Lagu-Lagu Ini Bisa Buat Orang Bunuh Diri, Berani Dengar?

Penulis: Nizar Zulmi

Diperbarui: Diterbitkan:

Lagu-Lagu Ini Bisa Buat Orang Bunuh Diri, Berani Dengar?
ilustrasi
Kapanlagi.com - Musik punya pengaruh kuat untuk mempengaruhi pikiran seseorang. Seringkali orang punya lagu yang akan terekam kuat dalam ingatannya saat ia merasakan perasaan bahagia, sedih, maupun depresi.


Beragam aliran musik membuat tema lagu makin bermacam-macam pula. Beberapa band bahkan hobi mengusung tema-tema seram dan kelam.


Contohnya ya lagu-lagu berikut ini. Berisi tentang pahitnya hidup, deretan lagu ini dipercaya bisa mempengaruhi orang untuk bunuh diri. Wah, benarkah?

1. Fade to Black - Metallica

Sering kita lihat tampil ngerock, Metallica nyatanya juga pernah menciptakan lagu berlirik kelam dan desperate. Band beraliran rock dan heavy metal ini pun curhat dalam lagunya berjudul Fade to Black.

Koleksi ini sejatinya merupakan tembang lawas Metallica. Dirilis pada 1984, Fade to Black jadi karya Metallica yang agak menyimpang.

Keputusasaan tergambar jelas dari lirik lagu tersebut. Coba deh kamu baca, yang paling mengena di bagian akhir, ada kata-kata 'need the end to set me free'.

Life it seems, will fade away
Drifting further every day
Getting lost within myself
Nothing matters no one else
I have lost the will to live
Simply nothing more to give
There is nothing more for me
Need the end to set me free

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Suicide Solution - Ozzy Osbourne

Ozzy Osbourne sudah tak asing lagi bagi para pecinta musik rock. Bersama Black Sabbath, karya-karya mereka bak legenda yang masih sering terdengar hingga kini.

Terbiasa menciptakan lirik bertema kegelapan, Ozzy Osbourne pernah merilis sebuah lagu berjudul Suicide Solution yang dirilis 1980 silam.

Pada masa itu, musik rock dan heavy metal masih sangat mendominasi. Karena itu, karya para musisi seperti Ozzy dan rocker cadas lainnya begitu diminati.

Tapi meski ciptakan lagu seseram itu, Ozzy sampai sekarang masih sehat wal afiat kok. Ya intinya pesan bunuh diri itu itu hanya ekspresi yang dituangkannya lewat lagu.

3. Adam's Song - Blink 182

Suasana kelam kita masih berlanjut di lagu berikutnya. Kali ini band rock asal Amerika Serikat Blink 182 yang mengumbar sisi gelapnya.

Lagu berjudul Adam's Song kabarnya terinspirasi dari surat bunuh diri yang mereka terima dari seseorang. Lirik yang menyayat ini bisa saja buat orang terbawa dan hanyut di dalamnya. 

I never thought I'd die alone
Another six months I'll be unknown
Give all my things to all my friends
You'll never step foot in my room again
You'll close it off, board it up
Remember the time that I spilled the cup
Of apple juice in the hall
Please tell mom this is not her fault

Blink 182 mencoba menggambarkan kondisi seseorang yang bunuh diri. Hiii,  jangan dengerin lagu ini kalau lagi stress ya.

4. Last Resort - Papa Roach

Lain Blink 182, lain lagi Papa Roach. Pelantun single Blood Brothers ini juga punya koleksi lagu menyeramkan lho. Sudah tahu?

Yap, salah satu single mereka yang paling populer berjudul Last Resort. Namun siapa sangka, di balik suksesnya lagu tersebut ternyata tersimpan kisah yang bikin bulu kuduk berdiri. 

Papa Roach menggambarkan kekelaman yang lebih dramatis. Penggunaan kata-kata yang tajam menjadi daya magis dalam lagu tersebut.

Hampir sepanjang lagu isinya sangat putus asa, tapi di bagian ini seperti ada penekanan tersendiri.

Would it be wrong, would it be right?
If I took my life tonight,
Chances are that I might
Mutilation out of sight
And I'm contemplating suicide

Nah, bagaimana? Sudah cukup bikin kamu merinding? Eits, tunggu dulu, masih ada lagi tembang lainnya.

5. Hold On - Good Charlotte

Jika lagu-lagu sebelumnya berisi pengaruh untuk bunuh diri, Good Charlotte punya sudut pandang yang agak sedikit beda. 

Dalam lagu Hold On, band yang diperkuat Madden bersaudara ini memberi pertimbangan untuk orang yang ingin mengakiri hidupnya. 'Pikir lagi, apakah ini keputusan yang tepat?' kira-kira itulah pesan yang ingin mereka sampaikan.

Setiap orang tentu punya masalah. Kesamaan itulah yang mendasari lagu ini, agar orang tak berpikir pendek tentang hidupnya.

6. Loser - 3 Doors Down

Patah hati, tersakiti, tak dianggap, dan perasaan semacamnya memang sering kita alami. Tak jarang kita merasa sendiri dan tak berdaya menghadapi kerasnya hidup.

Perasaan itu rasanya tergambar secara jelas dalam single milik 3 Doors Down berjudul Loser. Hati-hati kalau dengar lagu ini yaa. Seperti ini liriknya yang bikin hancur berkeping-keping.

Cause I’m a loser and sooner or later
You know I’ll be dead
You’re getting closer,
You’re holding the rope
And I’m taking the fall
Cause I’m a loser

Tak dapat dipungkiri, lagu-lagu yang telah kita bahas tadi memang punya kecenderungan untuk mempengaruhi seseorang bertindak nekat. Namun, para musisi ini sejatinya ingin mengekspresikan seni mereka lewat lirik dan nada. Sah-sah saja mendengarkan, asal nggak terpengaruh ya. 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending