Inul Daratista Kembali Dituntut Record Label

Penulis: Fajar Adhityo

Diterbitkan:

Inul Daratista Kembali Dituntut Record Label Inul Daratista
Kapanlagi.com - Lagi-lagi pedangdut Inul Daratista digugat produser musik lantaran tempat karaoke yang dimilikinya telah melakukan pelanggaran hak cipta. Rahayu Kertawiguna produser dari label Nagaswara yang melaporkan Inul Vista telah melakukan penyebaran karya-karya musisi dan penyanyi yang berada di bawah naungan label Nagaswara tanpa menggunakan 'master' aslinya.


Melihat hal tersebut, Rahayu berinisiatif mengambil langkah hukum dengan melaporkan Inul Vista ke Mabes Polri pada Jumat 8 Agustus 2014.


"Saya melapor karena merasa harus ambil inisiatif. Industri kita sudah nggak kaya dulu. Hak produser atau 'mechanical right' tidak pernah diperhatikan dengan baik," jelas Direktur Utama Nagaswara, Rahayu Kertawiguna saat jumpa pers di Kantor Nagaswara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/8).


Nagaswara Tuntut Inul Daratista/@Foto: KapanLagi.com®?AgusNagaswara Tuntut Inul Daratista/@Foto: KapanLagi.com®?Agus


Bersama dengan Nagaswara, Harpa Record juga termasuk record label yang merasa dirugikan oleh Inul Vista. Menurut Presiden Drektur Harpa Record yang ikut dalam jumpa pers, Handoko Kusuma menegaskan, bahwa Inul Vista melakukan kewajibannya terhadap orang-orang balik sebuah karya yang diputar dalam tempat karaoke tersebut.


"Selama ini rumah karaoke itu (Inul Vizta) tidak membayar 'mechanical right', hanya 'performing right' saja," paparnya.


Atas dasar itu, mereka menuntut Inul Daratista sebagai pemilik Inul Vizta dengan Pasal 2 Ayat 1, Pasal 72, Pasal 49 Ayat 1 dan dua UU No. 19 tahun 2002.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/hen/faj)

Editor:

Fajar Adhityo

Rekomendasi
Trending