Musik Sedih Ternyata Menyehatkan!

Selasa, 16 Juli 2013 11:21
Musik Sedih Ternyata Menyehatkan!
image: @www.chacha.com

Kapanlagi.com - Sebuah penelitian tentang musik menemukan bahwa musik sedih dapat menyebabkan perasaan romantis pendengarnya semakin tinggi. Disebutkan, musik semacam ini dapat membantu menurunkan emosi negatif di kehidupan sehari-hari.

Para peneliti di Universitas Tokyo, Jepang meminta 44 orang relawan untuk mendengarkan dua jenis musik. Yang satu merupakan musik sedih dengan kunci-kunci minor. Satunya lagi, musik gembira dengan kunci mayor. Kemudian, para relawan tersebut diminta memilih kata secara acak untuk memperlihatkan persepsi mereka tentang musik yang didengar dan mengukur emosi.

@thegriff.ca @thegriff.ca

Dilaporkan oleh Science Daily, seperti dilansir dari NME, musik sedih melahirkan pertentangan berbagai emosi, mengeluarkan romantisme sama kuatnya seperti kesedihan.

"Musik yang diterima sebagai kesedihan sebenarnya mengundang perasaan romantis yang seimbang dengan kesedihan itu sendiri. Dan masyarakat terbiasa menganggap pengalaman itu sebagai perasaan sedih," ujar Ai Kawakami, salah satu peneliti.

@www.digitalspy.co.uk @www.digitalspy.co.uk

Kawakami menambahkan, kesedihan yang dirasakan melalui seni bisa membantu pendengarnya melewati emosi negatif. "Emosi yang terjadi karena mendengarkan musik itu tidak berbahaya, tidak seperti emosi akibat kejadian sehari-hari. Kita bisa saja menikmati emosi tak menyenangkan seperti kesedihan," katanya.

"Jika kita sempat merasakan kesedihan dari seni, perasaan itu bisa membantu menyingkirkan emosi tak sehat dalam diri yang diakibatkan oleh kejadian sehari-hari," imbuh Kawakami. (nme/rea)


Lihat Arsip Musik

- - -