu asal Maumere ini bahkan memiliki gerakan dan tarian sendiri yang mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia loh guys.

3. Karna Su Sayang

Lagu yang paling viral adalah lagu Karna Su Sayang. Dicover oleh berbagai penyanyi terkenal Tanah Air, lagu asal Maumere ciptaan Near dan Dian Sorowea ini berhasil menjadi trending di YouTube akhir-akhir ini. Kalian pastinya Sudan pernah mendengarkan lagu ini bukan?

4.  Makan Daging Dengan Sayur Kol

Jika sebelumnya ada Su Sayang yang viral, kini giliran lagu berjudul Makan Daging Dengan Sayur Kol yang mencuri spotlight. Lagu tersebut awalnya jadi bahan perbincangan ketika dibawakan oleh seorang anak di bawah umur dalam sebuah potongan video pendek.

Seperti diketahui, daging anjing sendiri bukanlah menu yang aneh atau baru di Indonesia. Hidangan yang disebutkan dalam lirik lagu tersebut kemungkinan makanan khas dari suku Batak Toba. Sajian ini umumnya dijumpai di wilayah Siantar.

5. Jarang Goyang

Berlanjut ke lagu Jaran Goyang yang juga menjadi tren di tahun 2018 dengan penyanyi Nella Kharisma. Lagu campuran bahasa Indonesia dan bahasa Jawa ini juga berhasil mencapai puncak musik hits Indonesia. Bahkan, video Jaran Goyang di YouTube yang di-upload tahun lalu itu sudah mencapai 196 juta viewers. Tidak hanya Nella Kharisma, pedangdut seperti Via Vallen dan Vita Alvia juga turut mempopulerkan lagu ini.

6. Konco Mesra

Tahun 2018 menjadi tahun populernya lagu-lagu dangdut berbahasa Jawa. Setelah Jaran Goyang, lagu Konco Mesra pun menyusul kepopulerannya. Masih dinyanyikan oleh Nella Kharisma dan Via Vallen, lagu ini berhasil mencapai 86 juta viewers di YouTube. Tak tanggung-tanggung, Ria Ricis pun turut meng-cover lagu ini di channel YouTube-nya loh guys.

7. Bojo Galak

Lagi-lagi lagu dengan lirik bahasa Jawa menduduki deretan musik favorit di Indonesia. Masih dengan penyanyi Nella Kharisma, lagu yang berisi kepasrahan seorang suami ini berhasil populer dengan capaian 65 jutaviewers di channel YouTube Samudra Record. 

8. Sayang

Kepopuleran lagu berbahasa Jawa tak berhenti di Bojo Galak. Lagu Sayang, yang berhasil dipopulerkan oleh penyanyi Via Vallen ini mampu menyaingi eksistensi lagu-lagu dangdut sebelumnya. Dengan 169 juta viewers di salah satu channel YouTube, lagu ini merupakan lagu dari Ndx Aka yang mentranslit sebuah lagu Jepang berjudul Mirai E dengan penyanyi Kiroro.

9. Stasiun Balapan

Nama Didi Kempot sempat tenar pada sekitar tahun 80-90an. Ratusan lagu yang dinyanyikan pria asal Surakarta ini tak asing lagi di telinga masyarakat Jawa. Bahkan, beberapa lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Jawa sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Salah satu yang paling tenar adalah Stasiun Balapan yang diluncurkan pada tahun 1999. Di tahun 2018 ini saga, lagu Didi Kempot kembali viral dinyanyikan oleh beberapa kalangan dalam acara-acara tertentu.

10. Oplosan

Setelah lagu Iwak Peyek yang berhasil booming di jajaran musik hits Indonesia, muncul lagi lagu berbahasa Jawa berjudul Oplosan. Lagu Oplosan tak kalah populer dan menyita perhatian publik. Dipopulerkan oleh Soimah melalui stasiun televisi swasta, lagu Oplosan meledak dan menjadi lagu andalan konser-konser dangdut. Bahkan, Soimah juga berhasil melabeli lagu itu dengan goyang khas 'oplosan' yang ia ciptakan. Lagu ciptaan Nur Bayan ini sarat akan pesan moral yang intinya mengajak orang-orang untuk meninggalkan minuman keras.

Nah dari lagu-lagu diatas yang menggunakan bahasa daerah, lagu mana kah yang paling sering kamu dengarkan?

Penulis: Novi Hardita  Larasati