Soal Industri Musik, Jokowi Bakal Tiru Pemerintah Inggris

Penulis: Trian Sulaiman

Diperbarui: Diterbitkan:

Soal Industri Musik, Jokowi Bakal Tiru Pemerintah Inggris Jokowi ©KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Hari ini Matt Hart, gitaris Arkarna akhirnya bertemu dengan Jokowi di Balai Kota Jakarta, Rabu  (6/8). Matt ditemani Abdee Slank dan Olga Lydia saat bertamu ke tempat kerja gubernur dan wakil gubernur Jakarta itu.


Awalnya, saat gitaris berambut pirang ini datang ke Balai Kota, Jokowi sedang blusukan ke Waduk Marunda. Matt pun baru bertemu dengan Jokowi sekitar pukul 17.00 WIB.


Ketika bertemu, Matt yang mengenakan setelan jas rapi itu mengobrol dengan Jokowi yang mengenakan kemeja putih. Kunjungan Matt ke Jakarta untuk mengucapkan selamat, sekaligus ingin tahu program Jokowi untuk masa depan Indonesia, terutama di bidang industri kreatif.


"Kita ngobrol banyak soal industri kreatif, terutama di London dan di Indonesia. Saya ingin tahu kenapa musik mereka bisa berkembang pesat sejak tahun 1970-an," timpal Jokowi kepada KapanLagi.com.


Matt Hart temui Jokowi ©KapanLagi.comMatt Hart temui Jokowi ©KapanLagi.com


Jokowi mengungkapkan ia membicarakan soal pembajakan dan masalah royalti yang masih belum jadi perhatian utama pemerintah. Menurutnya, jika musisi mendapatkan royalti atas karyanya, maka pemerintah pun pasti akan mendapatkan income dari pajak.


Tidak luput dari diskusi kecilnya bersama Matt, Jokowi juga akan memperhatikan infrastruktur untuk pertunjukan seni, khususnya musik. Musik Indonesia dipercaya bisa berkembang pesat jika musisi diberi tempat untuk berekspresi dengan mudah dan nyaman.


Menariknya, seperti yang dilakukan pemerintah Inggris terhadap musisinya,  Adele dan One Direction, pemerintah Indonesia di bawah Jokowi juga akan mendukung penuh karya musisi melalui insentif.


"Ketiga, regulasi insentif dari pemerintah harus jalan sebagai dorongan dari negara untuk mengembangkan musik. Misalnya, artis menghasilkan album, maka diberi insentif atau ada juga insentif promosi," tambahnya.


(Kpl/hen/trn)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/hen/trn)

Editor:

Trian Sulaiman

Rekomendasi
Trending