Hei! Ada Kisah dan Filosofi Dari Nama Band Ini

Penulis: Fajar Adhityo

Diperbarui: Diterbitkan:

Hei! Ada Kisah dan Filosofi Dari Nama Band Ini
Kapanlagi.com - Jangan mengaku sebagai diehard fans sebuah band tapi tidak tahu sejarah namanya. Bagi yang belum tahu, bisa simak sejarah dan artis dari nama band kesayanganmu.


Kita amati jika band-band cadas selalu memakai nama-nama asing dan unik. Di balik nama tersebut ternyata memiliki filosofi yang sangat dalam, Namun ada juga yang klise dan lucu dalam penamaan nama.


Meski begitu, nama-nama ini menjadi kiblat bagi musik sekarang. Yuk kita simak cerita band berikut.

1. Paramore

Untuk nama band, Paramore adalah nama yang unik dan mudah diingat. Namun apakah kalian tahu filosofi dan sejarah dari nama tersebut?

Hayley Williams mengungkapkan bahwa nama ini diambil dari Ibu pemain bass pertamanya. Setelah mereka mempelajari arti nama tersebut, mereka mengetahui bahwa artinya adalah Secret Lover. Tanpa ragu mereka memutuskan memakai nama tersebut.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Green Day

Ada 3 versi mengenai nama Green Day dan entah mana yang benar. Versi pertama mengatakan bahwa nama tersebut terisnpirasi dari film sci fi berjudul Soylent Green yang salah satu dialognya mengatakan Tuesday is soylent green day. Soylent Green sendiri mengacu pada sebuah produk makanan yang dibuat korporasi untuk memberi makan pada masyarakat yang over populasi. Sebagai nama band Billie Joel, Tre Cool, dan Mike Dirnt ingin bisa dikenal lebih luas.

Versi kedua berasal dari cerita semasa sekolah di mana mereka memutuskan untuk berhenti dan mendalami musik. Mereka menggunakan kalimat dari guru BP yaitu 'll be a green day in hell before you make anything of yourselves. Versi ketiga mengacu pada kebiasaan buruk semasa masih remaja. Green day merupakan bahasa slang untuk para pencandu ganja yang menghabiskan waktu seharian untuk teler.

3. Daft Punk

Kritikan pedas dari sebuah majalah musik menjadika inspirasi bagi mereka untuk nama sebuah grup. Di awal karir mereka memakai nama Darlin yang terinspirasi dari single The Beach Boys dan merilis sebuah lagu.

Lagu tersebut mendapat kritikan pedas oleh UK's Melody Maker yang menggambarkan musiknya A Daft Punky Thrash atau sampah berandalan yang tuli. Mereka sempat tertekan dengan kritikan tersebut, namun hal itu menjadikan inspirasi bagi mereka. Duo ini memutuskan memakai nama Daft Punk yang akhirnya membuat mereka populer.

4. Weezer

Pemilihan nama yang aneh untuk sebuah band. Namun nama tersebut melegenda dan mudah diingat. Tahu tidak bahwa nama tersebut diambil dari julukan Rivers Cuomo saat masih remaja.

Menderita sakit pernafasan atau asma membuat Rivers Cuomo mendapatkan julukan Weezer di sekolah. Agar lebih populer dia pun memutuskan untuk membuat sebuah band dan akhirnya mencetuskan untuk memakai nama Weezer.

5. Coldplay

Sebelum memutuskan memakai nama Coldplay, band yang dimotori oleh Chris Martin ini memakai nama yang lucu sekali. Dia menggunakan nama Starfish untuk beberapa lama dan nama Coldplay untuk sebutan fansnya.

Untungnya mereka segera mengubah nama unyu tadi menjadi Coldplay dengan alasan karena terlalu lucu. Nama Coldplay sendiri berasal dari buku puisi berjudul Child's Reflection: Cold Play. Tak terbayangkan jika mereka masih memakai Starfish hingga kini.

6. Foster The People

Pada awalnya Mark Foster menamakan bandnya Foster and The People. Namun karena sering disalah artikan oleh teman-temannya, aka nama ban tersebut berubah menjadi Foster The People.

Nama tersebut juga memiliki arti tersendiri dan bukan hanya penggabungan nama Mark Foster dan personel lainnya saja. Filosofi dari Foster The People adalah menjaga orang-orang atau melakukan sesuatu untuk orang-orang.

7. Avenged Sevenfold

Mungkin kita penasaran apa yang membuat M Shadows memilih nama Avenged Sevenfold sebagai nama bandnya. Ternyata nama mengambil dari referensi Cain dan Abel dari alkitab. Sementara itu singkatan A7X juga memilki arti tersendiri x yang berarti lipatan atau berkali-kali. Sehingga bisa A7X bermakna pembalasan 7 kali lipat.

8. Metallica

Metallica adalah sebuah nama yang pas untuk menggambarkan musik mereka yang padat, cadas dan sekeras baja. Menurut penuturan dari Lars Ulrich (drum) bahwa nama ini diambil saat dia membantu temannya untuk memberikan ide bagi majalah metalnya.

Lars membawa 2 nama yaitu Metallica dan Metal Mania, yang akhirnya dipilih Metal Mania. Saat membuat band, Lars pun akhirnya terpikirkan untuk memakai nama Metallica di bandnya.

9. Blink 182

Ada yang tahu makna angka 182 pada Blink 182. Bukan berarti berkedip[ hingga 182 kali lo. Jadi ceritanya gini, mereka sebelumnya memaki nama blink untuk bandnya. Namun karena ada kesamaan nama dengan band Irlandia membuat mereka harus mengganti. Namun karena nama Blink sudah terlalu asyik bagi mereka akhirnya mereka menaruh angka 182 di belakangnya. Nah, angka 182 ini diambil dari film TURK! 182 yang saat ditontonnya.

10. Two Door Cinema Club

Salah pelafalan nama ternyata bisa membuahkan inspirasi untuk nama band. Salah satu anggota band Sam Halliday selalu salah dalam menyebut nama bioskop di kotanya. Tudor Cinema selalu dilafalkan sebagai Two Door Cinema.

Dari kesalahan nama ini akhirnya mereka sepakat untuk menjadikan nama band dan penambahan kata Club di belakangnya. Nama ini ternyata mendatangkan hoki bagi band asal Irlandia ini.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/faj)

Editor:

Fajar Adhityo

Rekomendasi
Trending