CHILL-OUT

Kisah Pilu, Cinta Penelope Menjadi PRT

Jumat, 30 Desember 2011 13:02 | 

Cinta Penelope

| Tag: Bisnis Selebritis

Kisah Pilu, Cinta Penelope Menjadi PRT
Cinta Penelope

KapanLagi.com -
Oleh: Budy Juwono

Nama Princess Cinta Penelope atau yang lebih populer dengan sebutan Cinta Penelope, mulai dikenal masyarakat saat lagu Keong Racun membumi di Nusantara pada 2010. Cinta tergabung dalam duo, Putry Penelope. Berbeda dengan pasangan duetnya, Putri Lana, karier Cinta di dunia sinetron semakin melambung. Sejak wanita kelahiran Jakarta, 15 April 1984 ini bermain di dalam beberapa sinetron Sampeyan Muslim dan beberapa FTV. Kesuksesan Cinta mengepakkan sayapnya di dunia hiburan, tidak lah diraihnya dengan mudah, karena Cinta harus menahan rasa sakit hatinya dari cibiran orang-orang di sekelilingnya.

Melakoni pekerjaan sebagai seorang pembantu rumah tangga (PRT), adalah pilihan hidup Cinta yang harus ditempuhnya ketika ia harus meninggalkan rumah kedua orangtuanya. Kepedihan demi kepedihan kian dirasakan Cinta, manakala sang majikan tidak memberinya uang gaji selama 8 bulan. Tidak hanya merasakan sakitnya didzolimi tuannya, wanita yang memiliki tinggi badan 167cm itu, pernah merasakan kerasnya kehidupan di jalanan selama 7 tahun. Namun karena perjuangan dan cita-cita Cinta yang ulet dan gigih untuk meraih sukses di blantika musik Indonesia, akhirnya menghantarkannya bertemu dengan Anton mantan drummer Sheila On 7.

Kegigihan Cinta mengarungi pahit dan getirnya kehidupan, tak membuatnya menjadi jumawa. Penggemar aktor Almarhum Benyamin S tersebut, sempat berjualan kue, sebelum berangkat ke lokasi syuting. Wow, seberapa berat jalan hidup yang harus dilalui Cinta untuk menapakkan jati dirinya di blantika musik Indonesia. Beberapa waktu lalu, Cinta meluangkan waktu, menuturkan penggalan kisah hidup kepada KapanLagi.com® secara eksklusif. Seperti apa lika-liku hidup penyuka olah raga surfing ini, simak interview Tim KapanLagi.com berikut ini:


Cinta Penelope
  • Awal mula Cinta terjun ke dunia entertain seperti apa?
    Sebenarnya aku sama kayak orang-orang yah, aku dari nol, dari bawah dulu, dari tahun 1999 aku memulai karir aku di sinetron tapi gak sepenuhnya aku dalamin. Dapat sinetron striping belum habis, aku out. Aku pingin coba lahan lain, wajarlah namanya juga usia-usia masih segitu ya. Terus akhirnya ditawarin buat dancer, ditawarin buat apa, pokoknya aku nyoba sampai foto-foto di majalah-majalah sobek ya kali, mau-mau aja gitu. Sampai akhirnya ditawarin Charly buat nyanyi, ya udah aku coba nyanyi walaupun aku gak punya basic nyanyi gitu. Cuma itu modal nekat dan yakin.Perjuangan awal-awal dulu sempat diremehkan orang?
    Oh pasti banyak yah, cuman ya udah lah itu namanya pengalaman dan aku bisa ngelewatin. Pokoknya banyak lah, kalau misalnya hidup di jalanan, jadi musisi di jalanan itu udah, terus para atasan udah ya. Wajarlah tergantung kitanya gimana, kalau kita tergoda ya kita tergoda, kalau nggak ya nggak.Latar belakang membuat tatoo itu ada ceritanya?
    Oh iya, tapi itu udah lama banget sih tatoo, pokoknya aku ada sesuatu yang tapi aku gak bisa cerita, punya masalah dan aku di situ waktu itu ada dua pilihan. Satu adalah salah besar dan pilihan kedua adalah salah juga, cuma gak besar jadi aku ambil yang kedua bikin tatoo.Bisa diceritain gak, perjuangan kamu yang sangat berat?
    Yah kalau dibilang perjuangan aku berat pasti ya, mungkin pernah dengar aku jadi pembantu ya, ya di rumah. Ya aku mulai dari nol jadi pembantu, musisi jalanan, jualan kue dan di situ aku masih sempat syuting sambil bikin kue, paginya dianterin ke warung-warung. Aku jadi pembantu setahun delapan bulan, kerja di terminal jualan sepatu. Aku pingin dalam hidup aku yang namanya hidup itu ada naik pangkat dan aku yakin kalau kita mau dan kita bisa, kita pasti akan berhasil.Saat menjadi pembantu Cinta sempat merasakan ingin sampai satu titik, di mana Cinta harus bangkit?
    Yah mungkin pada saat jadi pembantu itu awalnya aku gak dapat gaji yah delapan bulan dan aku ngerasa hidup aku tuh yah mesti ada naik pangkatnya dan aku pingin bisa kayak orang-orang, pingin punya gaji donk. Bisa beli baju dan akhirnya aku cari tempat kerjaan lain supaya aku bisa dapat gaji. Dan akhirnya dapat gaji, udah bosan jadi pembantu akhirnya naik pangkat aku kerja di toko.

    Bosan di sana, aku pingin masuk ke mall, akhirnya aku jadi asisten kasir masuk-masukin barang. Jadi ada peningkatannya dan di mall itu ada temen aku yang kerja di tempat foto-foto gitu, dan dia sempat fotoin aku. Dia fotoin aku untuk di salah satu majalah remaja dan aku menang. Aku pikir ke Jakarta langsung dapat duit, salah besar. Jadi, aku ke Jakarta itu aku mulai dari nol. Aku harus kos di kos-an yang harganya 100ribu dan yang paling tidak beruntungnya adalah aku tidur di jejeran baju-baju aku, dialasin kardus.Sempat ngedrop tahu kejamnya kota Jakarta?
    Kalau ngedrop sih gak, dan aku gak pernah ngelewatin masa-masa itu dengan nangis. Aku anggap bahagia, pengalaman dan cobaan yang berat sekarang asal jangan punya anak, kasihan anak aku. Jadi aku selalu tersenyum apapun yang kita terima, aku selalu tertawa jadi aku gak ngerasain berat dalam hidup aku.Pernah gak dalam sejarah yang akhirnya Cinta benar-benar harus menangis?
    Yah, nangis pasti ada lah yang namanya orang yah, ya punya apalagi aku perempuan yang punya perasaan. Nangis kangen Mamah wajar, 10 tahun gak ketemu tapi yah balik ke diri aku lagi yang aku pingin berhasil. Kalau aku pulang tuh aku bawa uang berarti aku berhasil dengan catatan jalan yang lurus. Kalau misalkan berhasil dengan jalan yang salah, jadi sama aja aku bikin kecewa orang tua aku. Jadi, emang di situ aku fight banget dan aku di jalan yang benar. Dan sekarang aku sudah terpuaskan.

    Alhamdulilah, ya Allah udah ngasih aku kenikmatan. Aku pingin terkenal alhamdulliah lah ada yang kenal aku. Aku pingin punya uang, aku pingin bisa beli mobil, pingin dapat seseorang. Mungkin kalau seseorang belum dikasih Allah, ya mungkin ntar yah. Cuma yang lainnya udah dikasih sama Allah. Aku bersyukur, selama ini aku pingin cowok ganteng, badannya gini gini gini dapet. Cuma satu yang belum, yang imannya kuat belum. Ternyata pas ditelusuri, kalau mau nyari yang imannya kuat harus dari sini dulu berubah.

    Nah itu lah, jadi kalau yang namanya hidup itu ada perjalanannya, begitu juga dengan perjalanan aku untuk mendapatkan seseorang yang terbaik, harus ada caranya. Caranya adalah aku ini yang dirubah, aku yang terlalu brutal, frontal dan aku juga udah cukup mendapat kepuasan seperti doa-doa aku selama ini yang dikabulkan sama Allah. Mungkin yang satu ini belum, tapi ada syaratnya, syaratnya adalah sekarang aku jalanin.Sisi frontal dalam sisi Cinta, apakah itu menjadi kendala meraih sukses?
    Kalau sisi frontal buat aku sendiri itu, karena aku hidup di jalanan, gak punya rumah, aku harus fight sama orang-orang yang ada di jalanan. Jadi aku tuh keras, karena kebiasaan di jalanan kebawa-bawa tapi gak semuanya. Gak semua anak jalanan itu keras, mungkin karena aku perempuan aja.Berapa lama hidup di jalanan?
    Sekitar 7-8 tahun itu di Menteng, tapi hidup di jalanan itu banyakan waktu aku di Jambi, aku hidup di jalanan juga. Waktu di Duri juga pernah, kan aku berapa kota pindah-pindah, dari pembantu ini aku pindah kerja, kan kalau kakaknya ke sana kerja jadi pembantu, bani pembantu juga di tempat kakaknya, jadi dikirim ke Jambi. Aku pernah lari dari tempat majikan aku karena gak digaji akhirnya di jalanan, di terminal. Di Jakarta yah hidup harus jalan terus dan akhirnya aku kerja dari hasil menang, itu pun aku gak mencukupi. Akhirnya aku mulai ke jalanan lagi ngamen.Setelah melihat sekarang, bagaimana melihat masa lalu?
    Bangga, karena aku bisa ngelewatin. Dan bangga banyak banget pengalaman yang aku ambil. Belum tentu seumuran aku bisa masak, cuci baju. Aku bisa jadi ibu rumah tangga yang baik. Jadi aku bisa ngapa-ngapain aja dan aku merasa bangga dengan diri aku. Yah kalau melihat jaman sekarang gak semuanya sih dan kayak jaman sekarang jarang cewek bisa masak, kan banyak restoran yang ada di mall, open-open kitchen kayak gitu. Malah cewek-ceweknya yang jadi waiters dan cowok-cowoknya yang jadi koki, bener gak?

    Tapi aku gak lupa kodrat aku sebagai perempuan, bagaimana pun aku, aku tetep perempuan karena aku punya prinsip dari dulu. Kalau pun aku dapat suami kaya, yah alhamdulilah tapi kekayaan itu gak kekal. Kalau seandainya kekayaan itu dibalik sama Allah dan kekayaannya habis, terus masih ada aku yang dikasih nih ada duit cuma 5000 gimana caranya supaya makan tiga kali sehari. Yah masak, kalau beli gak akan bisa yah kan. Aku mikirnya ke sana. Dan juga aku gak mau numpang dan memberatkan suami, jadi aku mau kerja karena menurut aku pekerjaan suami itu sangat berat bayar bulanan. Mikirin sekolah anak dia, sama cuma tenaganya aja yang beda, casingnya aja yang beda. Jadi, aku pingin saling membantu lah, saling berbagi dalam rumah tangga.Kalau melihat orang-orang yang meremehkan Cinta, termasuk majikan yang gak gaji, bagiamana?
    Bagi aku pengalaman mahal harganya, dengan pekerjaan aku yang gak pernah digaji selama 8 bulan. Ceritanya gini, ini loh gue belajar masak dari hasil gue yang gak digaji selama 8 bulan akhirnya bisa masak, belum makan nasi basi, belum disuruh tidur di lantai, belum dimaki-maki, belum harus nimba air 17 meter. Itu aku nimba sumurnya di lantai 5, rumahnya ruko, anaknya 4 tapi, alhamdulillah semuanya beres. Dan itu balik ke diri aku lagi, pengalaman itu sangat mahal harganya, gak semua bisa dapetin itu dan alhamdullilah aku bisa ngelewatin itu.Sempat ketemu dengan sang majikan?
    Sering, kalau misalnya aku ke Jambi aku mampir ke sana. Kita masih berhubungan baik.Kesan mereka?
    Berubah, duh sayang ibu kangen, yang penting dia udah nganggep aku sebagai anak dan tinggal di rumahnya aku gak digaji tapi aku dapat makan. Akhhirnya aku bisa hidup sampai sekarang.Orang yang paling berjasa?
    Kalau sejarah hidup aku yah, Allah dan Ibu, tapi yang bener-bener ngasih jalan Allah, yang melahirkan aku Ibu dan yang ngasih aku link adalah AntonSheila On 7, yang mengajarkan aku dari nol sampai saat ini. Dan dia bangga ngeliat aku bisa kayak gini.Ketemu Mamah lagi bagaimana?
    Yah terpisahnya karena aku lari dari rumah dan ketemunya lagi pas seperti janjinya aku. Aku pergi dan aku gak akan lihat ke belakang tapi aku pingin pulang itu bawa hasil dan hasil yang tidak mengecewakan dan halal. Aku pulang ke Batam itu aku dites, apakah aku masih virgin or not sama Mamah dan ternyata aku masih dan itu menjadi kebanggan Mamah.Dengan hasil yang sekarang puas gak?
    Kalau ngomongin manusia gak ada puasnya Mas. Buktinya aku udah dikasih semuanya sama Allah masih aja aku pingin ya Allah aku pingin suami yang gini gini. Manusia gak ada puasnya, cuma aku bersyukur apa yang udah dikasih sama Allah. Kalau Allah ngasih yang lebih lagi, alhamdulilah kalau pun nggak, buat tabungan aku nanti di akhirat.Kegiatan yang dilakukan?
    Yah alhamdulilah aku kan dari dulu gak pernah kerja pada satu posisi yah, kayak misalnya mentang-mentang aku nyanyi itu gak, jadi aku sempet acting, karena aku suka banget acting dan aku main sinetron, ada ftv, dan ada beberapa artis baru yang aku produseri. Dan kesehariannya lagi juga aku EO, aku bikin event apa aja karena emang hobi aku di entertainment.Yang bikin tertarik di entertainment?
    Karena dari awal aku dari modeling dulu yah, jadi aku mikirnya aku gak mau ambil satu posisi, pingin kayak semua orang yang bisa nyanyi, acting, mungkin kalau model gak mungkin yah karena aku pendek hahaha.. Ya aku pingin bisa, kenapa orang lain bisa aku nggak, jadi aku jalanin semuanya. Alhamdulilah, mungkin satu kesempatan yang belum aku jalanin adalah aku pingin jadi pemain biola.Ada kecenderungan memilih akting dan nyanyi?
    Nggak sih. Kalau kecenderungan mungkin ada perubahan sedikit, gak sedikit sih bagi aku besar mungkin bagi orang sedikit. Perubahan yang sangat besar adalah aku ingin menutup aurat, insya Allah tahun depan aku pakai jilbab. Yah kalau misalkan ada yang mau pakai aku di saat pakai jilbab yah alhamdulilah, tapi kalau misalkan gak yah gak masalah. Aku ngerasa pingin di belakang layar aja.Apa yang menyebabkan pingin pakai jilbab?
    Itu dari diri sendiri aja, itu emang pingin aja, pingin menutup aurat aja. Cuma kalau gara-gara sinetron, tapi memang ada masukkan sih dari sana bukan dari orang-orangnya tapi dari dialog aku sendiri, emang dari hati aja.Kalau karier ke depannya, Cinta pinginnya jadi apa sih?
    Produser dan bisnis aku pingin banget punya kos-kosan. Semoga dikabulin sama Allah. Kalau bisnis kos-kosan itu menurut aku salah satu bisnis yang gak akan meninggalkan keluarga di rumah.Harapan apa ke depannya?
    Harapan aku yah aku bisa dapat suami, imam yang baik dan pingin naikin Mamah haji tentunya, tapi Mamahnya gak siap-siap sih, dari dulu ditawarin gak siap-siap dia. Terus sama bikin kos-kosan lah supaya dapat rizki yang halal. (kpl/buj/nat)


  • APA KATA CINTA PENELOPE TENTANG
  • Bohong: Aku paling gak suka dibohongi. Mending jujur walaupun sakit. Tapi aku pernah bohongin pasanganku, agar gak menyakitkan buat dia, tapi akhirnya itu sangaaaat menyakitkan, dan aku sangat menyesal.Jujur: Jujur paling penting apapun itu.Sukses: Kesuksesan adalah kunci hidup yang penuh semangat. Tapi inget klo udah sukses, jangan lupa masa lalu, dan jangan jadi sombong.Sex: No commmmeeennnt... HeheheFoto Seksi: Pernah ada beberapa foto sexy dulu, koleksi pribadi tapi sekarang kesebar, sedih banget sih, karna aku jadi dimaki-maki orang by internet. Tapi menurut aku sexy itu tergantung gimana orang melihatnya.Sensasi: Aku memang pernah dapat julukan artis yang suka nyari sensasi padahal klo aku ngerasa gak pernah tuh..2012: Semoga tercapai semua impian dan nazar aku di tahun 2012.Majikan: X_X
  • PROFILNama Asli:Princess Cinta PenelopeTempat/Tanggal Lahir:Jakarta, 15 April 1984Nama Mantan Suami:I Dewa Made Mahardika PutraTinggi Badan:167cmBerat Badan:50kgUkuran Sepatu:38Ukuran Celana:28Ukuran Bra:38DHobby:Bag packer, surfing, balap mobil, jetsky, masak, berkebun.Phobia:Ayam, permen karetAktris/Aktor Favorit:Benyamin S, Warkop DKIBand/Musikus Favorit:Benyamin S, Kasino, Muse, Marilyn Manson, Debu, Raihan, Charly.Film Favorit:Walk the Line, Benjamin Button, TROY



    Kolaborasi Jempolan

    Lukman Sardi yang dikenal sebagai aktor film jempolan, ternyata punya bakat jadi sutradara juga lho. Nah, mencoba kemampuannya, ia berkolaborasi bareng jawara dari ajang The Voice Indonesia, Billy Simpson. Yuk simak ceritanya!

    Kolaborasi Jempolan
    Lukman Dan Billy
    Tampil Vintage dan Glamor

    Mayangsari siap menghentak kembali ke belantika musik tanah air. Biasa hadir dengan lagu sendu, kali ini Mayang membawakan lagu ceria berjudul Hanya Untukmu yang sebelumnya dinyanyikan Rafika Duri.

    Tampil Vintage dan Glamor
    Mayangsari

    SNEAK OUT


    Para Sahabat Peterpan menunggu di pelataran Rutan Kebon Waru untuk menyambut kebebasan Ariel.

    ON STAGE


    The Cardigans menyuguhkan sajian musik layaknya balapan dalam game Gran Turismo.